Usai Kios Pasar Kuripan Dibongkar, Pemkot Banjarmasin Incar Ruko dan TPS Veteran BMW M1 milik mendiang Paul Walker “Fast and Furious” Dilelang Rumdin Kepala Kemenag HSU Ambruk ke Air, Begini Nasib Penghuninya 2 Segmen Rampung, Jembatan Bailey Pabahanan Tala Sudah Bisa Dilewati Kenakan Sarung, Mayat Gegerkan Warga Ratu Zaleha Banjarmasin

Jokowi: 105 Ribu APD untuk Tenaga Medis Segera Didistribusikan

- Apahabar.com Senin, 23 Maret 2020 - 12:03 WIB

Jokowi: 105 Ribu APD untuk Tenaga Medis Segera Didistribusikan

Presiden Joko Widodo. Foto-Antara

apahabar.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pemerintah segera mendistribusikan 105 ribu alat pelindung diri (APD) bagi para tenaga medis yang menangani pandemi Covid-19.

“Pada Sabtu (21/03) kemarin, kita telah siapkan lagi 105 ribu APD yang pada hari ini akan didistribusikan ke seluruh rumah sakit di Tanah Air,” kata Jokowi melalui video conference dari RS Darurat Covid-19, Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/03).

Kepala Negara menjelaskan saat ini sebanyak 180 negara yang terjangkit Covid-19 saling berkompetisi untuk mendapatkan pasokan APD dan juga alat-alat kesehatan lainnya.

Namun, Indonesia telah mendapatkan tambahan pasokan sebanyak 105 ribu unit yang akan langsung didistribusikan ke berbagai wilayah Tanah Air yang memiliki kasus positif infeksi SARS-CoV-2.

“Masih banyak keluhan soal kelangkaan APD. Perlu saya sampaikan sekarang ini 180 negara semuanya berebut untuk mendapatkan, baik itu APD, baik itu masker, baik itu sanitizer (cairan pembersih), dan kita alhamdulillah, pada Sabtu kemarin kita telah siapkan lagi 105 ribu APD,” ujar dia.

Pemerintah mendistribusikan APD paling banyak untuk DKI Jakarta, Bogor dan Banten dengan total 45 ribu unit. Kemudian, 40 ribu unit lainnya dibagikan untuk Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta dan Bali.

Selanjutnya 10 ribu unit APD lainnya didistribusikan keluar Pulau Jawa dan Bali.

“Serta 10 ribu APD lainnya sebagai cadangan,” ujar dia.

Jokowi, Senin pagi, meninjau kesiapan Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, untuk menjadi Rumah Sakit Darurat Covid-19.

Presiden Jokowi tiba di Wisma Atlet pukul 09.03 WIB dan disambut Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Presiden langsung memasuki salah satu menara di Wisma Atlet yang akan difungsikan untuk merawat pasien Covid-19.

Kepala Negara kemudian meninjau berbagai fasilitas kesehatan untuk penanganan pasien Covid-19, seperti instalasi ruang gawat darurat, ruang inap pasien, dan juga alat-alat kesehatan seperti ventilator, dan juga Alat Pelindung Diri bagi perawat dan dokter.

Wisma Atlet memiliki kapasitas rawat inap hingga 24 ribu orang. Namun dalam tahap awal, kapasitas yang akan disiapkan untuk merawat pasien Covid-19 baru untuk 3000 orang.

Adapun total pasien positif Covid-19 hingga Minggu (22/03), 514 orang, sedangkan jumlah yang meninggal dunia 48 orang, dan jumlah pasien yang dinyatakan sembuh menjadi 29 orang.(Ant)

Editor: Aprianoor

Editor: Kiki - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Pangeran Charles Positif Virus Corona
apahabar.com

Nasional

Pengusaha Minta Jokowi Reformasi Segala Bidang
apahabar.com

Nasional

Djoko Tjandra Ditangkap di Malaysia!
apahabar.com

Nasional

DPR: Segera Ajukan RUU, Supaya Pemindahan Ibu Kota Tak Sekadar Wacana
apahabar.com

Nasional

Partai Demokrat Tolak RUU Cipta Kerja, Ini Kata AHY
apahabar.com

Nasional

Pakar Antropologi Khawatirkan Pergeseran Peran Kelompok Etnis di Kaltim
apahabar.com

Nasional

PGRI Pastikan Tak Bergabung dengan POP Garapan Kemendikbud
Vaksin

Nasional

Dinkes Pastikan Bupati Sleman Positif Covid-19 Tak Terkait Vaksin
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com