ANEH, 3 Proyek Jembatan di Banjarmasin Jalan Terus Walau Tanpa IMB Seruan Tokoh Tanah Bumbu: Pendukung SHM-MAR Jangan Ikut Sebar Hoaks dan Fitnah Pembelajaran Tatap Muka SMP di Banjarmasin Siap Dibuka, Catat Bulannya VIDEO: Polisi Rilis Tersangka Pencurian Hp Rosehan di Pesawat Sengketa Kepemilikan Kampus Achmad Yani, Gugatan Adik Berlanjut di PN Banjarmasin

Cegah Covid 19, Pemkab HST Bentuk Gugus Tugas

- Apahabar.com Rabu, 18 Maret 2020 - 13:14 WIB

Cegah Covid 19, Pemkab HST Bentuk Gugus Tugas

Wabup Berry didampingi Kadinkes Kusudiarto (kanan) dan Kabag Ops Polres HST, Aris Munandar memimpin rapat koordinasi gugus tugas penangan Covid 19 di Auditorium Setda setempat, Selasa (17/3). Foto-Istimewa

apahabar.com, BARABAI – Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (Pemkab HST) telah menetapkan status siaga darurat pencegahan virus Corona atau Covid-19.

Penetapan status pencegahan itu dilakukan guna menindak lanjuti Kepres Nomor 7 Tahun 2020 tentang pencegahan penyebaran Covid 19 .

Penetapan status dilakukan dengan pembentukan gugus tugas pencegahan wabah itu di Auditorium Sekretariat Daerah (Setda) HST, Selasa (17/3).

Wakil Bupati HST, Berry Nahdian Forqan bersyukur hingga saat ini belum ada warga HST yang terjangkit Covid-19.

“Alhamdulillah belum ada warga HST yang terjangkit. Namun demikian kita harus  melakukan upaya pencegahan dan penanganan serius serta masyarakat diharapkan tidak perlu panik,” ujarnya.

Berry mengatakan dengan dibentuknya gugus tugas maka akan lebih mudah melakukan koordinasi di lapangan mengenai langkah-langkah pencegahan, pengendalian dan penanganan Covid-19.

“Saya harap gugus tugas segera bekerja dalam kesempatan pertama ini. Minimal membuat perencanaan aksi operasional percepatan pencegahan dan penanganan Covid-19 dan segera menyampaikan ke pimpinan daerah,” kata Berry.

Menyikapi Covid 19 ini, Pemkab HST memutuskan kegiatan belajar mengajar di sekolah tetap berjalan seperti biasa. Hanya saja harus memberlakukan standar oprasional prosedur (SOP) pencegahan penyebaran virus itu, seperti menyediakan sarana cuci tangan, sabun dan juga sosialisasi serta materi dari Dinas Kesehatan.

“Lakukan list prioritas urgent di berbagai kegiatan yang memerlukan perkumpulan orang banyak. Monitor kebutuhan pokok di pasar, panduan pencegahan untuk disosialisasikan, baik melalui media sosial maupun media lainnya,” kata Berry.

Sementara untuk rumah sakit, Berry menginstruksikan untuk membentuk satuan tugas tersendiri dan membuat SOP penanganan Covid-19 serta menyiapkan logistik.

“Juga menyiapkan ruangan kalau ada suspect covid-19 termasuk ambulance dan melakukan koordinasi dengan MUI dan ormas- ormas keagamaan lainnya untuk membantu melakukan sosialisasi kepada kelompok -kelompok keagamaan yang berada di Kabupaten Hulu Sungai Tengah,” pesan Berry.

Rapat yang dibuka oleh Wabup Berry dihadiri oleh anggota Polres, Kodim 1002 Barabai, Kejari, Kepala Kemenag, para Asisten Bupati, Kepala SKPD, Kabag Sekretariat serta Camat se HST.

Reporter: HN Lazuardi
Editor: Puja Mandela

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Dampak Sosial Covid 19 di HST, Bupati: Bansos Harus Tepat Sasaran
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Wabup Berry Serahkan BLT ke Warga Hantakan
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Cerita Berry Nahdian Saat Dikunjungi Anggota DPRD Kalsel
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Ulama dan Marbot Dapat Bantuan Beras dari GTPP Covid-19 HST
Sosialisasi dan Penyusunan Rencana Kerja TP KJM HST 2020 di Aula Bakti Husada Dinas Kesehatan Barabai, Kamis (23/01).

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Rencana Kerja Tanggulangi Prevalensi ODGJ Disosialisasikan
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Predikat SAKIP Naik, Pemkab HST Terima Penghargaan dari Menpan RB
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Kebakaran MAN 1, Pemkab HST Jalin Koordinasi dengan Kemenag
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Jelang Penerapan Prokes, TP PKK HST Kebagian Puluhan Ribu Masker dari Provinsi Kalsel
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com