Gubernur Sahbirin Mau Digugat karena Banjir Terparah, Walhi-Jatam Sepakat Class Action Data Lengkap Korban Longsor Mantewe Tanah Bumbu, Dari Amuntai hingga Kapuas Banjir Kalsel Berbuntut Panjang, Lawyer Banua Ancam Gugat Paman Birin Banjir Kalsel, Warga Kompleks Elite Nyinyir Rumah Miliaran “Calap Jua” Berakhir Hari Ini, Pembatasan Banjarmasin Ambyar Diterjang Banjir

Sambangi Wonogiri, Jokowi Ajak Masyarakat Manfaatkan Lahan Kritis

- Apahabar.com Sabtu, 15 Februari 2020 - 18:16 WIB

Sambangi Wonogiri, Jokowi Ajak Masyarakat Manfaatkan Lahan Kritis

Presiden Joko Widodo saat menanam vetiver di Desa Jatisari, Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Foto-Antara/Aris Wasita

apahabar.com, WONOGIRI – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambangi Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, tepatnya di Desa Jatisari, Kecamatan Jatisrono untuk mengajak masyarakat memanfaatkan lahan kritis di daerah tersebut.

Pantauan di lapangan di Wonogiri, Sabtu (15/02), Jokowi yang pada kesempatan tersebut didampingi sang istri Iriana Joko Widodo sampai di lokasi pada pukul 10.25 WIB dengan mengenakan kemeja putih dan celana hitam.

Terlihat ratusan warga yang sudah menunggu sejak pagi riuh menyambut Presiden Jokowi. Saat sampai di lokasi, Jokowi langsung meninjau kawasan yang biasa terjadi sedimentasi. Usai berdialog dengan sejumlah warga, Jokowi langsung melakukan penanaman pohon di lokasi tersebut.

Bupati Wonogiri Joko Sutopo mengatakan ada empat varietas tanaman yang ditanam oleh Jokowi, yaitu vetiver, porang, petai, dan durian.

“Untuk di lokasi sini tepatnya ada 2.000 pohon yang akan ditanami. Nanti akan ada beberapa varietas, selain empat itu ada juga jengkol dan kelengkeng,” katanya.

Ia mengatakan pada kunjungannya itu Jokowi menyampaikan pesan bahwa lahan kritis harus dioptimalkan dan diberdayakan dengan varietas yang cocok.

“Vetiver maupun tanaman keras lain yang lebih utama, bagaimana lahan kritis ini ke depan diberdayakan agar kerusakan atau sedimentasi daerah aliran sungai bisa diantisipasi,” katanya.

Ia mengatakan diperlukan juga kesadaran dari masyarakat sekitar untuk mengoptimalkan lahan yang dianggap kritis dan tidak potensial.

“Melalui momentum ini adalah bagaimana masyarakat punya pola pikir baru bagaimana lahan kritis kalau diberdayakan dengan varietas yang tepat maka akan punya nilai keekonomian yang sangat luar biasa,” katanya.

Sementara itu, dikatakannya, sesuai dengan komitmen Presiden bahwa pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan akan mengalokasikan anggaran untuk pemanfaatan lahan di Wonogiri.

“Ibu Menteri (Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan) jelas akan mengalokasikan anggaran untuk lahan di Wonogiri karena kami punya Waduk Gajah Mungkur yang sekarang dalam kondisi kritis, maka perlu penanganan. Selama ini hulu juga tidak pernah disentuh, maka pemerintah akan melakukan program revitalisasi sekaligus normalisasi daerah aliran sungai dan menjaga aspek kemanfaatan Waduk gajah Mungkur. Kalau sejauh ini nominalnya (anggaran) belum,” katanya.

Ia mengatakan saat ini tepatnya ada seluas 88.000 hektar tegal yang ada di Kabupaten Wonogiri. Menurut dia, nantinya akan dilakukan verifikasi berapa persen yang masuk sebagai lahan kritis.

“Yang pasti untuk penanaman ini diutamakan di daerah aliran sungai, untuk total pohon yang ditanam sebanyak 1,5 juta, ini disesuaikan dengan varietas yang ada,” katanya.(Ant)

Baca Juga: Jokowi: Berikan Data Sejujurnya dalam Sensus Penduduk 2020

Baca Juga: Di Merapi, Presiden Jokowi Lepas Dua Elang Jawa

Editor: Aprianoor

Editor: Kiki - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Ekbis

Dear Warga Banjarmasin, LinkAja Syariah Hadirkan Ragam Solusi Bertransaksi
apahabar.com

Ekbis

Bursa Saham Asia Menguat, IHSG Awal Pekan Ikut Naik
apahabar.com

Ekbis

Indonesia Bukukan Transaksi Ekspor Sarang Walet Rp 2,2 Triliun ke China
apahabar.com

Ekbis

Apa yang Sebenarnya Diukur oleh Rating Televisi?
apahabar.com

Ekbis

Harga Minyak Turun, Menko Luhut Sarankan Pemerintah Cermati Kebijakan
apahabar.com

Ekbis

Go Internasional, Telkomsel-Gojek Kolaborasi Perkuat Ekonomi Digital
apahabar.com

Ekbis

Anyaman Rotan Desa Tambaba Rambah Pasar Luar Kalimantan 
apahabar.com

Ekbis

Motor Bebek Termahal Honda Ada Penyegaran Warna
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com