Ribuan Warga Terdampak Banjir Mengungsi di Masjid Al-Karomah Martapura Bantu Evakuasi Korban Banjir, Pemprov Kalteng Kirim Relawan ke Kalsel Legislator Kalsel: Banjir Dahsyat dan Longsor Akibat Alih Fungsi Hutan Meski Cedera, Messi Tetap Ingin Main di Final Piala Super Spanyol Bantu Korban Banjir Kalsel, Yayasan H Maming Kirim Bantuan

Harga Bahan Pokok Naik, Pasar Batuah Disidak

- Apahabar.com Jumat, 20 Maret 2020 - 18:02 WIB

Harga Bahan Pokok Naik, Pasar Batuah Disidak

Dandim 1006/Martapura Letkol Arm Siswo Budiarto bersama Kepala Disprindag Kabupaten Banjar, I Gusti Made Suryawati dan jajaran Koramil melakukan pantauan harga sembako kepada para pedagang di Pasar Batuah Martapura, Jumat (20/3). Foto-istimewa

apahabar.com, MARTAPURA – Dandim 1006/Martapura, Letkol Arm Siswo Budiarto bersama Kepala Disprindag Kabupaten Banjar, I Gusti Made Suryawati dan jajaran Koramil melakukan pantauan harga sembako di Pasar Batuah Martapura, Jumat (20/3).

Pemantauan secara intensif ke Pasar Batuah Martapura sebagai upaya menjaga stabilitas harga sembako di pasar-pasar tradisional.

Menurut Dandim Martapura, di tengah mewabahnya virus Corona ditambah makin dekatnya Ramadan, kenaikan bahan pokok rentan terjadi.

“Karena pada situasi seperti ini sangat rentan dimanfaatkan pihak tertentu dalam mengambil keuntungan sepihak,” ujar Dandim.

Berdasarkan hasil pemantauan, ada beberapa sembako yang harganya naik signifikan, terutama gula pasir dan bawang. Semula gula pasir per kilogram dijual sekira Rp 14 ribu, kini mencapai Rp 18 ribu.

“Juga bawang putih melonjak naik Rp 40 ribu per kilogram, ayam potong per ekor Rp 50 ribu juga naik,” jelas Dandim.

Pantauan di lapangan, kenaikan harga bermula dari pemasok bahan pokok, sehingga para pedagang mau tidak mau ikut menaikkan harga.

Dandim menegaskan kepada distributor,
apabila terdapat pelanggaran seperti penimbunan sembako, maka dirinya akan berkoordinasi dengan pihak Bulog, Polres Banjar serta pemerintah daerah, untuk melakukan tindakan tegas mengatasi oknum-oknum nakal tersebut.

“Danramil dan Babinsa sudah kita minta untuk terus berupaya melakukan pemantauan tempat penggilingan beras dan gabah petani di wilayah masing-masing, sehingga harga jual hasil pertanian mereka tetap sesuai dengan harga yang ada di pasar,” pungkas Dandim Martapura.

Menurut pengakuan Hj. Rahmani, pedagang sembako di Pasar Batuah, harga sudah naik sejak dari distributor kepada pedagang.

“Secara otomatis kami pedagang harganya juga naik,” kata Rahmani. Ia menuturkan kenaikan harga dinamis, tidak mesti hari ini saja.

“Nanti beberapa hari ke depan turun atau naik, tergantung mereka (penyuplai). Seperti bawang yang baru naik, tidak bersamaan dengan yang lainnya,” jelasnya.

Lebih lanjut Rahmani menjelaskan akibat beberapa bahan pokok naik, ia merasa sangat perihatin kepada warga.

“Kasihan pembeli belanja dengan harga mahal. Juga kami sebagai pedagang akan merugi karena dapat dipastikan penghasilan berkurang karena kemahalan,” ucapnya.

Sementara Kepala Dinasprindag Kabupaten Banjar, I Gusti Made Suryawati, mengatakan pihaknya terus melakukan pemantauan harga sembako. Menurutnya, kenaikan terjadi antara pedagang dan distributor.

“Kami akan menindak lanjuti hal tersebut. Ini ‘kan jelang puasa dan lebaran, ditambah lagi adanya imbauan pemerintah terkait Clvid -19,” kata Made.

Ia membeberkan saat bersama Dandim melakukan observasi ke gudang stok gula Benteng Asia Sejahtera, ditemui para petugas administrasi bahwa gula tidak ada keanaikan, yakni harga eceran tertinggi (HET) tetap Rp 15.800.

Reporter: Hendra Lianor
Editor: Puja Mandela

Editor: rifad - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kabupaten Banjar

Bupati Banjar Ikuti Rakor Nasional Bahas Pengendalian Covid-19, Simak Paparan Mahfud MD
Wabup Banjar

Kabupaten Banjar

Pantau Banjir, Wabup Banjar Bagi Seribu Dus Mi Instan
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Pemkab Banjar Nilai Penerapan Protokol Covid-19 di Rumah Ibadah Sudah Baik
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Serahkan di ‘Detik-detik Akhir’, KPU Banjar: Berkas Mada-Ferry Masih Dalam Perhitungan
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Selalu Tepat Waktu Bayar Listrik, Pemkab Banjar Dapat Penghargaan

Kabupaten Banjar

Banjir di Martapura, Air Perlahan Surut di Perumahaan Alam Sekumpul

Kabupaten Banjar

Eksekusi Lahan Selesai, Jalan Lingkar Mataraman–Sungai Ulin Kalsel Ditargetkan Selesai 2021
PKK

Kabupaten Banjar

Salurkan Bantuan, Ketua TP PKK Banjar Ingatkan 3M
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com