Akhirnya, 2BHD Beber Pelanggaran TSM Pilbup Kotabaru dalam Sidang MK Di Tengah Kondisi Banjir, Pemprov Kalsel Tak Tunda Vaksinasi Tahap 2 Ungkap Pelanggaran Pilgub Kalteng, Ben-Ujang Minta Buka Kotak Suara Kadinkes Positif, Wali Kota Banjarmasin Kembali Divaksin Covid-19 Esok Wow, Kalteng Targetkan Groundbreaking Kereta Api Tahun Ini

Sampai di Kalsel, Mahasiswa dari Nanjing Sempat Panas Tinggi

- Apahabar.com Senin, 10 Februari 2020 - 11:51 WIB

Sampai di Kalsel, Mahasiswa dari Nanjing Sempat Panas Tinggi

Ilustrasi. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Empat mahasiswa China yang menimba ilmu di Kota Nanjing, Provinsi Jiansu telah tiba Kalimantan Selatan, akhir pekan lalu.

Sabtu (8/2) sekitar pukul 16.30, keempatnya tiba di Bandara Syamsudin Noor dengan menumpangi sebuah pesawat milik Lion Air.

Empat orang itu adalah Muhammad Shalahuddin Ayyubi, Adha Yudha Tri Buana, Muhammad Shara Nasywa dan Muhammad Fitrian Azhari.

Mereka berempat menempuh pendidikan di Nanjing yang berjarak 500 Km dari Wuhan, Provinsi Hubei, yang menjadi pusat penyebaran virus mematikan corona.

Untuk menuju Indonesia, sedikitnya empat bandara internasional mereka singgahi untuk pemeriksaan kesehatan mengunakan alat pemindai suhu tubuh.

Di antaranya Bandara China, Bandara Thailand, Bandara Juanda Surabaya, Bandara Soekarno-Hatta Jakarta dan Bandara Syamsuddin Noor Banjarmasin.

“Ada empat bandara yang mereka lewati, dan ketika sampai ke Bandara Syamsuddin Noor juga kita lakukan observasi pemeriksaan suhu tubuh hingga kesehatan,” ujar Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Banjarmasin, Ruslan Fajar kepada apahabar.com, Senin (10/2) pagi.

Hasil observasi terdapat suhu badan keempat mahasiswa tersebut di atas rata rata, yakni 38 celcius. Angka segitu sangatlah serius. Perlu perhatian lebih atau masuk dalam ruang isolasi.

Lantas bagaimana sikap KKP?

Ruslan sendiri menduga keempatnya hanya mengalami kecapean karena melakukan perjalanan yang cukup jauh dari China hingga ke Kalsel.

Sehingga keempat penumpang yang menggunakan pesawat Lion Air nomor Flt JT524 itu kembali dilakukan pengecekan di ruangan klinik KPP Kelas II Banjarmasin.

Mereka dicecar sejumlah pertanyaan apakah ada gejala hingga penyakit lain yang mereka derita.

Namun sekitar satu jam diperiksa, suhu tubuh mereka mengalami penurunan, yakni 36 hingga 37 celsius.

“Saya pulang, keempat mahasiswa ini datang tapi tetap kita dapat laporan,” tuturnya.

Ia juga mengaku kaget dengan informasi yang tersebar di sosial media belakang ini. Sebab fakta di lapangan dan informasi tersebut jauh berbeda.

“Karena tidak sejelas yang kami temukan lapangan informasi ini,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, keempat mahasiswa ini tak melalui Natuna sebagaimana WNI asal China pada umumnya untuk kembali ke Indonesia. Lantas apa alasannya?

Ruslan menerangkan mereka lolos pemeriksaan oleh Kementerian Kesehatan China. Hasilnya dinyatakan sehat, sehingga mereka boleh keluar dari negara tersebut.

Kartu Kewaspadaan yang mereka punya juga pihaknya minta ketika sampai ke Bandara Syamsuddin Noor. Apalagi mereka berasal dari Nanjing, bukannya Wuhan.

Wuhan sendiri sudah diisolasi karena virus Corona menyebar di kawasan itu dan telah ditetapkan Kejadian Luar Biasa (KLB).

“Kalau dari Wuhan emang tidak bisa keluar dari sana,” katanya.

Ia melanjutkan keempat mahasiswa itu pulang sendiri ke kampung halaman masing-masing. Mereka disambut oleh keluarga di terminal kedatangan Bandara Syamsuddin Noor Banjarmasin.

“Tapi tetap kita cek kesehatan melalui Dinas Kesehatan kabupaten/kota,” tuturnya.

apahabar.com

Empat mahasiswa yang menimba ilmu di Provinsi Nanjing China akhirnya tiba di Kalimantan Selatan, Sabtu (8/2) kemarin. Turun dari pesawat mereka langsung berhadapan dengan petugas medis. Foto-Istimewa

Baca Juga: Pulang dari China, Segini Suhu Tubuh 4 Mahasiswa Kalsel

Baca Juga: Festival Buah Lokal di Balangan, 75 Jenis Buah Langka Dipamerkan

Baca Juga: Banjir di Banua Lawas, Ratusan Rumah Terendam

Baca Juga: Bos Mesin Jadi Ketua Pengcab HDCI Banjarbaru-Martapura

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Fariz Fadhillah

Editor: rifad - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Simak Kisah Berlian Sultan Adam Jatuh ke Pangkuan Negeri Kincir Angin
apahabar.com

Kalsel

Angka Stunting Masih Tinggi, PR Pemkot Banjarmasin ke Depan
apahabar.com

Kalsel

Bupati Buka Musrenbang Kecamatan Padang Batung
apahabar.com

Kalsel

Update Covid-19 Tanbu: Positif 124 Kasus, 8 Sembuh, 2 Meninggal Dunia
apahabar.com

Kalsel

Perbaikan Pipa PDAM Rampung, Sebagian Wilayah di Banjarmasin Ini Belum Kebagian
apahabar.com

Kalsel

Polisi Kembali Tangkap Residivis Kasus Sabu di HSU
apahabar.com

Kalsel

Tak Punya KIP, Orang Tua Siswa Pasrah Anaknya Gagal Masuk ke SMKN 5 Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Swab Test Massal Digelar, Melacak Covid-19 di HST
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com