Tahap 3, Belasan Koli Vaksin Covid-19 Tiba di Kalsel Kapolres Kapuas Terjang Banjir Bantu Korban Terdampak di Alalak Jumlah Korban Banjir Kalsel Terus Bertambah, 6 Warga Masih Dinyatakan Hilang Masih Berantakan, KPU HST Tetapkan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Besok Bupati Sleman Positif Covid-19 Pascavaksinasi, Berikut Penjelasan Kemenkes

Banjarmasin Sasirangan Festival 2020 Resmi Dibuka

- Apahabar.com Rabu, 4 Maret 2020 - 18:23 WIB

Banjarmasin Sasirangan Festival 2020 Resmi Dibuka

Banjarmasin Sasirangan Festival 2020 di Duta Mall Banjarmasin. Foto-apahabar.com/Musnita Sari

apahabar.com, BANJARMASIN – Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina secara resmi membuka Banjarmasin Sasirangan Festival 2020 di Duta Mall Banjarmasin, Rabu (4/3) sore.

“Tahun ini kolaborasi antara DM dan Siring, karena event BSF ini adalah kalender event yang sudah dilaunching di Bali,” ucap Ibnu dalam sambutannya

Lewat tema Glory of Heritage, event BSF sudah memasuki tahun yang ke empat. Sebanyak 13 Kabupaten/Kota se Kalsel dan 6 Provinsi di Indonesia ikut berpartisipasi dalam festival ini. “Ini kebanggaan atas warisan kebudayaan kain sasirangan,” katanya saat diwawancara awak media

Upaya mengangkat dan melestarikan budaya bangga menggunakan sasirangan, kata Ibnu, akan membawa dampak pada pendapatan para pengrajin sasirangan di Banjarmasin. Pemkot Banjarmasin juga menggandeng banyak pihak untuk agar sasirangan menjadi tren fashion di kalangan masyarakat.

“Bangga lah memakai kain warisan budaya banjar yaitu kain Sasirangan. Ini layak untuk dipakai di acara formal, nonformal, bahkan kenegaraan,” sebutnya

Dalam catatan, sepanjang 2019 permintaan terhadap kain khas Banua ini terus meningkat. Melalui surat edaran, sebagai pemimpin daerah dirinya mewajibkan jajarannya untuk menggunakan seragam Sasirangan dengan pewarna asli alam.

“Kita hidupkan kembali perajin sasirangan pewarna alam. Di samping sasirangan lain yang sudah diwajibkan setiap Kamis dan Jumat di jajaran Pemkot Banjarmasin,” terangnya.

Event BSF masuk dalam 38 calender of event 2020 dan ini pertama terselenggara di bulan Maret. Digelar di dua venue yaitu Duta Mall dan Siring Menara Pandang, puncak BSF akan digelar di sepanjang Jalan A Yani dengan konsep karnaval.

“Puncaknya Minggu siang, karnaval sasirangan di sepanjang Jalan A Yani. Yang disupport oleh panitia Jember Festival. Mudah-mudahan bisa mendatangkan para wisatawan,” imbuhnya.

Baca Juga: Masker Belum Barang Langka di Marabahan

Baca Juga: Fakta Menarik Saat Cuncung Mengembalikan Berkas Pencalonan ke Golkar

Baca Juga: Intai Penderita Corona, Duta Mall Gunakan Thermal Scanner

Baca Juga: Nasruddin Dijerat, Para Pengikut Masuk Radar Tim Pakem

Reporter: Musnita Sari
Editor: Syarif

Editor: rifad - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Masih Ngeyel, Polisi Ingatkan Warga Kotabaru Salat di Rumah

Kalsel

Masih Ngeyel, Polisi Ingatkan Warga Kotabaru Salat di Rumah
banjir

Kalsel

Sampah di Terminal Km 6 Banjarmasin Usik Kenyamanan Pengungsi
apahabar.com

Kalsel

Kampanye Terbuka Jokowi di Kalsel, Bawaslu Imbau Hindari Isu SARA 
apahabar.com

Kalsel

DKI Jakarta Tarik Rem Darurat, Banjarmasin Mau PSBB Lagi?
apahabar.com

Kalsel

Resmi, Ibnu Sina Tak Perpanjang PSBB Banjarmasin
Kotabaru

Kalsel

Alhamdulillah, Hari ini 14 Warga Kotabaru Bebas dari Covid-19
apahabar.com

Kalsel

Eratkan Hubungan Kemitraan, Kapolres HSU Silaturahmi ke Kejaksaan Negeri HSU
apahabar.com

Kalsel

Ribuan Surat Suara DPTb untuk Kalsel Siap Didistribusikan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com