Menhub Datang, Pengembangan Runaway Bandara Teweh Dibahas Kronologi Lengkap Petaka Lubang Maut di Tapin yang Tewaskan Pemuda HST Jalan Berlubang Km 88 Tapin Renggut Korban Jiwa, Warga HST Tewas Cara Nonton Live Streaming Liga Champions Chelsea vs Sevilla di SCTV & Vidio.com Malam Ini 7 Pemuda Diamankan Saat Demo di Banjarmasin, Polisi: Mereka Mabuk Gaduk

Cegah Paparan Corona, Kakbah dan Hijir Ismail Dipagari Seng

- Apahabar.com Minggu, 8 Maret 2020 - 05:30 WIB

Cegah Paparan Corona, Kakbah dan Hijir Ismail Dipagari Seng

Suasana lengang di Masjidil Haram pascapenghentian umrah oleh pemerintah Kerajaan Arab Saudi di Makkah, Kamis (05/03). Foto-Istimewa

apahabar.com, MAKAH – Mukimin Indonesia yang tinggal di Aziziyah Makah, Teuku Fakhri mengatakan selepas salat Jumat kemarin, kawasan Masjidil Haram sempat ditutup untuk pengunjung yang akan beribadah ke sana. Saat itu pengurus Masjidil Haram tampaknya ingin mensterilkan area di sana dari paparan virus Corona.

‘’Masjidil Haram sehabis salat Jumat hingga Subuh tadi sempat ditutup untuk dibersihkan dan disterilkan dari paparan virus Corona. Namun, setelah Subuh sudah dibuka seperti lagi seperti biasa,’’ kata Fakhri di Makah, dikutip apahabar.com dari ihram.republika.co.id, Sabtu (7/3).

Namun setelah disterilkan, lanjutntya, kini ada sedikit perubahan di area sekitar Kakbah dan Hijir Ismanil. Kawasan itu sekarang ditutup atau dipagari dengan seng. Akibatnya, jamaah yang tawaf di mataf tak bisa memyentuh Hijir Ismail dan dinding Ka’bah.

‘’Juga tak ada lagi yang mencium hajar aswad. Ini karena di situ juga ditutup seng,’’ katanya.

Menurutnya, memang jamaah peziarah umrah asing masih terlihat di kawasan Masjidil Haram. Tapi jumlah jamaah Indonesia sudah semakin berkurang. Jamaah asing lain yang pun sedikit meski masih juga ada. Mereka adalah jamaah umrah asal India, Pakistan, Bangladesh, Mesir, Turki, dan sebagian dari negara di kawasan di Afrika.

Mengenai suasana kota Makkah sampai hari ini, Fakhri mengatakan kini mulai berangsung pulih setelah dua hari lalu sempat terlihat sepi. Warga Makkah kini mulai ramai ke luar rumah dan kini sudah dibolehkan melakukan kegiatan tempat terbuka secara lebih leluasa.

‘’Namun sampai sejauh ini belum stetmen apapun dari pihak gubernur Makkah. Dan khusus kalau semalam ada penutupan Masjidil Haram itu berlaku untuk semua. Jadi tak hanya warga untuk asing, tapi jamaah bagi seluruh jamaah umrah tanpa kecuali. Syukur sekarang situasinya sudah pulih,’’ ujarnya.(Rep)

Baca Juga: Khotbah Jumat Masjid Nabawi Sampaikan Kebersihan Cegah Corona

Baca Juga: Cegah Corona, Masyarakat Banjarmasin Buru Temulawak Cs

Editor: Aprianoor

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Habar

Lepas Calon Jemaah Haji, Ibnu Sina Titip Doa untuk Banjarmasin
apahabar.com

Habar

Guru Zuhdi Doakan Virus Corona Segera Lenyap
apahabar.com

Habar

MUI Kalsel Angkat Bicara Soal Kisruh Pernikahan Sedarah
apahabar.com

Habar

Hewan Kurban Bisa Jadi Haram, Jika Tidak Disembelih Secara Syar’i
3 Hari Jelang Puncak Haul, Peziarah Makin Ramai

Habar

3 Hari Jelang Puncak Haul, Peziarah Makin Ramai
apahabar.com

Habar

Update Haul Guru Sekumpul ke 15, PLN Imbau Masyarakat Waspada Pasang Umbul-umbul
apahabar.com

Habar

Pendidikan, Jalan Tengah Mengatasi Ekstremisme

Habar

Selain Sanna Khan, Ini 7 ‘Artis Bollywood’ yang Masuk Islam
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com