Debat Ke-2 Pilbup Tanbu: “Wakil Komitmen” HM Rusli Bikin Bingung Alpiya, Mila Karmila Speechless PN Martapura Putuskan Camat Aluh-Aluh Melanggar Netralitas ASN Kembali, Duta Zona Selatan Batola Memenangi Atak Diang Kawal Pilkada Serentak, Polda Kalsel Komitmen Tegakkan Netralitas Tapin Berpotensi Tinggi di Sektor Energi Terbarukan, Pertanian, dan Parawisata

Soal Penerobosan Portal, Warga Antar Baru Minta Bertemu Pimpinan PT BPP

- Apahabar.com Jumat, 14 Februari 2020 - 13:38 WIB

Soal Penerobosan Portal, Warga Antar Baru Minta Bertemu Pimpinan PT BPP

Pertemuan antara tim penerima kuasa Desa Antar Baru dengan perwakilan PT BPP. Foto-apahabar.com/Bastian Alkaf

apahabar.com, MARABAHAN – Silang pendapat terkait perusakan portal yang dipasang warga Desa Antar Baru Kecamatan Marabahan dengan PT Barito Putera Plantation (BPP), mulai menemukan titik temu.

Sebelumnya kelompok pengklaim dari Desa Antar Baru melalui tim penerima kuasa, menuding PT BPP telah merusak atau membuka portal yang mereka pasang di beberapa titik. Tudingan itu lantas berbuah tuntutan baru berupa ganti rugi sebesar Rp1 miliar.

Lantas untuk mempertegas tuntutan tersebut, tim penerima kuasa mendatangi Kamp PT BPP di Kilometer 10 Antar Baru, Kamis (13/2) siang. Pertemuan itu juga mendapatkan pengamanan dari Kodim 1005 Marabahan dan Polres Barito Kuala.

Dalam pertemuan tersebut, terungkap bahwa PT BPP mengklaim tetap berkomitmen dengan proses sengketa lahan yang sedang berjalan, sekaligus menolak tudingan merusak portal.

“Awal kronologis terbukanya portal itu dimulai malam puncak perayaan Harjad Batola di Lapangan 5 Desember Marabahan. Untuk mencapai Marabahan via darat, banyak warga dari Kecamatan Kuripan, termasuk dari PT TBM melintasi areal perkebunan kami ke Marabahan,” jelas Manajer Perkebunan PT BPP, Setiyono, Jumat (14/2).

“Kebetulan titik-titik yang dipasangi portal merupakan jalur alternatif yang menghubungkan Desa Balukung, Palingkau dan Kuripan dengan Marabahan” imbuhnya.

Alasan PT BPP sempat disanggah tim penerima kuasa, karena tidak memberitahu keberadaan jalur alternatif tersebut sebelum portal dipasang.

“Kami tidak memberitahu, karena jalur alternatif itu tiba-tiba saja dipasangi portal. Bahkan pemasangan portal itu tak diberitahukan kepada kami sebelumnya.” beber Setiyono.

“Kami sepakat untuk bertemu kembali antara pimpinan perusahaan dengan tim penerima kuasa. Intinya kedua belah pihak tidak perlu membawa massa, lantaran titik yang perlu dibahas sudah mengerucut,” tambahnya.

Sementara perwakilan tim penerima kuasa, Ardamis, berharap diperoleh putusan final dalam pertemuan selanjutnya, “Sedangkan status tanah diserahkan sepenuhnya kepada proses yang dilakukan Pemkab Batola,” tegasnya.

Pemortalan dilakukan sejak 12 Desember 2019 oleh kelompok pengklaim dari Desa Antar Baru bersama tim penerima kuasa. Mereka mengklaim kepemilikan atas lahan seluas 3.006 hektar lahan yang sudah digarap PT BPP sebagai pemilik Hak Guna Usaha (HGU).

Sengketa ini beberapa kali dibawa kelompok pengklaim dari Desa Antar Baru ke meja hijau. Putusan pertama berakhir dengan gugatan ditolak, karena cacat formil.

Persoalan ini disidangkan kembali di awal 2018. Namun sampai putusan kasasi, hakim menyatakan tanah tersebut memang milik negara yang dikuasakan kepada pemegang HGU.

Baca Juga: Lahan Diblokir Warga, PT BPP Bertahan Dalam Koridor Hukum

Baca Juga: Mediasi Warga Antar Baru dan PT BPP Ditunda

Baca Juga: Mediasi Berproses, Portal Lahan PT BPP Segera Dicabut

Reporter: Bastian Alkaf
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Pemindahan Ibu Kota Genjot Pemerataan Ekonomi dan Pembangunan Daerah
apahabar.com

Kalsel

Pria Bersajam Ngamuk di Kotabaru, Ibu Kandung Dipalu hingga Tumbang
apahabar.com

Kalsel

Resmi, Banjarmasin Perpanjang PSBB hingga 21 Mei
apahabar.com

Kalsel

Kisruh Jemaah Travellindo, Tetap Berangkat tapi….
apahabar.com

Kalsel

Reses di Belitung Utara, Dewan Dapat Keluhan Soal PDAM
apahabar.com

Kalsel

Banjar Public Initiative Bantu Makanan Pembuka untuk Mahasiswa Perantauan di Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Tabrakan Di Puntik Tengah, Satu Pengendara Tewas

Kalsel

Bantu Permodalan UMKM, MHM Siap Tembus Ritel Modern
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com