3 Kali Diskor, Sidang Perdana Netralitas ASN Camat Aluh Aluh Berlangsung hingga Malam Sisa 85 Hari Jadi Bupati, Sudian Noor Doyan Bikin Kebijakan Kontroversial Diam-Diam, Adaro Kepincut Proyek Coal to Methanol di Kotabaru, Apa Kata Dewan? Kubah Datu Kelampaian Kembali Ditutup, Simak Penjelasan Zuriyat Gelapkan Penjualan Motor, Supervisor Marketing PT NSS Tabalong Diamankan Polisi

10 Instansi Pelayanan Publik Terbaik di Kalsel Versi Ombudsman

- Apahabar.com Selasa, 10 Maret 2020 - 14:16 WIB

10 Instansi Pelayanan Publik Terbaik di Kalsel Versi Ombudsman

Ada 10 instansi diganjar penghargaan Ombudsman RI Perwakilan Kalimantan Selatan. Penyerahan penghargaan berlangsung di Menara Pandang Kota Banjarmasin, Selasa (10/3) pagi. Foto-apahabar.com/Bahaudin Qusairi

apahabar,com, BANJARMASIN – Menginjak usia 20 tahun, Ombudsman RI mengganjar penghargaan sejumlah instansi pelayanan publik. Di Kalimantan Selatan, totalnya ada sepuluh instansi.

Sejumlah instansi yang diganjar penghargaan itu, antara lain Polda Kalsel, Kantor Pertanahan Banjarmasin Tabalong, hingga Balai Karantina Kelas I Banjarmasin.

Penilaian berdasar laporan pengaduan yang disampaikan masyarakat melalui Ombudsman, pencegahan oleh tim pencegahan Ombudsman, baik dalam bentuk mystery shopping, ataupun kunjungan langsung dengan melihat dari dekat berbagai inovasi yang sudah dilakukan.

“Serta dengan melihat hasil survei kepatuhan pelayanan publik yang dilakukan setiap tahun oleh Ombudsman,” ujar Kepala Ombudsman RI Perwakilan Kalimantan Selatan Noorhalis Majid dalam keterangan tertulisnya kepada apahabar.com.

Penyerahan penghargaan berlangsung di Menara Pandang Kota Banjarmasin, Selasa (10/3) pagi tadi.

Dari dua dekade mengawal pelayanan publik, grafik jumlah laporan yang disampaikan masyarakat, menggambarkan peningkatan yang sangat signifikan, bisa ditafsirkan lembaga-lembaga ini semakin dipercaya publik, menerima keluhan menyangkut pelayanan publik.

Sejak 2014 sampai 2019, secara nasional Ombudsman RI disebutkan menangani 47.831 laporan, telah diselesaikan sebanyak 46.777 laporan.

Sejak 2010 akhir, sampai dengan hari ini, 10 Maret 2020, menangani 1.432 laporan, yang sudah diselesaikan 1.416 laporan, sisanya 16 laporan masih dalam proses penyelesaian.

Seluruh laporan yang disampaikan melalui Ombudsman, wajib diselesaikan, sebagai wujud hadirnya negara dalam menerima pengaduan pelayanan publik.

“Hari ini, memperingati dua dekade keberadaan Ombudsman RI, Kami ingin memberikan apresiasi kepada sepuluh instansi yang Kami nilai pioner, inovatif, responsif, dan partisipatif dalam mewujudkan pelayanan publik yang semakin baik di Kalimantan Selatan,” terang Noorhalis.

10 Instansi tersebut antara lain:

1. Polda Kalsel (Respons Pengaduan layanan Kepolisian Tercepat)

Dari 2011-2020, terdapat 90 laporan mengenai layanan kepolisian yang dilaporkan melalui Ombudsman RI Perwakilan Kalsel. Mulai Polda hingga jajaran Polsek di bawahnya. Laporan tersebut berkisar mengenai tidak diberikannya SP2HP, penundaan berlarut penanganan laporan keposian, dan lain-lain. Walaupun demikian, Polda Kalsel dan jajaran di bawahnya, paling responsif, sangat cepat dalam menindaklanjuti seluruh laporan masyarakat yang disampaikan melalui Ombudsman, sehingga memberikan kepastian bagi masyarakat.

