Duuh, 8 Kecamatan di Tanah Laut Hilang Disapu Banjir Dear Korban Banjir Kalsel, Telkomsel Bebaskan Telepon-SMS Demi Aliran Sungai, Pos Polisi di Jalan Veteran Banjarmasin Dibongkar Lewat Udara, Paman Birin Salurkan Bantuan Korban Banjir dari Jokowi Pekan Ini, Rupiah Berpeluang Tembus Rp 14.000

Cegah Corona, Intip Cara Mudah Membuat Hand Sanitizer di Rumah

- Apahabar.com Kamis, 5 Maret 2020 - 05:45 WIB

Cegah Corona, Intip Cara Mudah Membuat Hand Sanitizer di Rumah

Ilustrasi hand sanitizer. Foto-nypost.com via tribunnews

apahabar.com, JAKARTA – Hand sanitizer kini jadi benda yang banyak dicari orang seiring merebaknya wabah virus corona di berbagai negara terlebih lagi virus mematikan itu sudah masuk ke Indonesia dari 2 WNI yang tertular dari warga Jepang.

Akibatnya kepanikan massal terjadi. Orang-orang pun berbondong-bondong untuk membeli masker penutup mulut dan juga pembersih tangan atau hand sanitizer.

Hal ini menyebabkan harga cairan antiseptik untuk tangan meroket, dan stoknya habis di banyak toko. Melansir di laman Science Alert seperti dikutip dari Republika.co.id, Rabu (04/03), kita bisa membuat pembersih tangan sendiri jika pembersih tangan di toko telah habis.

Seorang profesor biologi di Universitas William Paterson dan penulis “The Hand Book: Surviving in a World-Filled World”, Miryam Wahrman, membagikan cara tepat untuk membuat pembersih tangan sendiri. Bahan-bahan yang dibutuhkan hanyalah alkohol, baik isopropil (gosok) atau etil (yang digunakan dalam bir, anggur, dan alkohol).

Wahrman mengatakan, pembuatan pembersih tangan ini setidaknya menggunaakan 60 persen alkohol. Dengan demikian kita dapat menggosokkan cairan ke tangan kita, dan membiarkannya mengering, maka kita akan membersihkannya secara efektif.

“Intinya adalah bahwa alkohol adalah bahan aktif pembersih tangan,” katanya.

Untuk membuat pengalaman sedikit lebih lembut pada kulit kita, kita bisa melembabkan setelah alkohol mengering. Kita juga bisa menambahkan beberapa tetes lidah buaya ke alkohol gosok, tetapi pastikan cairannya lebih dari 60 persen alkohol sehingga lidah buaya tidak terlalu encer.

“Jika Anda turun di bawah 60 persen, efektivitasnya turun sangat dramatis,” kata Wahrman.

OregonLive pun merekomendasikan untuk mencampur dua pertiga cangkir isopropil alkohol 91 persen dengan sepertiga dari secangkir lidah buaya. Anda juga bisa menambahkan delapan hingga 10 tetes minyak wangi jika Anda ingin wangi.

Idealnya, untuk pencegahan kuman, bakteri, dan virus, Anda dapat melewati tahap membersihkan tangan dengan membersihkan tangan. Dan Anda juga bisa hanya mencuci tangan dengan saksama dan sering.

Cuci tangan, yang menghilangkan kuman dari kulit Anda, tetap merupakan cara terbaik untuk melindungi dari virus corona dan patogen lainnya. Sebaliknya, pembersih tangan, kata Wahrman, membunuh sebagian besar kuman tetapi tidak menghilangkannya dari kulit Anda.

“Mencuci tangan adalah langkah pertama yang paling penting, dan kita tidak boleh malu tentang hal itu,” katanya.

Alkohol juga merupakan unsur utama dalam membersihkan desinfeksi. Untuk membuat tisu desinfektan Anda sendiri, cukup ambil handuk kertas atau tisu. Lalu, oleskan pada alkohol gosok (atau jenis larutan apa pun yang setidaknya 60 persen alkohol), dan seka permukaan apa pun yang ingin Anda bersihkan.

Bahkan sebelum wabah corona, Wahrman melakukan ini ke teleponnya setiap hari. Dia juga melakukannya untuk kontrol jarak jauh saat bepergian.

“Setelah membersihkan teleponnya dengan tisu yang dilembabkan dengan alkohol, kelihatannya bagus dan bersih. Dan saya tahu sebagian besar kuman yang saya ambil di sepanjang jalan telah terbunuh dan agak dibuang,” katanya menambahkan.(Rep)

Baca Juga: Rahasia Awet Muda Orang Jepang, Bertahan Hidup Lebih dari 100 Tahun

Baca Juga: Ingin Sukses? Tiru 4 Kebiasaan Baik Ini

Baca Juga: Instagram Uji Stiker Komenter Stories, Penggunanya Acak

Baca Juga: PT Super Sukses Motor Bakal Gelar Nongkrong Bareng Komunitas Kawasaki di Banjarmasin

Editor: Aprianoor

Editor: rifad - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Gaya

Pandemi, Penjualan Ponsel Dunia Turun 20 Persen
apahabar.com

Gaya

Toyota Tarik Ribuan Prius dan Corolla Hybrid, Ada Apa?

Gaya

Netizen Respon Miring iPhone 12, Kenapa?
apahabar.com

Gaya

Jajal New Honda CRF 150 L nan Fearless!

Gaya

Gangguan Kesehatan, Cek 9 Kebiasaan Tidur Anda
apahabar.com

Gaya

Yurianto Jelaskan Pedoman Kegiatan di Kantor Selama Pandemi
apahabar.com

Gaya

Kuliah Sambil Kerja? Perhatikan Dulu Hal Ini
apahabar.com

Gaya

Raffi Kaget, Rupanya Segini Gaji Hengky Kurniawan Jadi Wakil Bupati
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com