Siap-Siap, Ditlantas Polda Kalsel Bakal Uji Coba Tilang Elektronik Usai Banjir Siapkan Hunian Layak, Polda Kalteng Bangun Rusun Bagi Anggota BPPTKG: Volume Kubah Lava Merapi Masih Tergolong Kecil Sedikit Surut, Puluhan Rumah di Martapura Masih Terendam Banjir Tahap 3, Belasan Koli Vaksin Covid-19 Tiba di Kalsel

Imbas Covid-19, Dua Sejoli di Banjarbaru Tunda Resepsi Pernikahan

- Apahabar.com Selasa, 24 Maret 2020 - 11:54 WIB

Imbas Covid-19, Dua Sejoli di Banjarbaru Tunda Resepsi Pernikahan

Ilustrasi. Foto-net

apahabar.com, BANJARBARU – Imbas mewabahnya virus Corona (Covid-19), dua sejoli ini harus rela menunda resepsi pernikahan yang tinggal hitungan jari.

“Saya sudah menyiapkan pernikahan sejak akhir Desember 2019 lalu. Sesuai hitungan orang Jawa, saya dapat hari Sabtu tanggal 4 april 2020 di mana seharusnya pagi saya melakukan akad dan siangnya langsung resepsi. Namun resepsi ditunda dulu,” ujar Kusuma kepada apahabar.com, Selasa (24/3) pagi.

Hal ini mereka lakukan tidak lain karena mengikuti anjuran atau intruksi pemerintah terkait pencegahan penyebaran virus Covid-19 dengan larangan mengumpulkan massa yang salah satunya ialah resepsi pernikahan.

“Waktu itu belum heboh virus Covid-19, belum masuk ke Indonesia apalagi Banjarbaru. Tapi ternyata semakin ke sini, hingga akhirnya keluar imbauan Kapolri tersebut, lalu saya bersama calon berembuk dengan keluarga kedua pihak mencari solusi dan penundaan resepsi adalah keputusan terbaik,” jelasnya.

Meski resepsi bakal ditunda, namun ia tetap melangsungkan akad nikah secara privat atau hanya keluarga.

“Akhirnya akad terlebih dahulu dengan tidak banyak orang, kemudian resepsi akan digelar kemudian hari nantinya hingga situasi sudah kondusif,” bebernya.

Diungkapkannya, penundaan resepsi yang belum tahu sampai kapan ini, tentu mengubah beberapa perencanaan yang sudah dibuat sebelumnya.

“Padahal sudah semua persiapan hampir 100 persen, hanya tinggal pelaksanaan acara. Bahkan undangan sudah disebar sebagian beberapa waktu terakhir,” terangnya.

Selain itu katering makanan juga semua sudah siap, namun harus dibatalkan demi turut aktif dalam pemutusan rantai virus Covid-19.

“Ketering juga sudah dibayar semua tapi akhirnya harus di-cancle untung saja masih bisa dinegosiasi dengan pihak tersebut agar bisa ditunda,” ucapnya.

Tapi, lanjut Kusuma, demi kepentingan bersama. Ia bersama calon memaklumi.

“Lagi pula kebetulan calon saya dari aparat sehingga harus mematuhi aturan tersebut sebagai contoh masayarakat,” pungkasnya.

Sementara itu, Kapolres Banjarbaru AKBP Doni Hadi Santoso, melalui Kasubbag Humas Polres Banjarbaru AKP Siti Rohayati Sap juga telah menyampaikan bahwa untuk sementara kegiatan mengumpulkan massa ditunda terlebih dulu.

“Untuk sekarang berdasarkan perintah Kapolri dan pemerintah mohon ditunda dulu. Kita harus hargai dan hormati (kebijakan), demi kebaikan serta kepentingan bersama,” ujar Siti kepada media ini baru saja.

Untuk diketahui, pada 19 Maret lalu, telah dikeluarkan Maklumat Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia ber Nomor: Mak/ 2 /11/2020 Tentang
Kepatuhan Terhadap Kebijakan Pemerintah
Dalam Penanganan Penyebaran Virus Corona (Covid-19) yang pada poin (a) berbunyi :

Tidak mengadakan kegiatan sosial kemasyarakatan yang menyebabkan berkumpulnya massa dalam jumlah banyak, baik di tempat umum maupun di lingkungan sendiri, yaitu:

1) pertemuan sosial, budaya, keagamaan dan aliran kepercayaan dalam bentuk seminar, lokakarya, sarasehan dan kegiatan lainnya yang sejenis;
2) kegiatan konser musik, pekan raya, festival, bazaar, pasar malam, pameran, dan resepsi keluarga;
3) kegiatan olah raga, kesenian, dan jasa hiburan;
4) unjuk rasa, pawai, dan karnaval; serta
5) kegiatan lainnya yang menjadikan berkumpulnya massa.

apahabar.com

Maklumat Kapolri. Foto-Istimewa

Reporter : Nurul Mufidah
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Sekdaperov Kalsel Motivasi Peserta Diklatpim IV Angkatan ke-35
apahabar.com

Kalsel

Sungai Mataraman Meluap, Rendam Desa Tanah Habang Hingga Satu Meter
apahabar.com

Kalsel

Harga Telur Ayam di Banjarmasin Turun, Pedagang Antasari: Stok Melimpah
apahabar.com

Kalsel

Keluarga Pasrah, Farid Nekat Gelapkan Motor Diduga Gara-Gara Ini
apahabar.com

Kalsel

Sosok Fitria, Ibu Muda Korban Pembunuhan Sadis di Kintap Tala di Mata Tetangga
apahabar.com

Kalsel

Imbas Pelebaran Jalan, Tiga Desa Di Alalak Krisis Air
apahabar.com

Kalsel

Sesekali Berkicau, ‘Hercules’ Merajai PDAM Cup
apahabar.com

Kalsel

Antisipasi Kluster Perkantoran, Jam Kerja ASN di Tabalong Sistem Shif
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com