H2D Sidang Perdana di MK, Bawaslu RI ‘Turun Gunung’ ke Kalsel 4.840 Vial Vaksin Covid-19 Tiba di Tanah Bumbu Pengungsi Banjir Bertambah, Kalsel Perpanjang Status Tanggap Darurat Ribuan Vial Vaksin Covid-19 Tahap II Tiba di Kapuas Sempat Tertunda karena Banjir, Akhirnya Vaksin Covid-19 Tiba di Tala

Terkait Penghentian Umrah, Ma’ruf Amin: Pemerintah Sedang Negosiasi dengan Arab Saudi

- Apahabar.com Kamis, 27 Februari 2020 - 18:28 WIB

Terkait Penghentian Umrah, Ma’ruf Amin: Pemerintah Sedang Negosiasi dengan Arab Saudi

Wakil Presiden, Ma'ruf Amin saat membuka dialog penanganan stunting di Pangkalpinang, Rabu. Foto-Antara/Aprionis

apahabar.com, JAKARTA – Arab Saudi menghentikan sementara penerimaan jemaah umrah dari sejumlah negara, termasuk Indonesia, sebagai antisipasi virus corona.

Terkait hal itu, Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menyebut, pemerintah sedang negoisiasi dengan Arab Saudi agar tidak dilarang untuk umrah.

“Duta besar kita di Saudi sedang berusaha agar Indonesia tidak termasuk yang dilarang, karena Indonesia kan tidak terpapar virus. Jadi kita jemaah kita mestinya aman,” kata Ma’ruf di Bangka Belitung, seperti dilansir dari Liputan6.com, Kamis (27/02).

Wapres menambahkan, pemerintah sedang berupaya agar WNI yang sudah terlanjur tiba di Arab Saudi tidak terlantar. Ma’ruf ingin kegiatan umrah kembali dibuka.

“Kita lagi dinegosiasi, ya mereka supaya mereka menunggu, nanti (sedang diurus) dengan pihak kedutaan kita di sana ya. Sedang diusahakan, supaya mereka menunggu, supaya yang ada tetap (bisa umrah) dan yang belum juga tidak di setop,” tuturnya.

Menurutnya, umrah tidak boleh dihentikan. Mestinya bila ada antisipasi virus corona, Indonesia tidak dilarang karena tidak tertular.

“Saya kira umrah tidak boleh disetop, ini kan sementara. Walaupun sementara kita berharap indonesia tidak masuk yang sementara itu. Kan kalau alasannya itu virus corona, kita kan tidak tercemar, mestinya tidak terkena embargo-lah,” pungkasnya.

Sementara sebelumnya, Arab Saudi menghentikan sementara penerimaan jemaah umrah dari sejumlah negara. Hal itu sebagai langkah antisipasi terkait maraknya penyebaran virus korona atau Covid-19 di seluruh dunia.

Berikut negara yang dicegah memasuki Saudi untuk sementara waktu: China, Iran, Italia, Korea Selatan, Jepang, Thailand, Malaysia, Indonesia, Pakistan, Afghanistan, Irak, Filipina, Singapura, India, Lebanon, Suriah, Yaman, Azerbaijan, Kazakhstan, Uzbekistan, Somalia, dan Vietnam.

Seperti dilaporkan, Kamis (27/02) kemlu menyatakan bahwa otoritas kesehatan Saudi mengikuti perkembangan terkait penyebaran virus korona yang kini juga telah menjangkiti negara tetangga di Timur Tengah, seperti Kuwait, Bahrain, dan Oman.

Untuk itu, Saudi merasa perlu mengambil tindakan pencegahan yang dampaknya memengaruhi perjalanan menuju dan keluar negara Teluk tersebut. Saudi berupaya memerangi penyebaran virus dengan menerapkan standar internasional serta mendukung komunitas internasional dalam mencegah penyebaran virus, terutama Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).(Lip6)

Baca Juga: Arab Saudi Setop Umrah, Biro Travel di Kalsel Pasrah!

Baca Juga: Imbas Umrah Disetop, Jemaah Menumpuk di Soetta

Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Ketua Banggar DPR: Kemunculan Desa Fiktif Jangan Dianggap Sebelah Mata
apahabar.com

Nasional

Waspada!!! Diare Bisa Jadi Gejala Awal Terinfeksi
apahabar.com

Nasional

Huni Nusakambangan, Habib Bahar One Man One Cell
apahabar.com

Nasional

Malaysia Lacak 5.000 Warganya Usai Positif Corona di Masjid
apahabar.com

Nasional

Gubernur Se-Kalimantan Kumpul di Balikpapan, Bahas Ibu Kota?
apahabar.com

Nasional

Kabupaten PPU dan Kukar Jadi Ibu Kota, Isran Koordinasi dengan Wali Kota
apahabar.com

Nasional

Habib Rizieq Shihab Didenda Rp 50 Juta, Simak Isi Lengkap Suratnya
apahabar.com

Nasional

Jokowi Luncurkan 55 Inovasi Lawan Covid-19 Buatan Indonesia
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com