Dini Hari, Polisi Amankan 9 Motor di Banjarmasin Timur Zakaria, Pejuang Covid-19 di Tanah Laut Tutup Usia Malam Minggu, Siring Laut di Kotabaru Kembali Bernadi walau Pandemi Putrinya Hanyut, Bapak Meregang Nyawa di Irigasi Karang Intan Kabar Baik, Tanbu Tambah Pasien Sembuh dari Covid-19




Home Kalsel

Rabu, 5 Februari 2020 - 12:56 WIB

Selain Penghijauan, MH2T Kalsel Bakal Disulap Jadi Sarana Edukasi

Redaksi - Apahabar.com

Miniatur Hutan Hujan Tropika (MH2T). Foto-Istimewa

Miniatur Hutan Hujan Tropika (MH2T). Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARBARU – Penghijauan pada areal seluas 90 hektare di kawasan perkantoran Pemprov Kalimantan Selatan terus digenjot.

Berawal pada Desember 2017 dengan nama Hutan Kota, kemudian melalui SK Gubernur diawal 2018 diubah menjadi Miniatur Hutan Hujan Tropika (MH2T).

“Di situ kita punya gagasan, memindah hutan seperti hutan yang ada di alam sana. Nah, di sinilah contoh miniaturnya,” ungkap Manager MH2T, Abdul Majid, kepada apahabar.com, belum lama ini.

Dari luasan 90 hektare tersebut, kemudian dibagi menjadi 4 blok. Blok pertama ditanami Tanaman Unggul Lokal (TUL) dan Rimba Campuran. Blok kedua khusus untuk Tanaman Ulin. Blok ketiga ditanami jenis Dipterokarpa. Terakhir di blok empat ditanami tanaman permanen seperti Mahoni, Sengon dan Jabon.

Baca juga :  13 SMP Negeri di Banjarmasin Kekurangan Siswa, Ini Solusinya

Untuk bibit, Majid mengatakan awalnya mereka membeli dari luar Kalsel. Namun, kini pihaknya sudah bisa memproduksi bibit sendiri melalui persemaian.

“Sebelumnya membeli bibit-bibit yang ada ini. Setelahnya kita produksi, lalu kita ambil dari bibit persemaian,” papar Majid.

Dua tahun pengembangan, dari 90 hektare yang ditargetkan baru 60 hektare yang terealisasi. Kendala saat ini yang mereka hadapi masih berkutat pada pembebasan lahan. Mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, bersumber dari APBD, setidaknya sudah menelan biaya hingga Rp 2 miliar.

“Di samping bibit, juga memerlukan pupuk kandang, pupuk NPK, kemudian peralatan dan segala upah (pekerja). Kemudian pipanisasi untuk menyiram tanaman, ini juga luar biasa dananya,” bebernya

Diciptakannya MH2T, kata Majid, bukan hanya menciptakan lingkungan yang mempengaruhi iklim mikro di Kalsel. Tetapi juga dapat menjadi sarana edukasi maupun hiburan bagi masyarakat.

Baca juga :  Dekrit 5 Juli 1959 Silam di Kalsel, Kediaman Bupati HSU Dilempar Granat!

“Kita bangun spot-spot menarik. Kita desain agar orang-orang tertarik berkunjung ke sini,” ungkapnya

Berada di kawasan perkantoran pemprov Kalsel, lokasi MH2T kata dia juga bisa digunakan untuk pertemuan/rapat terbuka. Saat ini, mereka tengah proses pengerjaan hamparan jalan yang nantinya akan dilengkapi dengan kursi dan podium.

“Di sini nanti mengadakan acara-acara rapat atau apapun. Secara alami di bawah pohon rindang, jadi tidak menggunakan lagi di dalam gedung.

Baca Juga: Miniatur Hutan Hujan Tropika Kalsel Siap Pukau Presiden Jokowi

Baca Juga: Mutasi di Polda Kalsel, Diresnarkoba hingga Kapolres Diganti

Reporter : Musnita Sari
Editor : Puja Mandela

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Indeks Pembangunan Pemuda di Kalsel Anjlok, Gegara Pernikahan Dini?

Kalsel

VIDEO: LAPOR! Goes to Campus, FAS FH Unlam Suguhkan Penampilan Memukau
apahabar.com

Kalsel

Pemko Banjarmasin Raih SAKIP Award Predikat BB
apahabar.com

Kalsel

Ungkap Kasus Selama 2 Bulan, Polres Tanbu Musnahkan 103 Gram Sabu dan 31 Ekstasi
apahabar.com

Kalsel

Operasi Lilin 2019, 600 Personil Siap Amankan Natal dan Tahun Baru di Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Bidik Event Nasional, Tabalong Segera Bangun Gedung Pramuka
apahabar.com

Kalsel

Jalan di Hapingin HST Mendadak Amblas, Kerusakan Capai 60 Meter
apahabar.com

Kalsel

Siapkan Rp 20 Miliar Bangun Puskesmas Sungai Andai Tahun Depan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com