Hasil Liga Champions, Tanpa Ronaldo Juventus Ditekuk Barcelona, Messi Cetak Gol, Skor Akhir 2-0 Alasan Sekolah Tatap Muka di Banjarmasin Terancam Batal Beredar Video 62 Menit Operasi Pembakaran Halte Sarinah Saat Demo Anti UU Omnibus Law, Sosok Pelaku Terekam? Video Detik-detik Buaya Raksasa Diangkat dari Sungai Kayubesi Babel, Diyakini Warga Sebagai ‘Siluman’ Kasus Pembunuhan Istri Muda Pembakal di HST Inkrah, Jaksa Eksekusi Terpidana ke Martapura

Syekh Al Kandahlawi Sebut Tiga Amalan Masuk Surga Tanpa Dihisab

- Apahabar.com Minggu, 16 Februari 2020 - 08:50 WIB

Syekh Al Kandahlawi Sebut Tiga Amalan Masuk Surga Tanpa Dihisab

Ilustrasi. Foto-Net

apahabar.com, BANJARMASIN – Syekh Muhammad Zakkariya al Kandahlawi dalam kitabnya Fadhilah Amal menyebutkan, ada tiga amalan agar masuk surga tanpa dihisab.

Pertama orang yang selalu mengingat dan memuji Allah dalam keadaan senang atau susah, kedua orang yang sibuk beribadah pada malam hari dan menjauhkan diri dari tempat tidurnya, ketiga orang yang berdagang dan jual belinya tidak melalaikannya dari mengingat Allah.

Baca Juga: Mengenal Hari Kasih Sayang Versi Rasulullah SAW

Pernyataan Syekh al-Kandahlawi tersebut merujuk pada hadis riwayat Asma’, Rasulullah SAW bersabda, ”Aku mendengar Rasulullah bersabda pada hari kiamat semua orang akan dikumpulkan di suatu tempat. Suara yang diumumkan malaikat pasti akan terdengar semua orang. Malaikat mengumumkan: “Di manakah orang yang selalu mengingat dan memuji Allah dalam keadaan senang atau susah? Mendengar pengumuman itu sekelompok manusia berdiri dan masuk surga tanpa hisab.

Lalu Malaikat akan mengumpulkan lagi di mana orang yang sibuk beribadah pada malam hari dan menjauhkan diri dari tempat tidurnya? Sekelompok manusia bangun dan masuk surga tanpa hisab. Kemudian malaikat mengumumkan lagi di mana orang yang berdagang dan jual belinya tidak melalaikan dari mengingat Allah? Kemudian sekelompok manusia bangun masuk surga tanpa hisab.”

Syekh Al Kandahlawi mengatakan, riwayat ini juga ditegaskan dalam riwayat lain, sebagaimana dinukilkan dari kitab ad-Dur al-Mantsur. Ada sedikit tambahan redaksi yaitu akan diumumkan penduduk Mahsyar untuk melihat siapakah orang yang mulia kemudian akan diumumkan lagi, mereka adalah orang yang kesibukan perdagangannya tidak menghalangi dia dari mengingat Allah dan dari mendirikan shalat.

Baca Juga: Ingin Punya Anak? Berikut Sunnah Nabi Ibrahim dan Nabi Zakariya

Sumber: Republika
Editor: Muhammad Bulkini

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Hikmah

Hikmah Wafatnya Putra Rasulullah SAW di Usia Muda
apahabar.com

Hikmah

Ingin Berbakti kepada Orang Tua yang Sudah Wafat? Berikut 9 Amalannya
Ashraf Sinclair Meninggal Dunia, Ini Hukum Mengiringi Jenazah ke Pemakaman

Hikmah

Ashraf Sinclair Meninggal Dunia, Ini Hukum Mengiringi Jenazah ke Pemakaman
apahabar.com

Hikmah

Pekerjaan Paling Utama ‘di Mata’ Rasulullah SAW
apahabar.com

Habar

Populasi Muslim Negara di Afrika Ini Meledak, Diprediksi Salip Indonesia
apahabar.com

Habar

Update Haul Guru Sekumpul ke 15, PLN Imbau Masyarakat Waspada Pasang Umbul-umbul
apahabar.com

Hikmah

Puluhan Anak Punk Mantapkan Hijrah
apahabar.com

Hikmah

Menilik Kampung Mualaf Di Desa Loksado  
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com