Adaro Bersama Mitra Kerja Bantu Korban Banjir di Tabalong dan HST Tambah 14.224, Kasus Baru Covid-19 Indonesia Pecah Rekor Lagi! Jokowi Telepon Paman Birin, TNI Terjunkan Kopaska hingga Puluhan Perahu Karet Kapolres Balangan Siap Salurkan Bantuan Adaro ke Masyarakat Terdampak Banjir Tiba di Kalsel, Panglima TNI Marsekal Hadi Tinjau Banjir di Objek Vital

Yasonna Laoly Datang, Pembangunan Lapas di Tanbu Ada Titik Terang

- Apahabar.com Jumat, 7 Februari 2020 - 16:57 WIB

Yasonna Laoly Datang, Pembangunan Lapas di Tanbu Ada Titik Terang

Menkum HAM RI, Yasonna Laoly, saat meninjau pembangunan Lapas Tanbu. Foto-Istimewa

apahabar.com, BATULICIN – Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkum HAM) RI, Yasonna Laoly, meninjau pembangunan Lembaga Pemasyarakatan di Kabupaten Tanah Bumbu, Jumat (07/02).

Dalam kunjungan itu, Yasonna Laoly yang mengenakan kemeja putih didampingi Bupati Tanah Bumbu, Sudian Noor, anggota DPR RI, Syafruddin H. Maming, Wakil Bupati Ready Kambo, Sekda Rooswandi Salem, serta sejumlah pejabat lainnya.

Yasonna pun sempat melihat langsung lokasi pembangunan Lapas Tanah Bumbu. Dia menginginkan pembangunan Lapas dapat segera diselesaikan.

Baca Juga: Lapas Kalsel “Over Crowded”, Kemenkuham Minta Solusi Dewan

Pemkab Tanah Bumbu juga diminta dapat berkontribusi dalam pembangunan tersebut, mengingat Lapas Kelas II B Kotabaru sudah over kapasitas.

Permintaan Yassona itu disambut hangat oleh Pemkab Tanah Bumbu. Sekda Rooswandi Salem menyampaikan komitmennya bahwa pihaknya akan membantu pemerintah pusat menyelesaikan pembangunan tersebut.

“Intinya kita akan fasilitasi dan memback up semua kebutuhan penunjang yang diperlukan agar lapas dapat segera beroperasi,” ucap Sekda Tanah Bumbu, Rooswandi Salem.

Rooswandi menyampaikan pihaknya akan membantu membangun sarana penunjang seperti akses jalan menuju lokasi Lapas.

“Pihak Kemenkumham membangun infrastruktur bangunan. Nanti Pemkab akan fasilitasi sarana penunjang berupa jalan dan lain-lain,” kata Sekda.

Dukungan agar proyek pembangunan Lapas Tanah Bumbu segera rampung juga datang dari anggota DPR RI, Syafruddin H. Maming.

“Melihat Lapas Kotabaru yang over kapasitas, saya kira kedatangan Pak Yassona sangat bagus agar pembangunan bisa dipercepat,” kata pria yang populer dengan nama Cuncung.

Lapas Kotabaru memang sudah sejak lama mengalami over kapasitas. Mestinya, Lapas tersebut hanya dihuni 180 orang, tapi saat ini ada 800 hingga 1000 orang yang menghuni Lapas tersebut. Mayoritas penghuni Lapas merupakan warga Kotabaru dan Tanah Bumbu.

“Semoga minta pemerintah daerah juga bisa membantu pembangunannya. Dan pada 2021 mungkin sudah bisa digunakan beberapa blok,” ucap Cuncung.

Menteri Yasonna tiba di Bandara Bersujud pada pukul 14.30 dengan menaiki helikopter JAT PK-JBD R66 Turbine.

Bupati Tanah Bumbu, Sudian Noor, mendampingi Yassona selama penerbangan dari Banjarmasin menuju Batulicin. Setibanya di Bumi Bersujud, Menkum HAM disambut dengan pengalungan bunga.

Di Tanah Bumbu, Lapas dibangun di Desa Saring Sungai Bubu, Kecamatan Kusan Hilir. Pembangunan tersebut sudah dimulai sejak 2016 saat Tanah Bumbu masih dipimpin Mardani H. Maming. Sampai tahun ini, pembangunan Lapas tersebut masih terus dilakukan, meski beberapa kali proyek pembangunannya dikabarkan mangkrak.

Baca Juga: ASN Wajib ke Ibu Kota Baru, Menpan-RB: Tak Mau, Silakan Mundur

Editor: Puja Mandela

Editor: aji - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

TNI/Polri Terjun Amankan Malam Misa Natal di Labuhan HST
Covid-19

Kalsel

Hari Ini, Pasien Sembuh Covid-19 di Tanbu Meningkat
apahabar.com

Kalsel

Jokowi Datang, Jadwal SKD CPNS Berubah
apahabar.com

Kalsel

Breaking News! Korban Tenggelam di Sungai Barito Ditemukan
apahabar.com

Kalsel

Punya 4 Jabatan di Pemprov Kalsel, Roy Rizali Dituntut Profesional
apahabar.com

Kalsel

‘Door to Door’, Anggota Kodim 1002 Bagi Sembako
apahabar.com

Kalsel

Diduga Gara-Gara Lontong, 6 Rumah dan 1 Indekos di Pelambuan Diamuk Api
apahabar.com

Kalsel

Salat Jumat di Banjarmasin Boleh, Majelis Taklim Sabar Dulu
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com