ga('send', 'pageview');
Breaking News! Kabar Duka, Kadisdik Banjar Maidi Armansyah Meninggal Dunia Sebelum Wafat, Kondisi Wali Kota Banjarbaru Naik Turun Geger Mayat Mengapung di Laut Tanbu, Polisi Sulit Identifikasi Jelang Magrib, Api Gegerkan Blok Ikan Pasar Kandangan Peringatan 100 Hari Guru Zuhdi: Makam Ditutup, Streaming Jadi Andalan




Home Kalsel

Jumat, 14 Februari 2020 - 13:38 WIB

Soal Penerobosan Portal, Warga Antar Baru Minta Bertemu Pimpinan PT BPP

Redaksi - apahabar.com

Pertemuan antara tim penerima kuasa Desa Antar Baru dengan perwakilan PT BPP. Foto-apahabar.com/Bastian Alkaf

Pertemuan antara tim penerima kuasa Desa Antar Baru dengan perwakilan PT BPP. Foto-apahabar.com/Bastian Alkaf

apahabar.com, MARABAHAN – Silang pendapat terkait perusakan portal yang dipasang warga Desa Antar Baru Kecamatan Marabahan dengan PT Barito Putera Plantation (BPP), mulai menemukan titik temu.

Sebelumnya kelompok pengklaim dari Desa Antar Baru melalui tim penerima kuasa, menuding PT BPP telah merusak atau membuka portal yang mereka pasang di beberapa titik. Tudingan itu lantas berbuah tuntutan baru berupa ganti rugi sebesar Rp1 miliar.

Lantas untuk mempertegas tuntutan tersebut, tim penerima kuasa mendatangi Kamp PT BPP di Kilometer 10 Antar Baru, Kamis (13/2) siang. Pertemuan itu juga mendapatkan pengamanan dari Kodim 1005 Marabahan dan Polres Barito Kuala.

Dalam pertemuan tersebut, terungkap bahwa PT BPP mengklaim tetap berkomitmen dengan proses sengketa lahan yang sedang berjalan, sekaligus menolak tudingan merusak portal.

“Awal kronologis terbukanya portal itu dimulai malam puncak perayaan Harjad Batola di Lapangan 5 Desember Marabahan. Untuk mencapai Marabahan via darat, banyak warga dari Kecamatan Kuripan, termasuk dari PT TBM melintasi areal perkebunan kami ke Marabahan,” jelas Manajer Perkebunan PT BPP, Setiyono, Jumat (14/2).

Baca juga :  Biadab! 2 Remaja Cabul di Kotabaru Gagahi Anak di Bawah Umur

“Kebetulan titik-titik yang dipasangi portal merupakan jalur alternatif yang menghubungkan Desa Balukung, Palingkau dan Kuripan dengan Marabahan” imbuhnya.

Alasan PT BPP sempat disanggah tim penerima kuasa, karena tidak memberitahu keberadaan jalur alternatif tersebut sebelum portal dipasang.

“Kami tidak memberitahu, karena jalur alternatif itu tiba-tiba saja dipasangi portal. Bahkan pemasangan portal itu tak diberitahukan kepada kami sebelumnya.” beber Setiyono.

“Kami sepakat untuk bertemu kembali antara pimpinan perusahaan dengan tim penerima kuasa. Intinya kedua belah pihak tidak perlu membawa massa, lantaran titik yang perlu dibahas sudah mengerucut,” tambahnya.

Sementara perwakilan tim penerima kuasa, Ardamis, berharap diperoleh putusan final dalam pertemuan selanjutnya, “Sedangkan status tanah diserahkan sepenuhnya kepada proses yang dilakukan Pemkab Batola,” tegasnya.

Baca juga :  Warga Eks Transmigrasi di Kotabaru Kompak Bentuk Kampung Tangguh Banua

Pemortalan dilakukan sejak 12 Desember 2019 oleh kelompok pengklaim dari Desa Antar Baru bersama tim penerima kuasa. Mereka mengklaim kepemilikan atas lahan seluas 3.006 hektar lahan yang sudah digarap PT BPP sebagai pemilik Hak Guna Usaha (HGU).

Sengketa ini beberapa kali dibawa kelompok pengklaim dari Desa Antar Baru ke meja hijau. Putusan pertama berakhir dengan gugatan ditolak, karena cacat formil.

Persoalan ini disidangkan kembali di awal 2018. Namun sampai putusan kasasi, hakim menyatakan tanah tersebut memang milik negara yang dikuasakan kepada pemegang HGU.

Baca Juga: Lahan Diblokir Warga, PT BPP Bertahan Dalam Koridor Hukum

Baca Juga: Mediasi Warga Antar Baru dan PT BPP Ditunda

Baca Juga: Mediasi Berproses, Portal Lahan PT BPP Segera Dicabut

Reporter: Bastian Alkaf
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Lagi, Sebernet Ulurkan Bantuan Netizen di Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Revisi Perda Minol Dinilai Ampuh Genjot PAD Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Dukung Ketahanan Pangan, Polres Tapin Bagikan Ikan Hasil Panen
apahabar.com

Borneo

Komnas HAM Minta Usut Tuntas Penyiraman Air Keras Pejabat Kemenkumham Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Tak Masuk DPT, Cukup Pelihatkan e-KTP
apahabar.com

Kalsel

Tampil di Hitam Putih Trans7, Ini yang Dirasakan ‘Jackie Chan’ Barabai
apahabar.com

Kalsel

Kecamatan Ini Tercatat Memiliki Kasus DBD Terbanyak di HST
apahabar.com

Kalsel

DPRD Sesalkan Infrastruktur Kotabaru dan Tanah Bumbu Jauh Beda
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com