2 Mahasiswa Tersangka, Rektor ULM Pasang Badan, Ada Dugaan Miskomunikasi di Kepolisian Hasil Liga Champions, Tanpa Ronaldo Juventus Ditekuk Barcelona, Messi Cetak Gol, Skor Akhir 2-0 Alasan Sekolah Tatap Muka di Banjarmasin Terancam Batal Beredar Video 62 Menit Operasi Pembakaran Halte Sarinah Saat Demo Anti UU Omnibus Law, Sosok Pelaku Terekam? Video Detik-detik Buaya Raksasa Diangkat dari Sungai Kayubesi Babel, Diyakini Warga Sebagai ‘Siluman’

Tiga WNI di Kapal Diamond Princess Positif Tertular Virus Corona

- Apahabar.com Selasa, 18 Februari 2020 - 14:48 WIB

Tiga WNI di Kapal Diamond Princess Positif Tertular Virus Corona

Kapal Pesiar Diamond Princess. Foto-Tribunnews.com/Richard Susilo

apahabar.com, JAKARTA – Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi mengatakan, tiga awak buah kapal (ABK) berwarga negara Indonesia positif terjangkit virus korona baru atau Covid-19.

Tiga ABK tersebut termasuk dalam 78 ABK WNI yang sedang dalam masa karantina di kapal pesiar Diamond Princess.

“Berdasarkan komunikasi terakhir termasuk pembicaraan dengan duta besar Jepang maka diperoleh informasi tiga dari 78 kru WNI dinyatakan confirm (positif Covid-19),” ujar Menlu Retno selepas menyambut tim penjemput WNI dari Hubei di Kantin Diplomasi Kementerian Luar Negeri RI seperti dikutip dari Republika.co.id, Selasa (18/02).

Menurut Informasi yang didapatnya dari Jepang, tiga kru WNI merupakan total dari sebanyak 446 orang yang dinyatakan positif terinfeksi Covid-19. Angka itu didapatkannya per detik ini.

Untuk diketahui, total orang yang berada di dalam kapal adalah 3.711. Mereka terdiri dari 2.666 dan 1.045 awak kapal yang kesemuanya berasal dari 56 negara di dunia.

“Dari tiga WNI yang positif, dua di antaranya dibawa ke rumah sakit di kota Chiba, Jepang, sementara yang satu sedang dalam proses menuju rumah sakit. Per detik ini pun saya belum tahu satu WNI dibawa ke rumah sakit mana,” ujar Menlu Retno.

Retno mengatakan, tim Kedutaan Besar (KBRI) di Tokyo sudah berada di Chiba. Tim KBRI dengan cekatan memeriksa WNI guna memastikan WNI mendapatkan penanganan yang baik dari otoritas Jepang.

“KBRI juga melakukan komunikasi dengan pada kru WNI yang masih ada di dalam kapal. Kemarin saya melakukan komunikasi dengan perwakilan ABK di kapal tersebur melalui telepon. Kita sampaikan mengenai perhatian yang besar pemerintah, termasuk saya melakukan pembicaraan dengan dubes Jepang,” katanya.(Rep)

Baca Juga: 93 Kematian Baru di Hubei Akibat Virus Corona

Baca Juga: Wabah Corona Dijamin Tak Ganggu Investasi di Kalsel

Editor: Aprianoor

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Jokowi Yakin Perpindahan Ibu Kota Baru Terlaksana 2024
apahabar.com

Nasional

Bank Kalsel Berikan Restrukturisasi Kredit untuk Nasabah
apahabar.com

Nasional

Desa di 11 Kabupaten Belum Terima BLT
apahabar.com

Nasional

Presiden Jokowi Minta Warga Sumut Jangan Golput
apahabar.com

Nasional

VIDEO: Geger Api di Gedung Kejagung RI
apahabar.com

Nasional

Ramai Isu Teroris, Jokowi Tetap Resmikan Pelabuhan Sibolga
apahabar.com

Nasional

Diduga Terpapar Usai Amankan Demo Anti-Omnibus Law, 5 Polisi Positif Covid-19
apahabar.com

Nasional

Keluarga Angkat Bicara, Putri Pariwisata yang Tersandung Prostitusi Hilang Dua Hari
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com