Kecewa, Pengembang Pelaihari City Mall Ngadu ke Menkopolhukam Jalan Berlubang Km 88 Tapin Renggut Nyawa Pemuda HST Ortu Oke, Belajar Tatap Muka di SMP Banjarmasin Dimulai November Menhub Datang, Pengembangan Runaway Bandara Teweh Dibahas Kronologi Lengkap Petaka Lubang Maut di Tapin yang Tewaskan Pemuda HST

Tingkatkan Daya Saing, DPMD Gelar Pelatihan Tenaga Penggerak Desa

- Apahabar.com Rabu, 26 Februari 2020 - 11:40 WIB

Tingkatkan Daya Saing, DPMD Gelar Pelatihan Tenaga Penggerak Desa

DPMD Tanah Bumbu menggelar pelatihan Tenaga Penggerak Desa di Gedung PKK, Kapet, Rabu (26/02).Foto-apahabar.com/Syahriadi

apahabar.com, BATULICIN – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Tanah Bumbu menggelar pelatihan Tenaga Penggerak Desa (TPD) di gedung PKK Kapet, Rabu (26/02).

Pelatihan diselenggarakan dalam rangka penguatan daya saing desa melalui peningkatan inovasi tata pemerintah desa berkelanjutan menuju desa mandiri Kabupaten Tanah Bumbu Tahun 2020.

“Pelatihan ini untuk meningkatkan peran dan fungsi TPD, serta mensinergikan tugas dan fungsi TPD dengan tenaga penyuluh pemberdayaan masyarakat desa,” ujar Kepala DPMD Tanah Bumbu, Nahrul Fajeri.

Selain itu, kata Nahrul, kegiatan itu juga untuk meningkatkan kapasitas, efektivitas dan akuntabilitas TPD dengan pemerintah desa.

Kemudian meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat desa dengan TPD dalam membangun desa yang partisipatif serta meningkatkan sinergi program pembangunan desa antar sektor.

Nahrul berharap melalui kegiatan itu TPD memiliki kreativitas dalam membangun desa, mampu meningkatkan kapasitas keilmuan, moral, keterampilan dan terlibat aktif di tengah masyarakat.

“Kita harap TPD mampu melaksanakan tiga misi penting dalam bertugas di lapangan yakni sebagai agen perubahan, kekuatan moral dan kekuatan dalam berinovasi,” tandasnya.

Wakil Bupati Tanah Bumbu, Ready Kambo, saat membuka pelatihan mengatakan TPD merupakan ujung tombak pemerintah daerah yang bertugas mendampingi, membantu dan bekerja sama dengan aparatur desa untuk menyusun Rencana Kerja Pemerintah Desa.

Oleh karena itu, kata Ready Kambo, pelaksanaan pelatihan tenaga penggerak desa kali ini, memiliki nilai strategis untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, kreativitas dan inovasi TPD dalam melaksanakan tugas dan fungsinya di desa.

“Keberhasilan pembangunan dan pemberdayaan desa melalui pendampingan yang optimal dari TPD bakal menentukan keberhasilan pembangunan Kabupaten Tanah Bumbu,” tuturnya.

Ia menambahkan jika desa sejahtera dan mandiri maka Kabupaten Tanah Bumbu pun akan ikut maju dan tentunya semakin hebat.

“Saya berpesan kepada TPD, ikuti kegiatan pelatihan ini dengan serius dan sungguh-sungguh, sehingga dengan bekal ilmu yang diperoleh saudara mampu melakukan pendampingan lebih baik lagi terutama dalam mengoptimalkan penggunaan dana desa dan alokasi dana desa untuk membangun desa,” bebernya.

Kegiatan pelatihan diikuti oleh TPD dari 4 kecamatan yakni Kecamatan Batulicin 7 orang, Simpang Empat 10 orang, Karang Bintang 11 orang, dan Mantewe 12 orang.

Baca Juga: Cegah Stunting, Pemkab Tanbu Gelar Pelatihan Kader BKB Desa

Reporter: Syahriadi
Editor: Puja Mandela

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Warga Minta Jalan Nasional Sungai Loban-Batulicin Cepat Ditangani
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Mengenang Sang Maestro Fadly Zour, Seniman Besar Pencipta Lagu Pambatangan
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Perbaikan Jembatan Batulicin Bersifat Sementara
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Saat Bupati Sudian Pilih Salat Id di Rumah bersama Keluarga
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Di Satui, Ketua TKP PKK Tanbu Serahkan Alat Keterampilan
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Pemkab Tanah Bumbu Peringati Hari Pahlawan 
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Positif Covid-19 di Tanbu Bertambah 10 Orang, Total 123 Kasus
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Momen Haornas ke-36 di Tanbu, Atlet Berprestasi Dapat Bantuan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com