Perhatian! PT KPP Rantau Ngutang Pajak Alat Berat Rp 1,8 M Warung Jablay di HSS Meresahkan, MUI Ngadu ke DPRD Jelang Pencoblosan, Warga Kalsel Diimbau Jangan Telan Mentah-Mentah Berita Medsos Disbudpar Banjarmasin Rilis Dua Wisata Baru, Cek Lokasinya Otsus Jilid Dua, Semangat Baru Pembangunan Papua

Cek Fakta Video Penjemputan Pasien Terduga Corona di Martapura, Kadinkes: Pasien Tidak Terjangkit

- Apahabar.com Rabu, 25 Maret 2020 - 15:55 WIB

Cek Fakta Video Penjemputan Pasien Terduga Corona di Martapura, Kadinkes: Pasien Tidak Terjangkit

Dr Diauddin saat konferensi pers update kondisi terkini Kabupaten Banjar Tanggap Covid-19, di Command Center, Martapura, Rabu (25/3). Foto-apahabar.com/hendra

apahabar.com, MARTAPURA – Viral video penjemputan terduga terjangkit virus Corona di Martapura ternyata kejadiannya sudah lama, dan yang bersangkutan tidak sama sekali terjangkit virus Corona atau Covid-19.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Banjar sekaligus Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Civid-19 Kabupaten Banjar, saat konferensi pers update kondisi terkini Kabupaten Banjar Tanggap Covid-19, di Command Center, Martapura, Rabu (25/3).

“Itu kejadiannya sudah lama, ketika awal-awal dibentuk Posko Tim Gugus Tugas. Dan yang bersangkutan sama sekali tidak mempunyai gejala yang berhubungan dengan Covid-19,” jelas Diauddin.

Ia melanjutkan, awalnya itu pihaknya ditelepon untuk diminta cepat menjemput orang sakit tersebut. Padahal, kata Dokter Dia, orang tersebut tidak masuk daftar PDP bahkan ODP pun tidak.

“Orang tersebut memang sedang sakit, dan sebelumnya sudah berobat ke puskesmas terdekat. Memang kondisinya saat itu panas, tapi sakit lantaran sudah berumur,” ungkap Dokter Dia.

Ia menuturkan, bukti bahwa video itu sudah lama, jelas terlihat dari pakaian alat pelindung diri (APD) yang digunakan masih yang dulu, dan hanya sekali pakai.
“Penjemputan malam itu adalah yang pertama di Kabupaten Banjar sejak mewabah Corona. Namun dipastikan tidak terjangkit. Bahkan saat ini sudah pulang ke rumah,” imbuh Dokter Dia.

Ia mengaku menyesalkan beredarnya video penjemputan tersebut, sehingga membuat banyak warga yang panik.

“Bagi masyarakat jangan sampai panik. Jika ada kejadian serupa jangan langsung ditelan mentah-mentah, tunggu pernyataan resmi dari kami. Kami di Gugus Tugas selalu memberikan pernyataan kondisi terkini tiap hari jam dua siang kepada media,” papar Dokter Dia.

Ia juga mengimbau agar masyarakat melakukan physical distancing atau menjaga jarak, serta berprilaku hidup bersih dan sehat, sering-sering cuci tangan dengan sabun.

Reporter: Hendra Lianor
Editor: Muhammad Bulkini

CATATAN REDAKSI: Jika Anda merasakan gejala batuk-batuk, demam, dan lainnya serta ingin mengetahui informasi yang benar soal virus corona Covid-19, silakan hubungi Hotline Dinas Kesehatan Kalsel 082157718672 atau ke nomor 082157718673.

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Harga Daging Ayam Di Pasar Marabahan Naik
apahabar.com

Kalsel

CPNS Banjarmasin, Ratusan Pelamar TMS Ajukan Sanggahan
apahabar.com

Kalsel

Tanpa BPJS Kesehatan, Aliqa dari Batola Ditangani Dokter Terbaik di Jakarta
apahabar.com

Kalsel

Hari Ini Waspadai Hujan Lokal
apahabar.com

Kalsel

Rumah Singgah Banjarmasin Sudah Tangani 3 Pencandu Lem Fox
apahabar.com

Kalsel

Sambut Janji Manis Belanda, Pemprov Kalsel Siapkan Lokasi Penyimpanan Berlian 70 Karat
apahabar.com

Kalsel

UPT Pasar Baru Permai Ludes Terbakar Diduga Gara-Gara Server
apahabar.com

Kalsel

Lusa Pembongkaran ‘Kios 20’ di Kawasan Terminal Handil Bakti, Pedagang Kaget
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com