Tim Macan Kalsel Gerebek Wanita Buronan Kasus Penggelapan Kapal Indef: Setahun Jokowi-Ma’ruf Amin ULN Melonjak, Setiap Penduduk Warisi Utang Rp 20,5 juta Demo di Pelaihari Berbuntut Laporan Polisi, Sekda Tala Minta Maaf Harga Tiket Bioskop XXI Duta Mall Banjarmasin Turun, Simak Daftar Lengkapnya Kedai Terapung, Unggulan Wisata Baru di Barito Kuala

Batu Siring Jadi Penyebab Bocornya Pipa Tua PDAM Bandarmasih

- Apahabar.com Senin, 2 Maret 2020 - 21:50 WIB

Batu Siring Jadi Penyebab Bocornya Pipa Tua PDAM Bandarmasih

Benahi pipa bocor. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Pipa primer PVC dengan diameter 500 mm milik PDAM Bandarmasih tiba-tiba bocor. Kebocoran pipa berlokasi di Jalan Soetoyo S ini diketahui pukul 11.00 Wita, Senin (2/3).

Setelah ditelusuri, pipa yang ditanam dalam tanah tersebut tertekan oleh batu siring berukuran besar. Apalagi mengingat pipa perusahaan milik pemerintah daerah berusia cukup tua.

“Ketika diteliti, pipa ada retakan sekitar 70 cm. Jadi mau tidak mau kita lakukan perbaikan berupa pemotongan pipa,” ujar Manager Transmisi dan Distribusi PDAM Bandarmasih, Opili Muda ketika dijumpai di lokasi.

Perbaikan, lanjut ia, bakal berlangsung pukul 23.59 Wita. Bahkan PDAM Bandarmasih menurunkan alat berat dalam melaksanakan proses pemotongan pipa.

Menurutnya, luka pipa ini tidak bisa ditangani dengan cara biasa. Wajib menggunakan metode giboult joint for PVC diameter 500 mm.

Diproses perbaikan mengakibatkan perhentian total distribusi air di seluruh wilayah Banjarmasin Barat dan sebagian Banjarmasin Tengah.

“Tak bisa kita menambah, harus diganti pipa ini kemungkinan perbaikan memakan waktu 4 jam,” katanya.

Pipa itu sudah sejak 1996. Sebagian pipa PDAM tak diganti lantaran tidak ada penyertaan modal dari Pemerintah Kota Banjarmasin.

“Ya kita harapkan digantikan supaya tidak ada lagi kebocoran pipa seperti ini,” tuturnyah,” timpal Humas PDAM Bandarmasih M Nur Wakhid.

Ia mengatakan pemulihan aliran distribusi akan berlangsung secara bertahap setelah perbaikan dilaksanakan. Normalisasi distribusi hingga ujung jaringan akan memakan waktu hingga 3 hari.

Ia juga berharap semoga pekerja bisa selesai sesuai dengan rencana. “Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini dan kiranya pelanggan dapat memakluminya,” ucapnya.

Adapun bagi pelanggan yang memerlukan vair dengan mobil tangki bisa menghubungi call center PDAM Bandarmasih 0511-325-2541.

Baca Juga: Pipa PDAM Bandarmasih di Jalan Soetoyo S Bocor, Simak Wilayah yang Terdampak

Baca Juga: Soal Status PDAM Bandarmasih, Ibnu Sina Tunggu Jawaban Paman Birin

Reporter: Bahaudin Qusairi

Editor: Syarif

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Swab Keluar, Giliran Kadisdik Banjar Terkonfirmasi Covid-19
apahabar.com

Kalsel

HUT ke-69 Kalsel; Ratusan Pelajar Ikuti Lomba Azan Bersama BKPRMI
apahabar.com

Kalsel

Kado HUT RI ke-75 di HST, Ratusan WBP Dapat Remisi
apahabar.com

Kalsel

Harga Masker Tak Wajar Pasca Heboh Corona, Dewan Minta Instansi Terkait Bertindak
apahabar.com

Kalsel

Diuber Massa, Terduga Pencuri Nekat Lompat ke Sungai Martapura
apahabar.com

Kalsel

Diredam Ibnu Sina, Pemilik Kelotok Luluh
apahabar.com

Kalsel

Proyek Syamsuddin Noor Diklaim Rampung Sesuai Jadwal, Lihat Realisasinya
apahabar.com

Kalsel

Camat Bansel Tunjuk Kasi Pem Sebagai Plt Lurah Basirih Selatan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com