Resmi, PPKM Luar Jawa-Bali Diperpanjang 3 Pekan Setelah Viral Kisah Perjuangan Istri Alm Brimob Kalsel Hidupi 8 Anak Kronologi Lengkap Pembunuhan di Pelambuan Gara-Gara Istri Diganggu Fakta Baru Duel Maut di Sungai Miai Banjarmasin, Hanya Gara-Gara Rumput Laka di Kapar HST: Pengendara Vario Nyungsep ke Kolong Colt L-300

WHO: Penyebaran Virus Corona Meluas

- Apahabar.com     Senin, 10 Februari 2020 - 10:34 WITA

WHO: Penyebaran Virus Corona Meluas

Logo WHO. Foto-Net

apahabar.com, JENEWA – Sekretaris Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus memperingatkan tentang penyebaran virus corona yang lebih luas. Hal itu mengingat adanya penularan dari orang-orang tanpa riwayat perjalanan ke China.

“Ada beberapa contoh terkait penyebaran lanjutan virus korona dari orang-orang tanpa riwayat perjalanan ke China. Deteksi sejumlah kecil kasus dapat mengindikasikan penularan yang lebih luas di negara lain,” kata Ghebreyesus melalui akun Twitter pribadinya pada Senin (10/02).

Menurut dia, wabah yang saat ini terpantau atau terlihat bisa saja hanya “gunung es”. Artinya, terdapat kemungkinan jumlah korban yang terinfeksi virus jauh lebih banyak.

Dalam keadaan darurat kesehatan masyarakat yang berkembang, Ghebreyesus meminta semua negara meningkatkan upaya untuk mempersiapkan kemungkinan masuknya virus corona ke wilayah mereka masing-masing.

“Ini berarti kapasitas laboratorium untuk diagnosis cepat, pelacakan kontak, dan alat-alat lain dalam gudang kesehatan masyarakat,” ujar Ghebreyesus.

Ghebreyesus meminta agar negara-negara tetap tenang. Mereka yang memiliki informasi terkait virus corona juga didorong membaginya dengan WHO.

Hingga Minggu (09/02) malam, jumlah korban meninggal akibat virus corona di China telah mencapai 908 jiwa. Angka itu melampaui jumlah kematian akibat wabah SARS pada 2002-2003 yang berkisar 700 orang. Kasus infeksi atau penularan juga masih terus bertambah. Saat ini China menangani sedikitnya 40.171 pasien virus corona.(Rep/Rts)

Baca Juga: Teror Virus Corona; Korban Tewas di China Capai 908 Orang

Baca Juga: Pulang dari China, Segini Suhu Tubuh 4 Mahasiswa Kalsel

Baca Juga: Asik Mancing, Seorang Remaja Tewas Diterkam Buaya

Baca Juga: Pencarian Dua Korban Tenggelam di Sungai Tapin Dihentikan

Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Ketum JMSI: Negara Sistem Politik Tertutup Lebih Mampu Hadapi Krisis Kesehatan Pandemi Covid-19
apahabar.com

Nasional

Peneliti Coba Mengungkap Sejarah Nusantara
Pembunuhan Ibu dan Anak

Hukum

Pembunuhan Ibu dan Anak di Subang, Polisi Dapatkan Titik Terang Sosok Pelaku
apahabar.com

Nasional

Bandara Wamena Siap Didarati Boeing

Nasional

Awasi PSBB, Begini Imbauan Komnas HAM untuk Polisi
apahabar.com

Nasional

KPK Panggil Tiga Saksi Kasus DPRD Kalteng
Prabowo

Nasional

Utang Rp1,7 Kuadriliun, Ini Kata Prabowo
apahabar.com

Nasional

Banjir di Mahakam Ulu Berangsur Surut
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com