Rekonstruksi Pembunuhan Agus ‘Banteng’ di Pasar Kasbah Banjarmasin, Pelaku Utama Buron Melawan, Pembunuh Sadis di Warung Remang Bungur Didor Tim Serigala Tapin Pembunuhan Sadis di Warung Remang Bungur Tapin, Pelaku ‘Lagi Tinggi’ Buron, Ketua Nasdem Tanah Laut Orbawati Sempat Ngeluh Sakit Dibui Seumur Hidup, Gembong Sabu Banjarmasin Pindah ke Nusakambangan?

Brimob Kalsel Andalkan Water Canon Antisipasi Covid-19

- Apahabar.com Senin, 23 Maret 2020 - 09:39 WIB

Brimob Kalsel Andalkan Water Canon Antisipasi Covid-19

Korps Brimob Polda Kalsel memiliki cara beda mengantisipasi Covid-19. Cairan disinfektan guna memutus rantai penyebaran virus Corona disemprot ke para pengguna jalan, Minggu sore. foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Korps Brimob Polda Kalsel memiliki cara beda mengantisipasi Covid-19. Cairan disinfektan guna memutus rantai penyebaran virus Corona disemprot ke para pengguna jalan.

Tak tanggung-tanggung, dua kendaraan taktis water canon sudah disiagakan di depan pintu penjagaan markas Sat Brimob Polda Kalsel yang terletak di Jalan A.Yani KM 31, Guntung Payung, Banjarbaru pada Minggu (22/3) sore.

Untuk diketahui, kendaraan taktis seperti water canon menjadi alat untuk mengurai massa unjuk rasa. Kendaraan yang punya alat penyemprot air berdaya tinggi ini pun dipastikan hadir pada setiap aksi demonstrasi.

Biasanya, kehadiran water canon disertai tembakan gas air mata oleh polisi supaya demonstran jera untuk terus bergerombol dan segera bubar.

Namun kali ini, mobil water canon itu digunakan polisi untuk ‘mengusir’ virus Covid-19 yang sedang mewabah. Mobil berkapasitas 5000 liter air itu pun diisi cairan disinfektan yang diracik sendiri oleh Unit KBR (Kimia Biologi & Radioaktif) Detasemen Gegana Satbrimob Polda Kalsel.

Pantauan apahabar.com, personel Unit KBR dengan menggunakan alat pelindung diri lengkap dengan helm, kacamata, penutup mulut (masker) baju hingga sepatu yang bentuknya sama seperti yang digunakan petugas kesehatan di China (APD unit KBR masuk klasifikasi A), mulai menuangkan cairan disinfektan dalam tanki mobil.

Setelah semua dianggap siap, secara berlahan mobil taktis itu menyemprotkan cairan disinfektan ke arah pengguna jalan yang melintas di depan markas Brimob Kalsel di Banjarbaru.

Cairan itu disemprotkan ke setiap pengguna jalan baik roda dua maupun roda empat. “Tutup kaca helmnya, terus maju jangan diam di situ,” teriak petugas seraya meminta pengendara agar terus melaju dan melewati penyemprotan.

Lantas kenapa cairan itu disemprotkan pada pengguna jalan? Wadansat Brimob Polda Kalsel AKBP Ahmad Arif Sopian menjelaskan bahwa sesuai imbauan pemerintah untuk seluruh masyarakat bekerja di rumah (mengisolasi diri) selama wabah ini terjadi.

“Nah untuk membantu mensterilkan orang-orang yang berada di luar rumah agar nanti mereka pulang ke rumah bertemu dengan keluarganya akan aman, maka kami coba bantu memberikan cairan disinfectan ini,” kata AKBP Ahmad Arif Sopian kepada reporter apahabar.com di lokasi.

Tak hanya di Jalanan Ahmad Yani, kata Arif, satu tim lainnya dengan dua unit mobil water canon bergerak ke Lapangan Murjani. Tepat depan Balaikota Pemko Banjarbaru.

“Di tempat tersebut anggota juga menyemprotkan cairan didisinfektan terhadap pengguna jalan Raya. Bahkan di sana juga dilengkapi dengan mobil informasi yang sosialiasikan terkait langkah-langkah antisipasi penyebaran hingga ciri-ciri virus Corona,” sebutnya.

Di tempat yang sama, Dansat Brimob Polda Kalsel Kombes Pol Ronny Suseno, menyampaikan bahwa kegiatan yang dilalukan ini sesuai dengan kebijakan pemerintah.

“Dan tentunya dengan menggunakan sarana yang kami miliki, kita akan lakukan ini hingga negara dinyatakan aman dari wabah Covid-19,” ucapnya kepada awak media.

Reporter: Eddy Andriyanto
Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Siang Bolong, Belasan Hektare Lahan Warga Birayang HST Ludes Terbakar
apahabar.com

Kalsel

Potret Kesibukan Jamaah Jelang Haul Guru Sekumpul
Efek Corona: Giliran Hand Sanitizer Diborong di Banjarbaru, IDI Angkat Bicara

Kalsel

Efek Corona: Giliran Hand Sanitizer Diborong di Banjarbaru, IDI Angkat Bicara
apahabar.com

Kalsel

Dugaan KDRT Dokter di Banjarbaru, Polisi Beber Motifnya
apahabar.com

Kalsel

Bebas Hujan, Kalsel Cerah Sepanjang Hari Ini
apahabar.com

Kalsel

HEBOH!!! Jemaah Cium Imam Masjid di Martapura, Pelaku Dalami Ilmu Kebatinan
apahabar.com

Kalsel

Pemilik Sabu Setengah Ons di Banjarmasin Selatan Dibekuk
apahabar.com

Kalsel

Genjot Sektor Pariwisata, Simak Kalender 33 Even di Kalsel Tahun Ini
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com