Dini Hari, Polisi Amankan 9 Motor di Banjarmasin Timur Zakaria, Pejuang Covid-19 di Tanah Laut Tutup Usia Malam Minggu, Siring Laut di Kotabaru Kembali Bernadi walau Pandemi Putrinya Hanyut, Bapak Meregang Nyawa di Irigasi Karang Intan Kabar Baik, Tanbu Tambah Pasien Sembuh dari Covid-19




Home Kalsel

Rabu, 25 Maret 2020 - 13:50 WIB

Antisipasi Corona, Penumpang yang Datang ke Bandara Syamsudin Noor Langsung Diperiksa

Redaksi - Apahabar.com

Puluhan santri penumpang pesawat dari Malang tiba di Bandara Internasional Syamsudin Noor. Mereka langsung diperiksa kesehatannya oleh petugas, Rabu (25/3). Foto: Kodim Martapura for apahabar.com

Puluhan santri penumpang pesawat dari Malang tiba di Bandara Internasional Syamsudin Noor. Mereka langsung diperiksa kesehatannya oleh petugas, Rabu (25/3). Foto: Kodim Martapura for apahabar.com

apahabar.com, BANJARBARU – Setiap kedatangan penumpang pesawat dari di Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin, tim Gugus Tugas bersama tim kesehatan selalu mencek kesehatan penumpang sebelum meninggalkan Bandara.

Seperti tadi pagi, Rabu (25/3), Bandara kedatangan penumpang puluhan santri dari Ponpes Darul Nasyihin, Lawang, Kabupaten Malang. Sekda Banjarbaru Said Abdullah, didampingi Perwira Penghubung Kapten Inf Bahrudin turut ikut mengontrol berkembang Corona Virus Diesase 2019 (Covid-19).
Kapten Inf Bahrudin menuturkan, meski hari libur, Satgas Gugus Civid-19 terus melakukan pemantauan dan perkembangan terhadap para penumpang Bandara Syamsudin Noor.

“Setiap kali kedatangan para penumpang penerbangan terus di kontrol. Kita tidak mau ada kecolongan. Satgas dan anggota Kodim Martapura bersiga satu dua kali dua puluh empat jam (1 x 24 jam),” ujarnya.

Ia menjelaskan, pagi tadi sekitar 26 penumpang tiba di Bandara Syamsudin Noor menyambut kedatangan para santri dari Ponpes Darul Nasyihin Lawang, Kabupaten Malang. Jumlah santri dari Kota Banjarbaru sebanyak 9 orang dan Kabupaten Banjar 17 orang.

Baca juga :  Masuk ‘Zona Hitam’ Covid-19, Penduduk Pekapuran Raya Siap-Siap Gangguan Air Bersih

“Semua langsung diperiksa dan diseterilkan di ruang khusus isolasi selama hampir satu jam lebih. Syukurnya tidak terdeteksi dan dinyatakan bisa dipulangkan ke rumah masing-masing, dijemput keluarga,” papar Inf Bahrudin.

Sementara Sekda Banjarbaru Said Abdullah menegaskan, semua santri negatif Corona, karena kegiatan mereka hanya di lingkungan Ponpes.

“Para santri kan datang luar Kalimantan. Untuk itu pemerintah melalui Dinas Kesehatan terus melakukan observasi dan pemantau khusus cek kembali para santri. Jadi kami tidak mau lalai, meski steril tetap waspada,” ujar Sekdakot Banjarbaru.

Ia mengimbau kepada santri, jika menemui gejala dan badan kurang fit, seperti ada demam, segera datang ke puskesmas terdekat.
Dandim 1006/Martapura Letkol Arm Siswo Budiarto saat memantau kegiatan menuturkan, jumlah orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP) terus bertambah.

Baca juga :  Dini Hari, Polisi Amankan 9 Motor di Banjarmasin Timur

Menurutnya, tim Gugus Tugas tidak diam dan terus gencar bekerja berupaya dalam penanganan dan pencegahan Virus Corona masuk ke Kota Banjarbaru.
“Untuk ODP memang belum tentu atau masih jauh dari kata positif Corona, namun pendataan dan pemantauan dilakukan guna mengantisipasi,” ujarnya.

Siswo Kembali menghimbau masyarakat untuk tidak panik dan apabila ada masyarakat yang ada gejala-gejala terinfeksi Corona dan memiliki riwayat perjalanan daerah terpapar, maka segeralah melaporkan diri ke pusat pelayanan kesehatan terdekat.

Reporter: Hendra Lianor
Editor: Muhammad Bulkini

CATATAN REDAKSI: Jika Anda merasakan gejala batuk-batuk, demam, dan lainnya serta ingin mengetahui informasi yang benar soal virus corona Covid-19, silakan hubungi Hotline Dinas Kesehatan Kalsel 082157718672 atau ke nomor 082157718673.

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Pemkab HST Jamin Masyarakat Bebas dari Intervensi Perusahaan Pertambangan
apahabar.com

Kalsel

Ada Ancaman Baru, Banjarmasin Coret 2 Kluster Penyebar Covid-19
apahabar.com

Kalsel

Satu Lagi Korban Longsor Tambang Emas di Kotabaru Ditemukan
apahabar.com

Kalsel

Tunggu Restu Orang Tua, H Zanie Akan Lakukan Ini di HST

Kalsel

VIDEO: Bernuansa Politis, Mahasiswa Walk Out dari Aksi Save Meratus
apahabar.com

Kalsel

Lagi, Paman Birin Lepas 13 Pasien Sembuh dari Covid-19
apahabar.com

Kalsel

Difri Darjat, dari Makelar Angkutan Umum hingga Bakal Calon Wagub
apahabar.com

Kalsel

Rumah Singgah Banjarmasin, Penghuni Dirawat sampai Akhir Hayat
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com