Hasil Visum: 2 Anak yang Diduga Dibunuh Ibu di Benawa HST Mati Lemas! Orbawati Buron, Nasdem Tanah Laut Fokus Menangkan BirinMu Detik-Detik Akhir Kampanye, Bawaslu RI Turun ke Banjarmasin Bisnis Terselubung, Polisi Kotabaru Tangkap 2 Pelaku TV Kabel Terpapar Covid-19, Kemenag Tutup Satu Ponpes di Palangka Raya

Antisipasi Kenaikan Harga, TPID Bakal Laksanakan Sidak Pasar

- Apahabar.com Kamis, 26 Maret 2020 - 18:57 WIB

Antisipasi Kenaikan Harga, TPID Bakal Laksanakan Sidak Pasar

Menerapkan social distancing, TPID saat menghadiri Rakorda di Auditorium Setda HST, Kamis (26/3). Foto-Istimewa

apahabar.com, BARABAI – Di tengah mewabahnya Virus Corona atau Covid 19, Tim Pengendali Inflasi Daerah Hulu Sungai Tengah (TPID HST) berusaha menjaga ketersedian bahan pokok (bapok).

Stabilitas sosial ekonomi harus dilaksanakan dengan langkah menjaga stabilitas kegiatan perdagangan.

Demikian kesimpulan yang diperoleh pasca Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) HST dalam mengantisipasi kenaikan bapok dan komoditas di Auditorium Setda HST, Kamis (26/3).

Duduk bersama dalam rapat itu, anggota TPID yang terdiri dari Bulog, Polres, Dinas Perdagangan, Dinas Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, Bappelitbangda, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman diharapkan memberikan laporan dengan ketersedian bapok dan komoditi terkait harga eceran tertinggi (HET).

Jika melebih HET, maka TPID berhak mengambil tindakan sesuai aturan.
TPID juga akan mengambil tindakan bagi distributor atau penyalur LPG 3 kg. Tindakan dilakukan bagi mereka yang melakukan kecurangan.

TPID juga menyiapkan simulasi pengamanan pangan dan kebutuhan lainnya dengan operasi pasar murah untuk masyarakat. Tujuannya sebagai antisipasi aksi tanggap darurat penanganan Covid 19.

“Kita saat ini sedang dihadapkan dengan wabah yang memerlukan penanganan serius. Di sisi lain pemerintah terus berupaya menjaga stabilitas harga dan stok bapok. Kita harus melaksanakan langkah-langkah antisipatif, antara lain dengan segera turun ke pasar memantau dan mengawasi pergerakan harga di pasaran,” kata Wabup HST, Berry Nahdian Forqan saat memimpin Rakorda saat itu.

Mereka pun menyepakati untuk melakukan inspeksi mendadak (sidak). Agenda itu bakal dilakukan rutin untuk memantau HET.

Berry berharap kenaikan harga bapok tidak melambung tinggi. Sebab akan menyulitkan masyarakat, terlebih terhadap kalangan yang tak mampu.

Apalagi, menjelang Ramadhan 1441 Hijriah, harga kebutuhan pokok dan komoditas lainnya di pasaran menjadi perhatian setiap tahun

“Kita perlu melakukan pemantauan untuk mengantisipasinya. Lewat kegiatan ini diharapkan outputnya, pemerintah daerah dapat menekan inflasi demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” harap Berry.

Sementara itu, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda HST, H Pandiansyah mengatakan Rakorda ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut Surat Edaran Gubernur Kalimantan Selatan tentang Aksi Tanggap darurat Penanganan Corona Virus Disease (COVID19) di Provinsi Kalimantan Selatan.

Dalam surat edaran itu, setiap kabupaten/kota di Kalsel harus menjaga stabilitas ekonomi khususnya di bidang perdagangan bapok dan komoditas lainnya.

“Di samping itu, Rakorda yang dilaksanakan pada hari juga sebagai antisipasi menjelang masuknya bulan suci Ramadan 1441 Hijriah,” tutup Pandiansyah.

Perlu diketahui, Rakorda dijalankan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) pencegahan dan penanganan Covid 19 yakni dengan melakukan protokol menjaga jarak atau social distancing.

Selama rapat mereka duduk berjauhan dengan jarak lebih dari satu meter.

apahabar.com

Wabub Berry NF didamping Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda HST memimpin Rakorda di Auditorium Setda HST, Kamis (26/3). Foto-Istimewa

Reporter: HN Lazuardi
Editor: Puja Mandela

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

HST

5 Anggota BPD di Meratus Terpilih, Bupati HST: Selamat Bertugas

Pemkab Hulu Sungai Tengah

RAPBD 2021 HST Difokuskan pada 3 Aspek Kebijakan
Sekda Minta Polisi Usut Tuntas Kasus Kebakaran Sekolah di HST

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Sekda Minta Polisi Usut Tuntas Kasus Kebakaran Sekolah di HST  

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Angka Pelanggar Prokes Berkurang, Tim Gakkum Perbup HST Tetap Gencar Yustisi
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

IKAPTK Donasikan Ribuan Masker, Bupati: Semangat Gotong Royong Peduli Covid-19
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Terhalang Prokes, Pembina HIMPAUDI HST Tidak Bisa Total Lakukan Pembinaan
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Respons Rate Melebihi Target, Pemkab HST Diganjar Penghargaan
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Program KOTAKU, Permukiman di Barabai Darat HST Disulap Jadi Indah dan Bersih
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com