Periksa 16 Mahasiswa, Polisi Terbitkan SPDP untuk Korwil BEM Kalsel Netizen Gagal Paham Soal Bingkisan SHM-MAR, Bawaslu: Sarung Boleh Remaja Korban Tabrakan di Tabalong Akhirnya Diamputasi, Keluarga Pilih Ikhlas Update Daftar Zona Sebaran Covid-19 di Banjarmasin Pengembalian Tengkorak Demang Lehman dan Dugaan Penghapusan Sejarah oleh Belanda

Asosiasi Pengelola Sistem Peyediaan Air Minum dan Sanitasi Gelar Rakor

- Apahabar.com Selasa, 3 Maret 2020 - 19:08 WIB

Asosiasi Pengelola Sistem Peyediaan Air Minum dan Sanitasi Gelar Rakor

DPMD Tanah Bumbu menggelar rapat koordinasi Asosiasi Pengelola Sistem Peyediaan Air Minum dan Sanitasi (SPAMS) Perdesaan di Gedung Mahligai Bersujud, Selasa (03/03). Foto-Istimewa

apahabar.com, BATULICIN – Rapat koordinasi (rakor) Asosiasi Pengelola Sistem Peyediaan Air Minum dan Sanitasi (SPAMS) Perdesaan digelar di Gedung Mahligai Bersujud, Selasa (03/03) kemarin.

Rapat yang diinisiasi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Tanah Bumbu membahas terkait pelaksanaan peran dan fungsi asosiasi, antara lain terkait kinerja Kelompok Pengelola Sistem Peyediaan Air Minum dan Sanitasi (KP-SPAMS), juga masalah data pemanfaat.

Baca Juga: TFL Harus Miliki Kemampuan dan Keterampilan Manajerial

“Keberadaan KP-SPAMS sangat penting dalam mengelola keberlanjutan sarana yang dibangun melalui program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (PAMSIMAS),” ujar Kepala DPMD Tanbu, Nahrul Fajeri, saat memberikan sambutan.

Hal itu, kata Nahrul, mengingat tugas dan fungsinya yang strategis yaitu menjaga keberlanjutan hasil program, sehingga diperlukan kelembagaan yang kuat dan berkinerja baik.

Bupati Tanah Bumbu melalui Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Suhartoyo, mengatakan pencanangan target akses air minum dan sanitasi perlu didukung oleh berbagai pihak, selain pemerintah, yaitu pemerintah daerah, swasta dan juga masyarakat.

Ia menegaskan kerja sama itu perlu dilakukan karena pendanaan telah ada di masing masing desa, sehingga seharusnya mampu menutupi seluruh kebutuhan pembiayaan yang diperlukan untuk investasi pengembangan sistem penyediaan air minum (SPAM).

“Strategi yang perlu dikedepankan adalah kolaborasi oleh berbagai pihak yang terkait dengan program dan pendanaan bagi penyediaan air minum dan sanitasi untuk secara bersama-sama mendukung pencapaian target akses air minum dan sanitasi,” tuturnya.

Untuk mendukung penyediaan layanan air minum dan sanitasi sesuai dengan target, salah satu program pemerintah yang diunggulkan untuk penyediaan layanan air minum dan sanitasi di wilayah perdesaan adalah program PAMSIMAS.

“Program ini memberikan dukungan baik untuk investasi fisik melalui pembangunan sarana dan prasarana, maupun investasi non fisik dalam bentuk dukungan teknis dan peningkatan kapasitas,” bebernya.

Rakor menghadirkan sejumlah narasumber dari Bappeda, Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup, dan dihadiri seluruh kepala desa se Kabupaten Tanah Bumbu.

Baca Juga: Ready Kambo Buka Turnamen Sepak Bola Bupati Cup 2020

Reporter: Syahriadi
Editor: Puja Mandela

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Tanah Bumbu Siap Jadi Penyangga Pangan Ibu Kota Negara
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Dinas Pariwisata Tanah Bumbu akan Berikan Ruang Berkreasi untuk Komunitas Seni
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Tahun Ini, Kepemilikan KIA di Tanah Bumbu Ditarget 100 Persen
Hibah Rp 26 Miliar KPU Tanbu Mulai Dicairkan

Pemkab Tanah Bumbu

Hibah Rp 26 Miliar KPU Tanbu Mulai Dicairkan
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Warga Segumbang Bisa Mengurus Dokumen Kependudukan di Kantor Desa
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Pastikan Keamanan, Satpol PP dan Damkar Tanbu Tinjau Pos Pelayanan
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Pemkab Tanbu Sosialisasikan Perbub PAUD
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Bang Ipul Salurkan Ratusan Paket Sembako untuk Pekerja Seni di Tanbu
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com