Tak Seberuntung THM, Pembukaan Siring Pierre Tendean Ditunda Lagi Benarkah Depresi? Ibu Terduga Pembunuh Anak Kandung di Batu Benawa HST di Mata Warga Suami Ibu Terduga Pembunuh 2 Anak di Benawa HST Dikenal Penanambaan KPK OTT Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna Dampak Libur Panjang, Banjarbaru Kembali Zona Merah!

TPA Gabungan di Kalsel Bikin Kagum Presiden Jokowi

- Apahabar.com Jumat, 7 Februari 2020 - 18:06 WIB

TPA Gabungan di Kalsel Bikin Kagum Presiden Jokowi

apahabar.com, BANJARBARU – Tiba di Kalsel, Presiden Joko Widodo (Jokowi) langsung meninjau TPA Regional Banjarbakula, Jumat (7/2).

“Saya mengapresiasi ada model TPA yang bisa melibatkan beberapa Kabupaten/Kota yang ada di Kalsel. Karena itu, saya langsung berkunjung ke TPA Regional Banjarbakula ini,” kata Jokowi dalam sambutannya

Jokowi datang untuk meresmikan tempat pembuangan akhir di kawasan Gunung Kupang, Kecamatan Cempaka, Banjarbaru itu.

Baca Juga: Paman Birin Singgung Kalsel Tak Jadi Ibu Kota, Ini Kata Jokowi

Ia ditemani Menkopolhukam Mahfud Md, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko, Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, dan Sekretaris Militer Presiden, Mayjen TNI Suharyanto

Pengelolaan sampah kata Jokowi tidaklah mudah. Seiring bertambahnya jumlah penduduk, penataan TPA perlu ditata dengan baik dan memiliki fasilitas dan teknologi yang modern, serta manajemen yang baik.

“Sampah itu bukan persoalan sepele. Ribuan ton sampah, banyak yang tidak tertangani dengan baik dan telah menyebabkan musibah,” lanjutnya

Asal tahu saja, TPA ini dapat menampung 790 ton sampah per hari. Sampah-sampah itu bakal didapat dari lima kabupaten/kota di sekitar Banjarbaru.

Yaitu, Kota Banjarmasin dengan 440 ton per hari, Kota Banjarbaru 200 ton per hari, Kabupaten Banjar 70 ton per hari, Kabupaten Barito Kuala 40 ton per hari, dan Kabupaten Tanah Laut 40 ton per hari.

Pembangunan TPA ini telah dilaksanakan sejak 12 Mei 2017 hingga 30 November 2018 dengan anggaran Rp 150 miliar dalam kontrak tahun jamak 2017-2018.

TPA Banjarbakula dilengkapi empat sel landfill dengan luas total 8 hektar, Unit Pengolah Lindi, Bangunan Cuci Kendaraan, Jembatan Timbang, kantor dan pos jaga. Masa manfaat setiap sel TPA ditarget bisa sampai 10 tahun.

Usai memberikan sambutan, Jokowi kemudian bergerak ke area berikutnya melakukan penanaman Pohon Meranti. Dalam kesempatan ini juga dilakukan penyerahan hibah dua alat berat oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

Tepat pukul 18.00, Jokowi meninggalkan TPA Regional Banjar Bakula dan menuju Hotel Aston di Gambut tempatnya menginap.

Esok pagi, Jokowi akan menanam pohon di Hutan Pers Taman Spesies Endemik Indonesia.

Di hari yang sama, eks gubernur DKI Jakarta ini akan menghadiri puncak Hari Pers Nasional 2020 di Kompleks Pemprov Kalsel di Banjarbaru.

Reporter: Musnita Sari
Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Tingkatkan Pelayanan, RSUD Sultan Suriansyah Dongkrak dengan PIDI
apahabar.com

Kalsel

Beberkan Ancaman Berbangsa, Dandim 1007/Banjarmasin Imbau Pemuda Jaga Kesatuan

Kalsel

Masih Zona Merah Covid-19, Permintaan Izin Nikah Meningkat di Sungai Miai
apahabar.com

Kalsel

Bertambah 18 Positif Covid-19 di Kalsel, 15 dari Klaster Gowa  
apahabar.com

Kalsel

Siang dan Malam Ini, BMKG Prakirakan Kandangan Diguyur Hujan Disertai Petir
apahabar.com

Kalsel

Hari Terakhir Sandar di Banjarmasin, Ibnu Sina Kunjungi KRI Fatahillah 361
apahabar.com

Kalsel

HSU Terendam, Kapolres Bajukung Dadakan Salurkan Bantuan
apahabar.com

Kalsel

Ribuan Picis APD Tiba di Kalsel
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com