Resmi, Pekapuran Raya-Pemurus Dalam Zona Hitam Covid-19! H2 Juli, Kalsel Tambah Ratusan Kasus Baru Covid-19 Hore! Listrik Gratis Diperpanjang hingga September Tak Punya Izin, Pemkot Banjarmasin Kembalikan Rp 200 Juta ke Pengusaha Advertising Positif Corona, Belasan Karyawan RSUD Banjarmasin Terpaksa Diistirahatkan




Home Nasional

Minggu, 1 Maret 2020 - 21:29 WIB

Haul Abah Guru Sekumpul Memang Fenomenal, Ini Faktanya

Uploader - Apahabar.com

Jauh-jauh hari jemaah sudah memadati kawasa Sekumpul Martapura. Mereka salat, makan, mandi hingga nginap di tempat gratis yangtelah disediakan. Foto-apahabar.com/Rizal Khalqi

Jauh-jauh hari jemaah sudah memadati kawasa Sekumpul Martapura. Mereka salat, makan, mandi hingga nginap di tempat gratis yangtelah disediakan. Foto-apahabar.com/Rizal Khalqi

apahabar.com, MARTAPURA – Haul KH Muhammad Zaini Abdul Ghani atau Abah Guru Sekumpul menjadi pusat perhatian banyak kalangan. Tak salah jika haul ulama kharismatik itu disebut fenomenal.

Selain dihadiri ribuan jemaah dari berbagai kalangan, banyak masyarakat pun rela menyisihkan harta dan tenaga hanya untuk memuluskan jalannya haul ke-15. Tujuannya hanya satu untuk mendapatkan berkah.

Lalu apa saja fakta di balik haul Abah Guru Sekumpul yang masyhur? Berikut ulasan apahabar.com.

  1. Gratis Makan dan Minum

Pada peringatan haul Abah Guru Sekumpul, jemaah haul tak perlu khawatir kelaparan. Di sepanjang jalan mulai Kecamatan Gambut sampai dengan di tempat Sekumpul, Martapura banyak relawan yang membagikan makanan dan minuman secara gratis.

  1. Jumlah Relawan Fantastis

Sebagai seorang ulama kharismatik, nyatanya haul Abah Guru Sekumpul menjadi magnet bagi orang untuk datang memperingati haulnya. Tak terkecuali para relawan yang datang dari berbagai elemen masyarakat dan pemerintah untuk membantu pelaksanaan haul berjalan lancar. Pada haul ke 15 tahun 2020 kali ini, jumlah relawan diketahui kurang lebih 30.000 ribu orang partisipan, jumlah yang besar dalam skala haul.

  1. Jemaah Membludak
Baca juga :  Mendikbud: Pendidikan Jarak Jauh Dapat Dipermanenkan

Tak dipungkiri, haul Abah Guru Sekumpul begitu fenomenal. Jumlah jemaah haul yang datang di setiap peringatan haulnya dari tahun ke tahun selalu bertambah dan membuat daerah Sekumpul, Martapura dijejali manusia.

  1. Jemaah Luar Kota Berjubel Datang

Tak hanya jemaah asal Kalimantan Selatan, Haul Abah Guru Sekumpul juga dihadiri dari luar kota seperti Kaltim, Kalbar, Kalteng, Pulau Jawa, Sumatera dan bahkan manca negara. Tak ayal, Kalsel menjadi destinasi wisata religi di setiap tahun oleh jemaah berasal luar kota.

  1. Penginapan Gratis

Untuk memfasilitasi jemaah yang jumlahnya fantastis, banyak dari masyarakat Kabupaten Banjar, khususnya dekat Sekumpul membuka penginapan secara gratis untuk menampung para tamu haul Abah Guru Sekumpul.

  1. Macet

Jumlah volume kendaraan baik roda dua dan roda empat yang masuk ke Kabupaten Banjar pada peringatan Haul Abah Guru Sekumpul selalu padat. Ini membuat macet baik saat datang maupun pulang.

  1. Menarik Ulama Luar Negeri & Tokoh Datang
Baca juga :  Mendikbud: Pendidikan Jarak Jauh Dapat Dipermanenkan

Dalam setiap kesempatan haul Abah Guru Sekumpul selalu menarik perhatian. Sehingga tak sedikit para ulama dan tokoh negeri datang. Ini menarik perhatian ulama dari mancanegara datang ke haul Abah Guru Sekumpul.

  1. Sampah Menumpuk

Pada kegiatan yang mendatangkan jumlah orang banyak. Haul Abah Guru Sekumpul juga diwarnai dengan tumpukan sampah seusai haul. Namun ini dapat teratasi oleh relawan yang sikap dan cepat membersihkan tumpukkan sampah jemaah.

Masih banyak fakta-fakta yang ada pada saat peringatan Haul Abah Guru Sekumpul. Sebagai Ulama kharismatik, Abah Guru Sekumpul sudah menjadi magnet luar biasa mengumpulkan umat muslim dalam satu tempat yaitu Sekumpul.

Baca Juga: Trafo Meledak, Tayangan Haul Guru Sekumpul di Pemkot Banjarmasin Mendadak Putus

Baca Juga: Posko Puskesmas Telaga Bauntung Tangani Ratusan Jemaah Haul Guru Sekumpul

Reporter: Ahya Firmansyah
Editor: Syarif

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

TNI-AU Bantah Halangi Pesawat Prabowo
apahabar.com

Nasional

Perpres Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan Berpotensi Digugat Kembali
apahabar.com

Nasional

Ribuan Mahasiswa UNJ Jalan Kaki Menuju Senayan
apahabar.com

Nasional

Kepala Bappenas: Pemindahan Ibu Kota Tambah Nilai Ekonomi di Sektor Nontradisional
apahabar.com

Nasional

Alasan Polisi Masih Tahan Lucinta Luna di Sel Khusus
apahabar.com

Nasional

Cegah Radikalisme, Jokowi Dorong Pengembangan Pendidikan Modern
apahabar.com

Nasional

Gubernur Kaltim Bergeming, ‘Dirayu’ Al-Jazeera soal Lokasi Ibu Kota
apahabar.com

Nasional

Batas Indonesia-Malaysia di Sebatik Diukur Ulang
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com