BANJIR KALSEL: 2 Ribu Jiwa Mengungsi, Pasukan Khusus TNI Mendarat di Banjarbaru Jokowi Telepon Gubernur Soal Banjir Kalsel, Gak Kebalik Pak? Breaking News: Respons Jokowi Atas Banjir di Kalsel, Segera Kirim Perahu Karet Tak Ucapkan Dukacita, Habib Banua Tantang Presiden ke Kalsel Warga Banjiri IG Presiden Jokowi: Kalsel Juga Berduka Pakkk!!!

Anjuran Dokter Tirta Gunakan Masker DIY dari Kain Cegah Covid-19

- Apahabar.com Selasa, 31 Maret 2020 - 20:01 WIB

Anjuran Dokter Tirta Gunakan Masker DIY dari Kain Cegah Covid-19

Tirta Mandira Hudhi atau dokter Tirta menganjurkan masker kain untuk masyarakat guna menghindari Covid-19. Foto- Instagram

apahabar.com, BANJARMASIN – Tirta Mandira Hudhi atau yang lebih dikenal dengan Dokter Tirta menganjurkan kepada masyarakat untuk menggunakan masker DIY (do it yourself) dari kain guna menghindari penyebaran virus corona atau Covid-19.

Sebab kata dr Tirta, dari penelitian baru dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat menyebut bahwa masker kain itu ternyata bisa mengurangi rate infection sampai 72 persen.

Anjuran Tirta disampaikan usai melakukan rapat terbatas dengan staf khusus presiden, Adamas Belva Syah Devara.

“Penelitian terbaru ternyata berubah. CDC akan membuat anjuran bahwa setiap orang wajib memakai masker. Tapi untuk orang awam dipersilahkan memakai masker DIY (do it yourself) yang menggunakan bahan lokal dari kain,” katanya dalam sebuah rekaman suara yang dibuatnya masuk ke redaksi apahabar.com, Senin (31/3).

Diakuinya, masker kain memang tidak bisa mencegah virus masuk, tapi bisa mencegah virus yang dibawa orang yang terinfeksi virus corona, tapi tidak bergejala, untuk menularkan sebanyak 72 persen.

“(Tapi) Dia (masker, red) bisa mencegah virus yang dibawa oleh carier, carier itu adalah orang yang kena Covid tapi gak bergejala, untuk menularkan sebanyak 72 persen. Jadi turun sampai 72 persen,” terangnya.

“So, semua orang wajib menggunakan masker yang dari kain, sehingga masker medis hanya digunakan untuk orang-orang tenaga medis,” seru dr Tirta.

Pemerintah lanjut dr Tirta, telah meminta tolong kepadanya untuk mengajak seluruh influencer guna mengedukasi masyarakat untuk memakai masker kain.

Untuk cara penggunaan, Tirta mengatakan setiap orang minimal memiliki lima masker kain sehingga dalam 5 hari, masker yang dipakai berbeda.

Contohnya dari Senin-Jumat, dan untuk akhir pekan bisa menggunakan masker hari Senin.

“Cara mencucinya sehari sekali menggunakan air panas dan deterjen,” tambahnya.

Sementara itu, dari rapat dengan staf khusus presiden disampaikan bahwa usul karantina wilayah telah disetujui. “Jakarta mulai hari Senin akan di-lockdown semua, tidak bisa masuk dan keluar masuk di Jakarta,” sebut Tirta.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

CATATAN REDAKSI: Artikel ini semata untuk mewaspadai penyebaran informasi yang belum tentu benar di tengah wabah Covid-19. Jika Anda merasakan gejala batuk-batuk, demam, dan lainnya serta ingin mengetahui informasi yang mendalam soal virus corona Covid-19, silakan hubungi Hotline Dinas Kesehatan Kalsel 082157718672 atau ke nomor 082157718673.

Editor: aji - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Simak Jadwal Pengumuman dan Pendaftaran CPNS 2019
apahabar.com

Nasional

Polisi Periksa Puluhan Pekerja Proyek RS Siloam
apahabar.com

Nasional

Filipina Awasi Ratusan Kapal China Masuk di Perairan Sengketa
apahabar.com

Nasional

Cadangan Minyak RI Berpotensi Habis 9 Tahun Lagi
apahabar.com

Nasional

Masa Penahanan Imam Nahrawi Diperpanjang
Sepanjang 2020

Nasional

Sepanjang 2020, Densus Tangkap 32 Teroris Jaringan MIT Poso
apahabar.com

Nasional

Bencana Alam Indonesia Sepanjang Januari-Oktober: 4,7 Juta Mengungsi, 307 MD
apahabar.com

Nasional

Pemerintah Indonesia Kebut Distribusi 679.000 APD
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com