Melawan, Pembunuh Sadis di Warung Remang Bungur Didor Tim Serigala Tapin Buron, Ketua Nasdem Tanah Laut Orbawati Sempat Ngeluh Sakit Dibui Seumur Hidup, Gembong Sabu Banjarmasin Pindah ke Nusakambangan? Bangun Insinerator di TPA Banjarbakula, Kalsel Optimis Tingkatkan PAD 8 Jam Warga Banjarmasin Bakal Kesulitan Air Bersih, Simak Wilayah Terdampak

Sukamta Tekankan Pentingnya Keselamatan dan Kesehatan Kerja

- Apahabar.com Kamis, 13 Februari 2020 - 08:33 WIB

Sukamta Tekankan Pentingnya Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Bupati Sukamta melakukan pengecekan peserta apel dengan mengenakan Mobil Jeep kap terbuka dalam acara peringatan bulan K3 di Tala. Foto-Istimewa

apahabar.com, PELAIHARI – Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kabupaten Tanah Laut (Tala) menggelar apel Hari Keselamatan Kesehatan Kerja serta Pernyataan dimulainya bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional 2020, di halaman Stadion Pertasi Kencana, Rabu (12/02).

Dalam upacara tersebut, Bupati Tala, Sukamta, bertindak sebagai Inspektur upacara dengan menggunakan helm, rompi dan sepatu safety yang sesuai dengan standar keamanan kerja.

Sebelum apel digelar, Sukamta didampingi Sekda Tala Dahnial Kifli serta unsur Forkopimda Tala menyerahkan piagam penghargaan kepada 8 perusahaan.

Penghargaan diberikan karena perusahaan-perusahaan tersebut memiliki track record zero accident atau tidak pernah mengalami insiden atau kecelakaan kerja.

Setelahnya, Sukamta melakukan pengecekkan peserta apel dengan mengenakan Jeep dengan kap terbuka. Peserta apel terdiri dari unsur karyawan perusahaan, Satpol PP dan Damkar Tala serta BPBD Tala.

Sukamta yang membacakan sambutan Menteri Ketenagakerjaan RI mengatakan pemerintah mengajak seluruh stakeholder baik pengusaha, serikat pekerja, pekerja, dan masyarakat, untuk terus meningkatkan kesadaran pentingnya K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) serta pengawasan.

Hal tersebut untuk mengantisipasi kecelakaan kerja yang akan memengaruhi indeks pembangunan manusia dan daya saing nasional.

“Kecelakaan kerja tidak hanya menyebabkan kematian, kerugian materi dan pencemaran lingkungan, tapi juga dapat mempengaruhi produktivitas dan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Sukamta meminta Persoalan K3 hendaknya tidak hanya diingat dan dibahas saat terjadi kasus kecelakaan atau musibah di tempat kerja. Namun, bagaimana pencegahan dan antisipasi, sebelum terjadinya kecelakaan kerja harus diperhatikan oleh seluruh stakeholder.

Kecelakaan kerja, menurutnya, tidak hanya menyebabkan kematian, kerugian materi, moril dan pencemaran lingkungan, tetapi juga dapat memengaruhi produktivitas dan kesejahteraan masyarakat.

“Saya ingin menegaskan, K3 bukan hanya tanggung jawab para pengusaha dan pemerintah. Namun, serikat pekerja atau buruh juga wajib memberi perhatian dan mendorong agar K3 dapat dijalankan secara efektif,” imbuhnya.

Tak hanya itu, kecelakaan kerja juga mempengaruhi indeks pembangunan manusia (IPM) dan indeks pembangunan ketenagakerjaan (IPK).

“Semua ini karena hubungan yang baik pekerja dan perusahaan. Saya berpesan agar ini terus dipertahankan. Jaga hubungan baik, antara tenaga kerja dan pengusaha sebagai hubungan mitra,” katanya.

Usai apel dilaksanakan, dilakukan simulasi pertolongan pertama pada kecelakaan yang dilakukan oleh perwakilan dari salah satu perusahaan.

Baca Juga: Giliran Dinas Pariwisata Dikunjungi Abdi Rahman

Baca Juga: Sulaiman Umar Sosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan di Tala

Reporter: Ahc14
Editor: Puja Mandela

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kab. Tanah Laut

Hari Sumpah Pemuda, Tujuh Sekolah di Tala Dapat Penghargaan Tertib Lalu Lintas
apahabar.com

Kab. Tanah Laut

RSUD H Boejasin di Tala Segera Naik Kelas
apahabar.com

Kab. Tanah Laut

MTQ Tanah Laut Ditutup, Kecamatan Pelaihari Juara Umum
apahabar.com

Kab. Tanah Laut

Sukamta Minta Perencanaan Tata Kota Pelaihari Dilakukan dengan Matang
apahabar.com

Kab. Tanah Laut

Abdi Rahman Sampaikan Peran Penting Camat dalam Pembangunan Daerah
apahabar.com

Kab. Tanah Laut

Objek Wisata di Tala Boleh Buka, Syaratnya…
Dahnial Kifli Minta Jantung Kota Pelaihari Dipercantik

Kab. Tanah Laut

Dahnial Kifli Minta Jantung Kota Pelaihari Dipercantik
apahabar.com

Kab. Tanah Laut

Optimalkan PAD, Bappeda Tala Gelar Rakor
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com