Viral Korban Banjir Kalsel Lahirkan di Jukung, Nama Anaknya Unik Malam Ini, Mata Najwa Kupas Biang Kerok Banjir Kalsel Banjir Kalsel Makan Korban Lagi, Bocah Hilang di Siring Banjarmasin Di Balikpapan, Ayah Ditangkap Gegara Anak Jual Tisu Link Live Streaming Mata Najwa Malam Ini, Kupas Tuntas Banjir Kalsel

BPS Targetkan 45 Ribu Warga Tala Ikut Sensus Online

- Apahabar.com Selasa, 10 Maret 2020 - 17:20 WIB

BPS Targetkan 45 Ribu Warga Tala Ikut Sensus Online

Rapat Koordinasi Tingkat Kabupaten dalam Rangka Pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 dilaksanakan di Gedung Sarantang Saruntung, Selasa (10/3). Foto-Istimewa

apahabar.com, PELAIHARI – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Tanah Laut menargetkan 45 ribu jiwa atau 14,31 persen warga terdata dalam Sensus Penduduk Online (SPO) yang dilaksanakan sejak 15 Februari hingga 31 Maret 2020.

“Saat ini baru terdata sebanyak 4.202 jiwa yang berpartisipasi dalam sensus online, karenanya kami berharap dapat diberikan dukungan dengan memberikan sosialisasi, misalnya melalui media sosial,” ujar Kepala BPS Tala Ir. Misnawati.

Hal itu dia sampaikan dalam Rapat Koordinasi Tingkat Kabupaten dalam Rangka Pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 di Gedung Sarantang Saruntung, Selasa (10/3).

Terkait hal tersebut, Bupati Tala, Sukamta, meminta kepada seluruh kepala SKPD agar meluangkan waktu untuk bisa mengikuti SPO.

“Termasuk Disdik, seluruh jaringan pendidikan bisa mengisi secara online, sehingga target 45 ribu jiwa bisa tercapai, mengingat pentingnya keakuratan data ini guna membantu kelancaran proses pembangunan,” ujar Sukamta.

Dalam pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 (SP2020), BPS melakukan inovasi dan pembaruan metode dibandingkan enam sensus penduduk sebelumnya.

SP2020 menggunakan metode kombinasi yaitu memanfaatkan data administrasi kependudukan dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia sebagai data dasar untuk pendataan penduduk secara lengkap.

Kemudian memanfaatkan berbagai jenis pengumpulan data yang menggunakan gadget. Inovasi itu dilakukan untuk menghadapi tantangan dinamika kependudukan yang terjadi selama 10 tahun terakhir.

“Jangan sampai ada yang tidak terdata dalam sensus kali ini, karena akan mempengaruhi kebijakan yang dibuat, dan jangan sampai menganggap data itu biasa-biasa saja karena ini data yang penting,” jelas Sukamta.

Menurut data BPS, berdasarkan sensus terakhir warga Tala berjumlah sekitar 296 ribu jiwa. Dalam sensus terbaru, jumlahnya diperkirakan akan mencapai 348 ribu jiwa atau terjadi pertambahan 52 ribu jiwa dalam 10 tahun terakhir.

Pelaksanaan sensus kali ini akan dilaksanakan dalam dua periode. Pertama melakukan sensus secara online melalui halaman website sensus.bps.go.id pada 15 Februari sampai dengan. 31 Maret 2020.

Kedua yaitu kegiatan verifikasi dan pencacahan lapangan yang akan dilaksanakan pada 1 sampai 31 Juli 2020.

Baca Juga: UPTD SMPN 6 Dibangun Swakelola, Sukamta Apresiasi Warga Kintap

Baca Juga: Abdi Rahman Sampaikan Peran Penting Camat dalam Pembangunan Daerah

Reporter: Ahc14
Editor: Puja Mandela

Editor: Amrullah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kab. Tanah Laut

Abdi Rahman Minta ASN Tingkatkan Etos Kerja
apahabar.com

Kab. Tanah Laut

Cegah Hoaks, Abdi Rahman Minta Bantuan Ulama dan Habaib
apahabar.com

Kab. Tanah Laut

Bareng Warga Batu Tungku, Sukamta Peringati Maulid Nabi
apahabar.com

Kab. Tanah Laut

SDN 1 Jorong Bakal Mengikuti Gebyar Sekolah Model
apahabar.com

Kab. Tanah Laut

Tala Bakal Terima Rp 125 Miliar untuk Penanganan Covid-19
apahabar.com

Kab. Tanah Laut

Operasi Pasar Gas LPG Berlanjut di Kintap
apahabar.com

Kab. Tanah Laut

Sukamta Saksikan Uji Coba Pelabuhan Swarangan di Tanah Laut
apahabar.com

Kab. Tanah Laut

Puluhan Ribu Jemaah Hadiri Batakan Berselawat bersama Habib Syech
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com