Drama #SAVEKPK di Banjarmasin, Supian HK Dicari-cari Mahasiswa Kalsel Memanas! Aksi #SAVEKPK di Banjarmasin Diwarnai Saling Dorong BREAKING! Banjiri Kamboja Banjarmasin, Massa #SAVEKPK Long March ke DPRD Kalsel Duduk Perkara Heboh Piton Patuk Majikan di Q-Mall Banjarbaru Gugatan Jilid II H2D ke MK Siang Ini, Denny Gandeng Lawyer “Level Dewa”

Jubir: 11 Pasien Diduga Terinfeksi Virus Corona di Indonesia

- Apahabar.com Sabtu, 7 Maret 2020 - 18:19 WIB

Jubir: 11 Pasien Diduga Terinfeksi Virus Corona di Indonesia

Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Achmad Yurianto yang juga juru bicara pemerintah untuk penanganan virus Corona memberikan keterangan pers di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (06/03). Foto: Antara/Hafidz Mubarak A

apahabar.com, JAKARTA – Juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19 Achmad Yurianto mengatakan bahwa hingga Sabtu (07/03) siang, total ada 11 pasien yang diduga terserang virus corona baru atau Covid-19 di Indonesia.

Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan itu menjelaskan bahwa satu dari 11 pasien yang diduga terserang Covid-19 pernah berhubungan dengan pasien dalam kasus pertama Covid-19 yang tinggal di Depok, Jawa Barat.

“Di Bandung itu adalah bagian dari klaster nomor 1. Dan sampai saat ini masih suspect (diduga terserang),” katanya di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Sabtu.

“Dia close contact (kontak dekat) dengan pasien nomor 1,” ujarnya menambahkan.

Spesimen pasien yang dinyatakan sebagai suspect Covid-19 akan diperiksa menggunakan metode Polymerase Chain Reaction (PCR) dan Genome Sequencing untuk memastikan apakah dia positif terserang penyakit tersebut.

Yurianto mengatakan bahwa sebagian dari 11 pasien yang diduga terserang Covid-19 merupakan bagian dari klaster kasus Covid-19 yang pertama dan kedua di Indonesia. Di antaranya juga ada satu anak buah Kapal Diamond Princess. Yurianto tidak menyebutkan di rumah sakit mana 11 pasien itu menjalani perawatan.

Ia menjelaskan pula bahwa kondisi kesehatan pasien dalam kasus 1 dan 2 terus membaik. Keduanya tinggal menjalani pemeriksaan laboratorium. Jika dua kali pemeriksaan laboratorium menunjukkan mereka bebas dari infeksi virus corona maka mereka akan diperbolehkan pulang.

Kondisi kesehatan pasien ke-3 dan ke-4 yang dinyatakan positif Covid-19 pada Jumat (11/3), menurut dia, juga membaik. “Sementara kasus 3 dan 4 yang baru kita sama-sama sampaikan kembali sekarang ini sudah tidak panas lagi. Pilek juga sudah tidak terlalu parah, juga sudah jarang-jarang, batuk juga berkurang. Mudah-mudahan dalam perawatan lebih lanjut dua orang terakhir ini tiga dan empat akan menjadi baik,” katanya.(Ant/Rep)

Baca Juga: Ditutup karena Corona, Betlehem Bagaikan Kota Hantu

Baca Juga: Menu Baru Cafe Rumah The PanasDalam, Bir Pletok Pas ‘Musim Corona’

Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Masyarakat Meulaboh Ziarahi Kubur Korban Tsunami
apahabar.com

Nasional

Tsunami Banten, Tidak Dipicu oleh Gempa Bumi
apahabar.com

Nasional

Jokowi Serahkan 2.576 Sertifikat Tanah di Bireuen Aceh
apahabar.com

Nasional

TKN: Jokowi Dapat Kartu Truft pada Debat Pamungkas
apahabar.com

Nasional

Jadi Komisaris Utama Pertamina, Berapa Gaji Ahok?
apahabar.com

Nasional

Tol Layang Pertama di Makassar Rampung Juni 2020
apahabar.com

Nasional

Polda Kalsel Berduka: Terima Kasih Brigadir Pol Arie.!! Jasamu Dikenang
apahabar.com

Nasional

Luwu Timur Diguncang Gempa 3,5 SR
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com