Usai Kios Pasar Kuripan Dibongkar, Pemkot Banjarmasin Incar Ruko dan TPS Veteran BMW M1 milik mendiang Paul Walker “Fast and Furious” Dilelang Rumdin Kepala Kemenag HSU Ambruk ke Air, Begini Nasib Penghuninya 2 Segmen Rampung, Jembatan Bailey Pabahanan Tala Sudah Bisa Dilewati Kenakan Sarung, Mayat Gegerkan Warga Ratu Zaleha Banjarmasin

Diresmikan Jokowi Jadi RS Darurat, Wisma Atlet Siap Tampung 3.000 Pasien

- Apahabar.com Senin, 23 Maret 2020 - 12:00 WIB

Diresmikan Jokowi Jadi RS Darurat, Wisma Atlet Siap Tampung 3.000 Pasien

Petugas mempersiapkan alat medis di RS Darurat Covid-19, kompleks Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta, Minggu (22/03). Foto-Antara

apahabar.com, JAKARTA – Rumah sakit darurat untuk penanganan Covid-19 di Wisma Atlet Kemayoran, DKI Jakarta secara resmi bisa digunakan per Senin (23/03).

Pemanfaatan rumah sakit darurat ini diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sedikitnya 3.000 tempat tidur sudah disiapkan untuk merawat pasien Covid-19.

“Saya juga melihat sarana prasarana telah siap baik untuk ruang penanganan pasien, baik ventilator semua sudah siap. APD juga siap. Sehingga kita harapkan, nanti sore RS darurat untuk corona ini telah bisa dipakai,” ujar Jokowi usai berkeliling di Tower 7 Wisma Atlet untuk meninjau kesiapan RS Darurat Corona, seperti dilansir apahabar.com dari republika.co.id, Senin (23/3).

Kendati begitu, Jokowi berharap rumah sakit darurat corona di Wisma Atlet ini tidak akan dipergunakan untuk merawat pasien. Ia masih berharap seluruh rumah sakit reguler yang disiagakan, terutama rumah sakit rujukan, masih mampu menampung dan merawat seluruh pasien Covid-19.

“Artinya, RS yang ada yang telah kita siapkan jauh hari sebelumnya telah bisa melaksanakan penanganan virus corona ini,” jelasnya.

Wisma Atlet Kemayoran memiliki kapasitas total sebanyak 24.000 orang. Secara umum, penggunaan rumah sakit darurat corona akan dibagi ke dalam tiga zona. Pertama, Zona Hijau adalah Tower 1. Zona ini akan diisi oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Hanya orang yang berkepentingan yang bisa memasuki daerah ini.

Kedua, Zone Kuning adalah Tower 3. Zona ini akan diisi oleh Dokter, Perawat dan Petugas Paramedis lainnya. Ketiga, Zone Merah adalah Tower 6-7 yang digunakan sebagai RS Darurat Penanganan Covid-19. Hanya mereka yang menggunakan APD lengkap yang bisa masuk ke zona ini selain pasien.

Dokter-dokter yang akan bekerja di sini gabungan dokter dari berbagai instansi, dari Kementerian Kesehatan, TNI/Polri, BUMN dan lain-lain.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan kriteria pasien yang dirawat di rumah sakit darurat Wisma Atlet yaitu yang memiliki gejala virus corona ringan. “Jadi yang gejalanya sudah ringan sebenarnya sudah tidak perlu di rumah sakit, bisa digeser ke sini,” kata Terawan dalam konferensi pers di Wisma Atlet, Ahad (22/3).

Dia menjelaskan dengan dijadikannya Wisma Atlet untuk merawat pasien corona ringan, rumah sakit rujukan dapat fokus menangani pasien virus corona dengan kondisi berat. Sebab, kata dia, karakteristik rumah sakit darurat di Wisma Atlet memiliki kemampuan untuk menampung pasien yang tidak sakit berat namun tetap butuh perawatan.(Rep)

Editor: Aprianoor

Editor: Kiki - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Tahu dan Tempe

Nasional

Tahu dan Tempe Hilang di Pasaran, Pedagang Pasrah
apahabar.com

Nasional

Ustaz Arifin Ilham Siapkan Kain Kafan Sebelum Wafat
apahabar.com

Nasional

Diduga untuk Pesta Akhir Tahun, Sabu 5 Kg Gagal Edar di Kalsel
apahabar.com

Nasional

Mardani H Maming Hadir di Acara Buka Puasa Bersama BPP HIPMI dan HIPMI Jaya
apahabar.com

Nasional

Banjir dan Longsor Menerjang, Aktivis Lingkungan Soroti Tambang Batu Bara
apahabar.com

Nasional

Tak Hanya Denda, Simpatisan FPI Juga Diberi Sanksi Kerja Sosial karena Langgar Prokes
apahabar.com

Nasional

85 Orang Positif Covid-19 di DIY Dinyatakan Sembuh
apahabar.com

Nasional

Asisten Terlibat Kepemilikan Kokain, Ivan Gunawan Diperiksa Polisi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com