2. Polres Banjarbaru (Inovasi Pelayanan Publik)

Inovatif dalam mengembangkan pelayanan publik melalui Aplikasi berbasis Android, yang diberi nama Si Harat (Siap Hadapi Beragam Kejahatan), dan terus berinovasi mengikuti perkembangan era digital. Lebih dari 40 ribu, yang sudah mendownload aplikasi ini, juga sudah diadopsi oleh 10 Polres di Indonesia. Pelayanan yang diberikan antara lain pendaftaran SIM Online, Pengaduan, SP2HP online, pendaftaran SKCK, Kebakaran Hutan dan Lahan atau kebakaran bangunan gedung/rumah. Juga ada Sistem Informasi Anggaran (SIA). Transparansi anggaran mulai dari Polres hingga Polsek-Polsek. Bahkan tranparansi dana desa juga termuat pada aplikasi ini.

3. Kantor Pertanahan Kabupaten Tabalong (Responsif)

Responsif dalam memberikan pelayanan. Sejak 2011-2020, ada 81 Laporan masalah layanan pertanahan yang disampaikan melalui Ombudsman. Menurut kami, penanganan laporan pertanahan sangat lama. Karena menyangkut prosedur dan sikap kehati-hatian. Namun kami menemukan, Kantor Pertanahan Kabupaten Tabalong tercepat dalam merespon pengaduan yang disampaikan melalui Ombudsman RI Perwakilan Kalsel. Mulai pengaduan yang sifanya sederhana, sampai dengan pengaduan yang melibatkan masyarakat banyak, seperti konsolidasi tanah.

4. Kantor Pertanahan Kota Banjarmasin (Pelayanan Publik Inovatif)

Inovatif dalam memberikan pelayanan. Dalam dua tahun terakhir ini, Kantor Pertanahan Kota Banjarmasin melakukan perubahan yang sangat maju. Semula pelayanannya tertutup, dari meja ke meja, sekarang berinovasi, melakukan perubahan menjadi terbuka. Memudahkan masyarakat mengakses layanan, menutup ruang, berurusan melalui jalur “belakang”, yang berpotensi pungutan liar. Selain itu, melakukan inovasi dengan membentuk Pokja, khusus menangani laporan masyarakat. Serta memulai melakukan digitalisasi warkah, sehingga pelayanan menjadi lebih cepat.

5. Balai karantina Pertanian Kelas I Banjarmasin (Pelayanan Publik Inovatif)

Inovasi dalam pelayanan. Mulai dari pembenahan fasilitas Pelayanan Publik, memberikan layanan dengan sistem digital. Juga mengintegrasikan standar ISO 37001:2016 tentang Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP), dengan ISO/IEC 17025:2017 tentang sistem manajemen mutu laboratorium, serta SMM pelayanan, sesuai ISO 9001:2015. Sehingga hasil pemeriksaan yang dikeluarkan oleh Balai Karantina Kelas I Banjarmasin, memenuhi standar internasional.

6. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan (Pelayanan Publik Inovatif)

Melakukan berbagai inovasi dalam penataan layanan, mulai dari system pendaftaraan keanggotaan online, Online Public Access Catalogue Satu pintu pencarian melalui ios.kalselprov.go.id untuk semua koleksi publik dari perpustakaan, museum, arsip dan sumber elektronik di Indonesia. ikalsel yang bisa diunduh melalui android. Perpustakaan Anak dilengkapi dengan ruang bermain, toilet ramah anak. Transformasi tampilan Perpustakaan Palnam dibuat nyaman, menarik. Selain itu, inovasi melalui perpustakaan keliling. Baik menggunakan mobil maupun kendaraan trail, untuk menjangkau daerah terpencil. Sangat inovatif mendorong minat baca di Kalsel.

7. Pemkot Banjarmasin (Partisipasi masyarakat dalam penyusunan SPP)

Aktif melibatkan masyarakat dalam perbaikan pelayanan publik, mulai dari penyusunan standar pelayanan, Survei Kepuasan Masyarakat, pelibatan masyarakat dalam E-Lapor, serta berbagai program pelayanan publik lainnya. Seperti bidang Pariwisata, ekonomi kreatif, lingkungan hidup, dan lain sebagainya. Membangun partisipasi, sangat penting, karena membuka ruang bagi masyarakat untuk terlibat dalam pelayanan publik.

