Risiko Terburuk Wabah Covid-19, Kabupaten Banjar Siap Lockdown Disuruh di Rumah, Remaja di Banjarmasin Timur Malah Pesta Miras Tembus Seribu ODP, Kalsel Siapkan Karantina Khusus Dinyatakan Sehat, Balita PDP Covid-19 di Banjarmasin Dipulangkan Klaster Bogor, Pasien ke-6 Positif Covid-19 di Kalteng




Home Ekbis

Jumat, 27 Maret 2020 - 11:58 WIB

Darurat Covid-19, Pertamina Suntik UMKM Rp 33,7 Miliar

rifad - Apahabar.com

Warga kelompok UMKM binaan Pertamina membuat keripik bayam di Rumah kelompok kegiatan Joss Gandos, di Bantaran Sungai Jambangan, Kota Surabaya, Jawa Timur. Foto-Antara

Warga kelompok UMKM binaan Pertamina membuat keripik bayam di Rumah kelompok kegiatan Joss Gandos, di Bantaran Sungai Jambangan, Kota Surabaya, Jawa Timur. Foto-Antara

apahabar.com, JAKARTA – Program kemitraan PT Pertamina (Persero) terus bergeliat sekalipun di tengah wabah Virus Corona baru atau Covid-19.

Terbaru, BUMN migas ini menyalurkan bantuan permodalan sebesar 33,7 miliar hingga Maret 2020, kepada 402 UMKM yang tersebar di 13 provinsi.

Provinsi tersebut adalah Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, dan Gorontalo.

VP Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Fajriyah Usman dalam informasi tertulis yang diterima Antara di Jakarta, Jumat, menyampaikan bahwa bantuan permodalan dan perizinan serta sertifikasi UMKM ini merupakan bentuk kepedulian Pertamina terhadap permasalahan dunia usaha di tengah pandemik yang sedang dihadapi.

Baca juga :  Hipmikindo Kalsel Dorong UMKM Lewat Wawasan Kebangsaan

Dukungan diberikan kepada UMKM berbagai sektor yakni sektor industri, perdagangan, pertanian, peternakan, perikanan, jasa, dan perkebunan.

Selain permodalan, dukungan yang diberikan Pertamina kepada UMKM juga terkait bantuan perizinan dan sertifikasi untuk mendukung kelancaran usaha bagi 102 pelaku usaha yang tersebar di Sumatera Utara, Yogyakarta dan Jawa Tengah. Bantuan ini berupa kegiatan pendampingan perizinan meliputi PIRT, IUMK, serta pelatihan dan sertifikasi halal dan barcode produk.

“Bantuan permodalan dan pendampingan dalam Program Kemitraan Pertamina bertujuan untuk membantu UMKM agar tetap produktif, sekaligus membangun perekonomian lokal. Kami berharap bantuan ini dapat mendorong UMKM naik kelas dengan tetap mengembangkan bisnis mereka serta meningkatkan pendapatan dalam kondisi apapun,” ungkapnya.

Baca juga :  Baru 15 UMKM Batola Bersertifikat Halal

Fajriyah Usman juga menambahkan Program Kemitraan Pertamina bertujuan untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil agar lebih produktif, tangguh, dan mandiri. Selain modal, melalui program ini UMKM juga bisa mendapatkan fasilitas pelatihan, pembinaan, serta pendampingan usaha.

Menurutnya, upaya penguatan UMKM merupakan aspek penting dalam meningkatkan perekonomian. Untuk itu sebagai BUMN, Pertamina peduli terhadap keberlangsungan UMKM untuk tetap tumbuh dan berkembang di tengah tekanan terhadap dunia usaha akibat COVID-19. (Ant)

Editor: Fariz Fadhillah

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Ekbis

Erick Thohir Raih Penghargaan Marketing Terbaik 2019
apahabar.com

Ekbis

Mantap, Hingga Juni Pertamina Serap 116,9 MBCD Minyak Domestik
apahabar.com

Ekbis

Pemerintah Berupaya Mendorong Industri Karet Berkelanjutan
apahabar.com

Ekbis

Defisit Perdagangan RI di 2018 Catatkan Rekor Terburuk
apahabar.com

Ekbis

Ingin Mudik Naik Kapal, Simak Jadwal dan Harga Tiketnya!
apahabar.com

Ekbis

Hipmikindo Banjarbaru Gelar Pelatihan Sasirangan di Argo Edu Park Bumi Tangi
Melihat Rencana Erick Thohir Kelola Hotel BUMN di Satu Atap?

Ekbis

Melihat Rencana Erick Thohir Kelola Hotel BUMN di Satu Atap?
apahabar.com

Ekbis

Bisnis Burung Triliunan, Menkop Ajak Kicau Mania Berkoperasi