H2D Sidang Perdana di MK, Bawaslu RI ‘Turun Gunung’ ke Kalsel 4.840 Vial Vaksin Covid-19 Tiba di Tanah Bumbu Pengungsi Banjir Bertambah, Kalsel Perpanjang Status Tanggap Darurat Ribuan Vial Vaksin Covid-19 Tahap II Tiba di Kapuas Sempat Tertunda karena Banjir, Akhirnya Vaksin Covid-19 Tiba di Tala

WNI yang Dievakuasi dari Wuhan Akan Dikarantina di Pangkalan Milter Natuna

- Apahabar.com Sabtu, 1 Februari 2020 - 16:43 WIB

WNI yang Dievakuasi dari Wuhan Akan Dikarantina di Pangkalan Milter Natuna

Awak kabin mengenakan baju steril dalam persiapan akhir penerbangan pesawat Batik Air untuk menjemput warga negara Indonesia (WNI) dari Wuhan, China, di Bandara Soekarno-Hatta, Tanggerang, Banten, Sabtu (01/02). WNI yang dievakuasi dari Wuhan akan dikarantina di Kepulauan Natuna. Foto-Antara/Muhammad Iqbal/hp.

apahabar.com, JAKARTA – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyatakan bahwa 245 warga negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Kota Wuhan, China, akan dikarantina di rumah sakit di pangkalan militer yang ada di wilayah Natuna, Kepulauan Riau.

“TNI mendukung proses pemulangan warga Indonesia dari Wuhan menuju Indonesia dengan memberikan sarana dan prasarana untuk mendukung protokol kesehatan yang dijalankan pemerintah,” kata Panglima TNI saat melepas Tim Evakuasi WNI dari Provinsi Hubei di China di Terminal I Bandara Soekarno-Hatta, Banten, Sabtu (01/02).

Sebagaimana dikutip dari siaran pers TNI, ia menjelaskan bahwa pangkalan militer di Natuna dipilih sebagai lokasi karantina WNI yang dievakuasi dari Wuhan karena berada jauh dari permukiman penduduk, sekitar lima sampai enam kilometer dari permukiman warga.

Pangkalan militer juga memiliki fasilitas rumah sakit dengan dokter-dokter dari TNI Angkatan Laut, Angkatan Darat, dan Angkatan Udara.

Selain itu, pangkalan militer di Natuna memiliki landas pacu yang berdekatan dengan ruang isolasi dan dermaga.

“Nanti setelah saudara-saudara kita yang turun dari pesawat langsung dapat segera masuk ke tempat isolasi yang bisa menampung sampai dengan 300 orang dengan fasilitas lengkap,” katanya dalam siaran pers TNI.

Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Udara itu menambahkan, proses pemindahan WNI dari Wuhan ke Indonesia terus dipantau sejak keberangkatan, selama penerbangan hingga pesawat mendarat di Tanah Air.

Sementara itu, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto memastikan bahwa WNI yang dievakuasi dari Wuhan dalam keadaan sehat, tidak terpapar virus corona.

“Di Wuhan sudah dilakukan monitoring bahwa yang dijemput adalah yang sehat,” katanya.

Ia juga berpesan kepada tim evakuasi yang terdiri atas 42 petugas dari Kementerian Luar Negeri, Kementerian Kesehatan, TNI, dan maskapai Batik Air agar disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan terkait pemindahan WNI dari Wuhan.(Ant)

Baca Juga: Jokowi Putuskan Evakuasi WNI dari Wuhan Sore Ini

Baca Juga: Jokowi: Pemerintah Upayakan Perlindungan Bagi WNI di Wuhan

Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Jokowi: Ahok Masuk Bursa Kepala Badan Otorita Ibu Kota Baru
apahabar.com

Nasional

Penajam Kondusif, Kapolda: Jangan Terpancing Isu Provokatif!
apahabar.com

Nasional

Pemerintah Siapkan Rp 400 Triliun untuk Perangi Covid-19

Nasional

Pekan Depan, Indofarma Jual Obat Covid-19 Merek Desrem
apahabar.com

Nasional

Datang dari Iran, 1 Warga Qatar Positif Terinfeksi Virus Corona
apahabar.com

Nasional

Anggota DPR: Wakil Panglima TNI Tidak Akan Munculkan Dualisme
apahabar.com

Nasional

Terbang Bersama Garuda Wajib Punya Ini
apahabar.com

Nasional

Setahun Jokowi-Ma’ruf, Sigap Antisipasi Covid-19
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com