Pemeran Video Syur Sesama Jenis Banjarmasin Bisa Dipidana? Tok! MK Tolak Permohonan Pemohon, Ibu Kota Provinsi Kalsel Sah di Banjarbaru 8 Merek Otomotif Bakal Tampil di GIIAS Medan 2022, Bawa Atmosfer Masa Depan Mulai Pulih dari Situasi Pandemi Covid-19, Jumlah Penumpang Pesawat Mengalami Kenaikan Tok! AKBP AB dan Aipda IR Langgar Disiplin Polri

Syekh Al Kandahlawi Sebut Tiga Amalan Masuk Surga Tanpa Dihisab

- Apahabar.com     Minggu, 16 Februari 2020 - 08:50 WITA

Syekh Al Kandahlawi Sebut Tiga Amalan Masuk Surga Tanpa Dihisab

Ilustrasi. Foto-Net

apahabar.com, BANJARMASIN – Syekh Muhammad Zakkariya al Kandahlawi dalam kitabnya Fadhilah Amal menyebutkan, ada tiga amalan agar masuk surga tanpa dihisab.

Pertama orang yang selalu mengingat dan memuji Allah dalam keadaan senang atau susah, kedua orang yang sibuk beribadah pada malam hari dan menjauhkan diri dari tempat tidurnya, ketiga orang yang berdagang dan jual belinya tidak melalaikannya dari mengingat Allah.

Baca Juga: Mengenal Hari Kasih Sayang Versi Rasulullah SAW

Pernyataan Syekh al-Kandahlawi tersebut merujuk pada hadis riwayat Asma’, Rasulullah SAW bersabda, ”Aku mendengar Rasulullah bersabda pada hari kiamat semua orang akan dikumpulkan di suatu tempat. Suara yang diumumkan malaikat pasti akan terdengar semua orang. Malaikat mengumumkan: “Di manakah orang yang selalu mengingat dan memuji Allah dalam keadaan senang atau susah? Mendengar pengumuman itu sekelompok manusia berdiri dan masuk surga tanpa hisab.

Lalu Malaikat akan mengumpulkan lagi di mana orang yang sibuk beribadah pada malam hari dan menjauhkan diri dari tempat tidurnya? Sekelompok manusia bangun dan masuk surga tanpa hisab. Kemudian malaikat mengumumkan lagi di mana orang yang berdagang dan jual belinya tidak melalaikan dari mengingat Allah? Kemudian sekelompok manusia bangun masuk surga tanpa hisab.”

Syekh Al Kandahlawi mengatakan, riwayat ini juga ditegaskan dalam riwayat lain, sebagaimana dinukilkan dari kitab ad-Dur al-Mantsur. Ada sedikit tambahan redaksi yaitu akan diumumkan penduduk Mahsyar untuk melihat siapakah orang yang mulia kemudian akan diumumkan lagi, mereka adalah orang yang kesibukan perdagangannya tidak menghalangi dia dari mengingat Allah dan dari mendirikan shalat.

Baca Juga: Ingin Punya Anak? Berikut Sunnah Nabi Ibrahim dan Nabi Zakariya

Sumber: Republika
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Religi

Jemaah Positif Covid-19, ‘Pemberangkatan’ Umrah Dievaluasi Kembali
Desa Tungkaran Sediakan 50 Kilo Bubur untuk Tamu Haul Guru Sekumpul ke 15

Religi

Desa Tungkaran Sediakan 50 Kilo Bubur untuk Tamu Haul Guru Sekumpul ke 15
apahabar.com

Religi

Jelang Haul Syekh Nafis, Jemaah Diprediksi 10 Ribu Orang
apahabar.com

Religi

Pondok Darul Hijrah IV di Tanbu Buka Donasi Bagi Dermawan
apahabar.com

Religi

Malam Tahun Baru Islam, Bupati H Ansharuddin Beri Honor 733 Guru Agama dan Kaum Masjid

Religi

Jangan Lupa! Esok Puasa Tasua, Ini Keutamaannya
apahabar.com

Religi

Sirah Nabawi (1): Nasab dan Keluarga Rasulullah SAW
apahabar.com

Religi

Jangan Lupa Amalan Jumat Terakhir Rajab Hari Ini, Berikut Keutamaannya
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com