Cuaca Kalsel Hari Ini: Tak Ada Peringatan Dini, Semua Wilayah Cerah! Cari Keadilan untuk Rekannya, Ratusan Mahasiswa Geruduk Kejati Kalsel Akhirnya, Pelaku Pembunuhan Guru di RM Wong Solo Tanbu Tertangkap Ketum HIPMI Pusat Bakal Jadi Pembicara di HUT JMSI ke-2 di Sulteng Kalsel Ingin Adopsi Kawasan Kumuh jadi Wisata di Yogyakarta

Bertambah 6, Positif Covid-19 di Kaltim Jadi 17 Orang

- Apahabar.com     Minggu, 29 Maret 2020 - 17:40 WITA

Bertambah 6, Positif Covid-19 di Kaltim Jadi 17 Orang

Plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim, Andi M Ishak Foto-Antara/Arumanto

apahabar.com, SAMARINDA – Kasus pasien positif terjangkit virus corona jenis baru atau Covid-19 di Provinsi Kalimantan Timur bertambah enam orang sehingga menjadi 17 orang berdasarkan pembaruan Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur, Sabtu.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim, Andi Muhammad Ishak kepada awak media di Samarinda, Sabtu (28/03), menjelaskan enam orang tambahan positif terjangkit Covid-19 tersebut berasal dari Kota Balikpapan.

“Keenam orang pasien ini telah menjalani perawatan di RSUD Kanujoso, RS Pertamina dan RS Beriman di Kota Balikpapan,” kata Andi M Ishak yang juga sebagai Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kaltim.

Menurut Andi, kasus positif Covid-19 di Kaltim masih didominasi di Kota Balikpapan dengan 12 kasus, Samarinda 1 kasus, Kukar 2 kasus, Bontang 2 kasus.

Andi menerangkan untuk jumlah orang dalam pemantauan (ODP) totalnya 2.339 orang, dengan rincian 705 orang selesai pemantauan dan 1.634 orang masih dalam proses pemantauan.

Sedangkan pasien dalam pengawasan (PDP)jumlah total 81 orang, dengan rincian 39 orang hasil negatif, 17 orang terkonfirmasi positif dan 25 orang menunggu hasil laboratorium.

“Saat ini pondasi tepat yang harus dilakukan untuk mencegah adalah melalui physical distancing, yaitu menjaga jarak aman antar orang perorang. Ini yang harus terus diinfokan dan sosialisasikan kepada masyarakat umum, guna memutus penyebaran virus corona ini,” katanya.

Andi meminta kepada masyarakat untuk semaksimal mungkin berada di rumah, baik saat bekerja dan beribadah. Kecuali memang ada hal-hal mendesak.

Selain itu, dianjurkan mengonsumsi makanan yang bergizi dan banyak vitamin. Laksanakan prilaku hidup bersih dan sehat. Selalu cuci tangan sebelum makan dan minum ataupun hindari menyentuh daerah wajah mata, hidung, mulut, telinga.

“Betul-betul menjalankan physichal distancing Mari saling menjaga. Tingkatkan dengan ketat dan laksanakan social distancing guna menekan semaksimal mungkin penyebaran virus corona ini,” pintanya.(Ant)

Editor: Aprianoor

CATATAN REDAKSI: Jika Anda merasakan gejala batuk-batuk, demam, dan lainnya serta ingin mengetahui informasi yang benar soal virus corona Covid-19, silakan hubungi Hotline Dinas Kesehatan Kalsel 082157718672 atau ke nomor 082157718673.

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kaltim

Titik Hotspot Kebakaran di Kaltim Meningkat
apahabar.com

Kaltim

Balikpapan Segera Bayarkan Tunggakan Rp2 Miliar ke BPJS Kesehatan
Bupati Paser Meninggal

Kaltim

Bupati Paser Meninggal, Putra Almarhum: Usai Pisah Sambut Langsung Ngedrop

Kaltim

Bertambah Lagi, 40 Warga Balikpapan Dikonfirmasi Terpapar Delta
Ganja

Kaltim

Nekat Edarkan Ganja, ABH di Balikpapan Diringkus Polisi
Wanita Terbungkus Karung

Kaltim

Geger! Penemuan Jasad Wanita Terbungkus Karung di Loa Duri Kaltim
apahabar.com

Kaltim

Ungkap Penyebab Kebakaran di Gunung Bugis Balikpapan Libatkan Tim Puslabfor Mabes Polri
apahabar.com

Kaltim

Pacu Investasi, Kaltim Bawa Rencana Pemindahan Ibu Kota ke Jepang
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com