8. Pemkab Batola (Pioner Mal pelayanan publik)

Pioner. Berani membangun Mal Pelayanan Publik pertama di Kalimantan Selatan, dengan segala keterbatasan, baik fasilitas maupun sumber daya manusia, namun berani memulai, memprakarsai mal pelayanan publik. Selanjutnya diikuti dan menginspirasi Kabupaten lainnya, seperti Kabupaten Banjar dan Kabupaten Tabalong. Mal Pelayanan Publik ini terus berbenah, sehingga memudahkan masyarakat mengakses pelayanan.

9. Pemkot Banjarbaru (Pioner penerapan SP4N-LAPOR di Kalsel dan Partisipasi masyarakat dalam penyusunan SPP)

Pioner dalam penerapan SP4N-LAPOR! di Kalimantan Selatan, terhubung ke seluruh unit layanan, hingga tingkat sekolah dasar. Pertama yang berani membuka ruang pengaduan bagi masyarakat, melalui LAPOR!. Aktif membangun partisipasi masyarakat, dalam penyusunan standar pelayanan publik di setiap instansi, sehingga ada titik temu antara kemampuan penyelenggara pelayanan publik dengan aspirasi, kebutuhan, dan harapan masyarakat.

10. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tapin (Inovasi Pelayanan Publik)

Inovatif dalam memberikan pelayanan, di tengah keterbatasan sarana prasarana. Inovasi seperti Dokter Cinta (Dokumen Terbit Cepat Tanpa Diminta) dan MEDOK (Melahirkan Langsung Dapat Dokumen) mampu dilakukan, padahal nilai kepatuhan pelayanan publik Kabupaten Tapin rendah dalam 3 tahun terakhir dibandingkan Kabupaten/Kota lain di Kalsel. Dinas ini mampu berinovasi, menjadi salah satu yang mendapat nilai kepatuhan tinggi di Kabupaten Tapin dan memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

Demikian 10 instansi penyelenggara pelayanan publik yang layak diberikan apresiasi, dalam rangka memperingati dua dekade Ombudsman RI.

“Mudah-mudahan apresiasi ini dapat mendorong upaya perbaikan pelayanan publik di masing-masing instansi, serta memotivasi instansi lainnya untuk melakukan hal yang sama atau bahkan lebih, guna mewujudkan pelayanan publik yang lebih baik,” ujarnya.

Sementara, pihaknya juga berterima kasih dnegan Dinas komunikasi Infomatika dan Statistik Kota Banjarmasin, yang memfasilitasi kegiatan itu.

“Terima kasih kepada Biro Organisasi Provinsi Kalimantan Selatan yang selalu mendorong upaya perbaikan pelayanan publik di Kalimantan Selatan,” ujarnya mengakhiri.

Baca Juga: Dari Polda Kalsel hingga BPN Tabalong, Instansi Terbaik Versi Ombudsman

Baca Juga: Makin Dipercaya, Bank Kalsel Jalin Kerja Sama dengan Pelindo III

Baca Juga: Hari Musik Nasional 2020, Wajah Muram Dunia Permusikan Kalsel

Reporter: Muhammad Robby
Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Senin, Puskesmas Martapura 2 Siap Beroperasi di Gedung Baru
apahabar.com

Kalsel

Sosok Wanita Tewas Tergantung di Belitung Darat di Mata Keluarga
apahabar.com

Kalsel

Si Jago Merah Mengamuk, Enam Rumah Ludes Terbakar di Mataraman
apahabar.com

Kalsel

Saat Bisnis Travel Banjarmasin Babak Belur Terpapar Covid-19
apahabar.com

Kalsel

Gelar Sunatan Massal, Polres Batola Kejar 1.000 Anak
apahabar.com

Kalsel

Aipda Ferry Edukasi Murid TK di Tabalong Cara Mencuci Tangan yang Benar
apahabar.com

Kalsel

HST Raih Penghargaan Bebas Malaria
apahabar.com

Kalsel

Kinerja PDAM Banjarmasin Disorot, DPRD: Tolong Berikan Pelayanan Serius
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com