Istri Babak Belur, Suami Mabuk Dikerangkeng di Kotabaru Pulang ke Banjarmasin, Jemaah Ijtima Ulama Dunia Diobservasi Update Corona di Kalsel 31 Maret: Jumlah Pasien Positif Bertambah Tiga Wafat Usai dari Bandung, Warga Landasan Ulin Kuatir Covid-19 Bertambah Dua, WNA di Palangka Raya Positif Corona




Home Ekbis

Rabu, 25 Maret 2020 - 16:38 WIB

Beda Respons Pedagang Soal Darurat Covid-19 di Banjarmasin

Aam - Apahabar.com

Sejumlah spanduk terpampang di Pasar Kalindo Raya yang akan menghentikan kegiatan jual-beli mulai besok Kamis (26/3) seiring status tanggap darurat Covid-19 di Banjarmasin. Foto-Istimewa

Sejumlah spanduk terpampang di Pasar Kalindo Raya yang akan menghentikan kegiatan jual-beli mulai besok Kamis (26/3) seiring status tanggap darurat Covid-19 di Banjarmasin. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Sejumlah pasar tradisional di Kota Banjarmasin masih terlihat buka sekalipun pemerintah sudah mengeluarkan imbauan.

Imbauan dimaksud yakni edaran guna menghindari kerumunan demi memutus mata rantai Corona (Covid-19).

Namun dari pantauan apahabar.com, Rabu (25/3), pasar-pasar yang memilih buka di antaranya Pasar Lama di Jalan Perintis Kemerdekan.

Pasar tergolong unik berada di pinggir Sungai Martapura itu masih terlihat ramai akan aktivitas jual-beli.

“Belum ada imbauan untuk tutup. Kami sempat dengar kabar katanya pasar bakal ditutup sementara waktu, tapi sampai ini belum ada pemberitahuan tersebut ke kami,” kata Masudi salah seorang pedagang sembako di pasar tersebut dijumpai siang tadi.

Senada dengan Masudi, Imah penjual ikan di sana juga tenang-tenang saja berjualan di tengah status tanggap darurat Covid-19.

“Tidak ada disuruh tutup, makanya masih jualan. Tadinya sempat ragu kalau saja tidak dibolehkan jualan, tapi tidak ada kabar positif kami tidak dibolehkan jualan, belum ada imbauan apa-apa,” terangnya.

Baca juga :  Penyebab Kebakaran Belakang Pasar Hanyar Masih Misterius

Imah bilang para pedagang sudah mengantisipasi penularan Covid-19 dengan penyemprotan disinfektan ke seluruh bagian pasar. Menariknya, itu dilakukan secara swadaya.

“Tadi malam sudah disemprotkan disinfektan di sini. Sudah dua kali dilakukan secara swadaya kami semua di sini,” kata Imah.

Lain Pasar Lama, lain pula Pasar Kalindo Raya. Di pasar kawasan Jalan Belitung ini kegiatan jual-beli justru dihentikan terhitung besok Kamis (26/3).

Langkah itu diambil setelah pengelola pasar mau mengikuti imbauan pemerintah untuk tidak berkerubung demi memutus mata rantai Covid-19.

“Sudah ada imbauan dari Polsek Banjarmasin Barat, katanya jaga kebersihan dan jaga jarak antarpedagang dan pembeli,” kata pedagang di sana.

Selain itu pedagang juga sudah diberitahu lewat imbauan tertulis di sebuah karton bertuliskan, “Besok Hari Kemis [Kamis] 26 Maret 2020 Pasar Kalindo tutup sementara dengan waktu yang tidak ditentukan” demikian tertanda pengelola pasar.

Baca juga :  Pemko Banjarmasin Optimistis 50 Persen Pelaku UMKM Terdigitalisasi 2024 Mendatang

Namun agaknya lain di mulut lain di hati. Sejumlah pedagang lain menganggap penutupan hanya sampai tiga hari untuk memberi ruang penyemprotan disinfektan.

“Kami ngikut apa kata pemerintah, mau gimana lagi. Pasrah saja sudah. Kalau bisa tutup cuma dua hari untuk menyemprot disinfektan,” ujar salah seorang pedagang sembako di Pasar Kalindo.

Tak hanya dua pasar tersebut. Aktivitas berkerumun manusia juga terlihat di Pasar Lima, Jalan Niaga. Pasar ini masih ramai aktivitas bongkar muat dagangan.

Pasar Lima sendiri tergabung beberapa pasar, seperti Pasar Baru, Pasar Cempaka, Pasar Harum Manis, Pasar Ujung Murung dan Pasar Sudimampir Baru.

“Belum ada pemberitahuan seperti itu (tutup). Paling jadi kendala saat ini stok barang belum ada yang bisa masuk sampai tiga empat hari ke depan, dan sekarang pembeli lagi sepi,” ungkap pedagang di Pasar Baru.

apahabar.com

Aktivitas jual-beli masih terlihat di Pasar Lama Banjarmasin. apahabar.com/Ahya Firmansyah

Reporter: Ahya Firmansyah
Editor: Fariz Fadhillah

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Ekbis

Terminal Baru Syamsudin Noor Segera Rampung, Wali Kota Banjarmasin Tilik Potensi MICE
apahabar.com

Ekbis

OJK Regional IX Kalimantan Ajak Masyarakat Awasi P2P Ilegal
apahabar.com

Ekbis

Minyak Mentah Tergelincir, Batu Bara Newcastle Ditutup Melemah
apahabar.com

Ekbis

Perlambatan Corona Kerek Rupiah ke Rp13.730
apahabar.com

Ekbis

Jelang Lebaran, Bulog Jamin Stok Bapok Kalsel Aman
apahabar.com

Ekbis

Banjarmasin Nambah Tempat Nongkrong, Cafe Rumah The Panasdalam Resmi Dibuka
apahabar.com

Ekbis

Timur Tengah Memanas, Rupiah Berpotensi Melemah Tembus Rp14.000 per Dolar AS
apahabar.com

Ekbis

Cadangan Emas Ditemukan di Dompu NTB