BANJIR KALSEL: 2 Ribu Jiwa Mengungsi, Pasukan Khusus TNI Mendarat di Banjarbaru Jokowi Telepon Gubernur Soal Banjir Kalsel, Gak Kebalik Pak? Breaking News: Respons Jokowi Atas Banjir di Kalsel, Segera Kirim Perahu Karet Tak Ucapkan Dukacita, Habib Banua Tantang Presiden ke Kalsel Warga Banjiri IG Presiden Jokowi: Kalsel Juga Berduka Pakkk!!!

Galang Dana Untuk Tenaga Medis Corona

- Apahabar.com Jumat, 20 Maret 2020 - 16:47 WIB

Galang Dana Untuk Tenaga Medis Corona

Gotong royong donasi untuk tenaga medis corona. Foto-Humas BPJS Cabang Barabai for apahabar.com

apahabar.com, JAKARTA – BPJS Kesehatan, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Republika membuka penggalangan dana untuk membantu kebutuhan Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga medis.

Melalui Gerakan Gotong Royong Bantu Tenaga Kesehatan Cegah Corona (GEBAH CORONA), diharapkan penggalangan dana ini dapat mendorong masyarakat bergerak bersama untuk kemudian disumbangkan pada kepentingan tenaga kesehatan.

Launching GEBAH CORONA sudah dilakukan dan ditandangani oleh Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris, Ketua Umum PB IDI Daeng M Faqih, dan Pemimpin Redaksi Harian Republika Irfan Junaidi, Jumat (20/3).

“Saat ini petugas tenaga kesehatan di fasilitas kesehatan berjuang di garda depan dalam menangani wabah corona. Mereka melayani masyarakat tanpa kenal lelah, sehingga sudah seyogyanya kita turut bergerak menbantu sehingga mereka bisa bertugas dengan dilengkapi alat pelindung diri yang memadai agar kesehatannya terjaga,” kata Fachmi.

Masyarakat, lanjut Fahmi bisa memulai menyalurkan donasinya saat ini melalui transfer ke PT Republika Media Mandiri untuk Bank BCA nomor rekening 375.305.177-1 dan Bank Mandiri nomor rekening 127.00.9090909-2.

Karyawan BPJS Kesehatan seluruh Indonesia juga secara sukarela menyisihkan sebagian gajinya untuk GEBAH CORONA.

Dana itu langsung diserahkan ke Republika untuk dikelola.

“Kami harapkan dengan adanya sinergi dengan PB IDI dan Republika akan membantu menghadapi pandemi ini. Donasi ini nantinya akan disalurkan untuk tenaga medis di fasilitas kesehatan yang menangani virus corona di Indonesia, khususnya fasilitas kesehatan yang menjadi prioritas dan rentan,” ujar Fachmi.

Seperti yang diberitakan pada Kamis (19/3), jumlah pasien positif corona sudah mencapai 309 pasien.

Bertambahnya jumlah pasien positif corona tentu membutuhkan upaya besar untuk tenaga kesehatan dalam menangani pasien positif, termasuk yang suspek.

“Donasi ini bukan hanya sekedar materi, namun rasa peduli ini diharapkan dapat membantu dan mendukung tenaga medis untuk bekerja dengan semangat. Mari bergerak bersama, bergotong royong melewati pandemi corona ini,” kata Fachmi.

Sementara itu, Ketua Umum PB IDI Daeng M Faqih mengungkapkan, kondisi saat ini banyak tenaga medis Indonesia yang kekurangan APD.

Dukungan dari masyarakat dibutuhkan untuk menghadapi wabah ini, mengingat terbatasnya APD dan tenaga medis, sementara jumlah kasus akibat Covid-19 semakin tinggi.

“Tenaga medis saat ini memiliki risiko yang besar tertular. Selain dari pemerintah, dukungan masyarakat akan perlindungan tenaga medis harus kita bangun,” kata Daeng.

Hal senada juga diungkapkan oleh Pemimpin Redaksi Republika Irfan Junaidi.

Menurutnya, di tengah situasi bangsa yang seperti ini, Republika ingin sekali menjadi bagian dari solusi.

Sebagai saluran informasi, Republika telah menjalankan tugas untuk menyebar berita-berita penting soal perkembangan penyebaran corona ini.

Namun menurut Irfan, hal itu saja dirasa belum cukup. Republika ingin bersama BPJS Kesehatan dan IDI menjalankan aksi nyata yang bisa mencegah penyebaran corona.

Petugas Kesehatan, kata dia merupakan elemen penting yang harus diperhatikan.
Dengan inisiatif ini, Republika menyediakan diri menjadi saluran donasi untuk membantu para petugas kesehatan di lapangan supaya aman dan nyaman dalam menjalankan tugas menangani para pasien.

“Kita sangat berharap wabah ini segera berlalu dan masyarakat bisa kembali beraktivitas dengan tanpa rasa takut tertular virus Corona. Semoga ikhtiar kecil ini bisa menjadi sumbangan bagi Indonesia untuk lebih kuat mencegah penyebaran virus tersebut,” tutup Irfan.

Reporter: HN Lazuardi
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: rifad - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

PDI Perjuangan Banjarmasin

Kalsel

HUT ke-48, PDI Perjuangan Banjarmasin Angkat Isu Lingkungan
apahabar.com

Kalsel

Di Hadapan Ratusan Massa, DPRD Kalsel Janji Desak Presiden RI Cabut UU Omnibus Law
apahabar.com

Kalsel

Kawal Unjuk Rasa ARBAL, Personel Polda Kalsel Gelar Aksi Simpati
apahabar.com

Kalsel

Belasan Aduan Masuk BPSK Kalsel, Dominan Keluhan Konsumen Terkait Pembiayaan
apahabar.com

Kalsel

Kalsel Incar 10 Ribu Orang Jalani Test Swab, Tunggu Jadwalnya
apahabar.com

Kalsel

Polsek Tabunganen Ajak Warga Pakai Masker di Pasar Tradisional
apahabar.com

Kalsel

Rombongan Urusan Internasional Disetop Saat Susur Sungai

Kalsel

Saksi Dugaan Penganiayaan oleh Sekda Tala Diperiksa Polda Kalsel
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com