2021, Kemenhub Kaji Wacana Pembangunan Bandara di Barabai HST Kalsel Cara Nonton Live Streaming El Clasico Barcelona vs Real Madrid di Bein Sport & Vidio.com Malam Ini Jam Tayang & Link Live Streaming UFC 254 Khabib vs Gaethje di ESPN+, Duel Dua Juara! Jadwal Timnas U16 Indonesia vs UEA Malam Ini, Live NET TV & Live Streaming Mola TV, Prediksi Skor! Kontroversi Pencopotan Sekda Tanah Bumbu, Ombudsman: Jangan Lampaui Kewenangan

Survei Indo Barometer: TNI Lembaga Negara Paling Dipercaya Publik

and - Apahabar.com Senin, 24 Februari 2020 - 10:29 WIB
and - Apahabar.com Senin, 24 Februari 2020 - 10:29 WIB

Survei Indo Barometer: TNI Lembaga Negara Paling Dipercaya Publik

Ilustrasi TNI. Foto: Antara/Zuhdiar Laeis

apahabar.com, JAKARTA – Hasil survei Indo Barometer menunjukkan bahwa institusi TNI menjadi lembaga negara yang memiliki tingkat kepercayaan publik paling tinggi yaitu dengan presentase 94 persen.

“Ada empat lembaga negara yang memiliki tingkat kepercayaan publik tinggi yaitu TNI (94 persen), Presiden RI (89,7 persen), organisasi keagamaan seperti NU dan Muhammadiyah (86,8 persen), dan KPK (81,8 persen),” kata Direktur Eksekutif Indo Barometer M. Qodari dalam konferensi pers di Jakarta, Minggu (23/02).

Dia mengatakan meskipun angka kepercayaan publik pada KPK tergolong tinggi (81,8 persen) namun hasil tersebut menempatkan lembaga tersebut di posisi keempat.

Menurut dia, biasanya dalam tiap survei yang dilakukannya, lembaga pimpinan Firli Bahuri itu selalu masuk dalam tiga besar.

“Biasanya KPK selalu masuk tiga besar bersama TNI dan Presiden RI,” ujarnya.

Qodari menjelaskan, di peringat kelima institusi yang dipercaya publik adalah Mahkamah Agung (75,4 persen), lalu MPR RI (72,8 persen), LSM (60,1 persen), DPD RI (54,3 persen), Kejaksaan Agung (52,9 persen), dan media massa (52,8 persen).

Sementara itu institusi negara yang peringkat kepercayaan publiknya di luar 10 besar adalah Polri harus puas di posisi ke-11 dengan persentase 51,9 persen, partai politik (49,1 persen), DPR RI (44,8 persen), dan media sosial (43,8 persen).

Selain itu, survei tersebut juga menunjukkan berdasarkan tingkat kepercayaan publik terhadap insitusi penegak hukum, KPK berada di posisi teratas dengan 81,8 persen, diikuti MA (75,4 persen), Kejaksaan (52,9 persen), dan Kepolisian (51,9 persen).

Survei Indo Barometer itu dilakukan sejak tanggal 9-15 Januari 2020 dengan melibatkan 1200 responden dari 34 provinsi yang merupakan warga negara Indonesia yang sudah mempunyai hak pilih berdasarkan peraturan yang berlaku, yaitu warga yang minimal berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah pada saat survei dilakukan.

Adapun margin of error survei sebesar ± 2.83 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Metode penarikan sampel yang digunakan dalam survei tersebut adalah “multistage random sampling” dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara tatap muka responden menggunakan kuesioner.(Ant)

Baca Juga: Jakarta Bakal Diguyur Hujan Lebat Kamis Malam

Baca Juga: Satu Lagi Duet Independen di Pilwali Banjarmasin, Kepala Disdukcapil Gandeng Habib Muhammad

Editor: Aprianoor

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Pelindo III: Arus Peti Kemas Meningkat Lima Persen
apahabar.com

Nasional

HUT ke-74, Ancaman Nirmiliter Jadi Atensi TNI
apahabar.com

Nasional

Kontroversi Jumlah Halaman UU Cipta Kerja, Mensesneg Beri Penjelasan
apahabar.com

Nasional

Tragedi Limpasu HST Masuk Radar Kementerian!
apahabar.com

Nasional

BIN Kini di Bawah Presiden Langsung, Simak Penjelasan Mahfud
apahabar.com

Nasional

Kaltim Ditolak, Ibu Kota RI Lebih Cocok di Kalsel?
apahabar.com

Nasional

Baku Tembak di Intan Jaya, Dua Nyawa Melayang
apahabar.com

Nasional

Baik dan Sabar, Ma’ruf Amin Digelari Karaeng Manaba
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com