Kebakaran Jalan Manggis, Los Bedakan Diduga Sengaja Dibakar Sopir di Banjarmasin Setop Logistik ke Palangka Raya, Ada Apa? Resmi, Batola Laksanakan PSBB Jilid Kedua Horee, Insentif Tenaga Medis di Banjarmasin Segera Dibayar Kebakaran Jalan Manggis, Korban Tinggal Baju di Badan




Home Tak Berkategori

Selasa, 24 Maret 2020 - 15:53 WIB

Hingga Selasa, 71 Pasien Covid-19 Dirawat di RS Darurat Wisma Atlet

nazmudin - Apahabar.com

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 yang juga Ketua BNPB Doni Monardo di Graha BNPB, Jakarta, Jumat (20/03). Foto-Antara/Aprillio Akbar/aa.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 yang juga Ketua BNPB Doni Monardo di Graha BNPB, Jakarta, Jumat (20/03). Foto-Antara/Aprillio Akbar/aa.

apahabar.com, JAKARTA – Ketua Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo mengatakan hingga Selasa siang ini terdapat 71 pasien positif Covid-19 yang dirawat di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat.

Sejak dibuka pada Senin (23/03) sore, sebanyak 102 pasien sudah mendaftarkan diri untuk dirawat di Wisma Altlet, dengan rincian 71 dirawat di Wisma Atlet dan 31 orang lainnya dipulangkan karena didiagnosa dalam keadaan sehat.

“Yang dirawat sebanyak 71 orang dan dua dijadwalkan ke RSPAD (Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat) karena kondisinya kurang begitu baik,” ujar Doni melalui telekonferensi pers, usai rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) dari Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (24/03).

“Kemudian yang dipulangkan sebanyak 31 orang, menurut data yang berhasil dihimpun petugas mereka dalam kondisi sehat,” jelas Doni.

Wisma Atlet diresmikan sebagai RS Darurat Covid-19 pada Senin (23/3) oleh Presiden Jokowi. RS darurat Wisma Atlet memiliki kapasitas untuk keseluruhan sebanyak 12 ribu orang. Namun untuk tahap pertama, jumlah kapasitas di Wisma Atlet yang akan disiapkan sebanyak 3.000 orang.

Baca juga :  Durian Juara Akan Dikembangkan di Lahan 100 Hektar

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto sebelumnya menekankan Rumah Sakit Darurat di Wisma Atlet Kemayoran diperuntukkan bagi pasien positif Covid-19 yang telah diperiksa melalui metode pemeriksaan antigen (polymerase chain reaction/ PCR).

“Pemerintah hanya akan merawat kasus-kasus positif yang dibuktikan dengan hasil pemeriksaan antigen. Itu yang perlu kita masukkan ke rumah sakit (RS Darurat di Wisma Atlet Kemayoran, red.),” kata dia di Gedung BNPB Jakarta, Senin (23/03).

Sementara, Kementerian BUMN menjelaskan pasien positif Covid-19 yang dirawat di Wisma Atlet adalah pasien dengan gejala sedang. Sedangkan pasien dengan gejala ringan, dianjurkan untuk melakukan isolasi mandiri di rumah.

“Nanti begini metodenya, orang-orang yang dinyatakan positif tetapi masih sehat (tidak menunjukkan gejala penyakit, red), mereka bisa isolasi di rumah. Namun, yang agak parah tetapi bisa dikondisikan masuk Wisma Atlet. (Pasien) yang parah sekali masuk RS Pertamina Jaya,” kata Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Mahendra Sinulingga lewat sesi jumpa pers di Graha BNPB, Jakarta, Selasa.

Baca juga :  Yuk, ke Festival Danau Toba

Menurut dia, langkah itu perlu dilakukan karena tenaga medis dan fasilitas laboratorium masih terbatas apabila nantinya jumlah pasien mencapai 8.000 orang -angka tertinggi yang diprediksi sejumlah penelitian.

Adapun hingga Senin (23/03), terdapat 579 kasus pasien positif COVID-19 di Indonesia, dengan 30 pasien dinyatakan sembuh, dan 49 pasien meninggal dunia.(Ant)

Editor: Aprianoor

CATATAN REDAKSI: Berita ini semata demi meningkatkan kewaspadaan publik mengenai prosedur antisipasi pencegahan virus SARS-Cov-2. Jika Anda merasakan gejala batuk-batuk, demam, dan lainnya serta ingin mengetahui informasi selanjutnya silakan hubungi Hotline Dinas Kesehatan Kalsel 082157718672 atau ke nomor 082157718673.

Share :

Baca Juga

Tak Berkategori

Kristen Stewart at the Toronto Film Festival 2015
apahabar.com

Tak Berkategori

HPSN 2020 di Tanbu, Ratusan Pohon Ditanam di Pesisir Pantai
apahabar.com

Tak Berkategori

Syekh Samir Al Nafar Beri Motivasi Anak-Anak Penghafal Alquran
apahabar.com

Tak Berkategori

Bantu PMI, BKPRMI Banjarmasin Gelar Aksi Donor Darah
apahabar.com

Tak Berkategori

Akhirnya Jokowi Larang Masyarakat Mudik
apahabar.com

Tak Berkategori

Tak Tergeser, KH Hamdani Pimpin MUI Tapin untuk Ketiga Kali

Tak Berkategori

Apple Watch Climbs the List of the Top Wearable Gadgets

Nasional

Pelaku Pembunuhan Mayat di Dalam Drum Tertangkap!