Blak-blakan Walhi Soal Biang Kerok Banjir Kalsel BREAKING NEWS: Usai Pasukan Katak, Giliran Paskhas Mendarat di Kalsel Meletus! Gunung Semeru Luncurkan Awan Panas Sejauh 4,5 Kilometer Edan! 2 Pria Pembawa Sabu 11 Kg Tertangkap di Duta Mall Licin, Bos Travelindo Terduga Penipu Jemaah DPO Sejak Tahun Lalu

Jubir: Jumlah Terinfeksi Corona Masih akan Terus Meningkat

- Apahabar.com Kamis, 19 Maret 2020 - 05:00 WIB

Jubir: Jumlah Terinfeksi Corona Masih akan Terus Meningkat

Jubir khusus virus corona Achmad Yurianto mengungkap corona bukan penyakit yang berbasis daerah melainkan pergerakan. Foto-Antara/Sigid Kurniawan

apahabar.com, JAKARTA – Akserelasi penambahan jumlah orang yang terinfeksi virus corona di Indonesia terus meningkat.

Dalam satu hari ini saja, Rabu (18/03), terjadi peningkatkan jumlah kasus positif Covid-19 sebanyak 55 orang. Artinya, total ada 277 kasus positif Covid-19 di Indonesia dengan jumlah kematian menjadi 19 orang dan pasien yang sembuh sebanyak 11 orang.

“Memang saat ini sedang akselerasi untuk menjadi semakin naik jumlah penderita. Ini kita maklumi dan menjadi gambaran yang lazim di beberapa negara lain terkait fase-fase awal dari munculnya kasus positif Covid-19,” kata juru bicara pemerintah dalam penanganan Covid-19, Achmad Yurianto, dalam keterangan pers seperti dilansir republika.co.id, Rabu (18/03).

Yuri beranggapan bahwa kenaikan jumlah kasus positif Covid-19 yang signifikan dalam beberapa waktu mendatang merupakan pola yang lazim terjadi di negara lain pada fase awal penyebaran Covid-19. Malah, Yuri memprediksi Indonesia akan menghadapi jumlah penderita Covid-19 yang makin bertambah pesat, tetapi diharapkan rentang waktunya tidak terlalu lama.

“Diharapkan pada April (2020) kita sudah melihat hasilnya dan kita berharap ini sudah mulai terkendali. Tapi, saat sekarang memang betul sedang naik karena kontak tracing kita melakukan secara intens sehingga kita menemukan semakin banyak kasus ini,” kata Yuri.

Penambahan pasien positif Covid-19, menurut Yuri, disebabkan dua hal. Pertama adalah tracing atau penelusuran terhadap siapa pun orang yang sempat melakukan kontak langsung dengan pasien positif Covid-19 gencar dilakukan. Kedua, ujar Yuri, makin tinggi kesadaran masyarakat untuk secara mandiri memeriksakan diri.

“Ini sebuah tantangan besar kita. Kesadaran masyarakat semakin meningkat. Tentunya sarana fasilitas agar mereka bisa dicek melalui lab bisa kita tingkatkan,” katanya.(Rep)

Editor: Aprianoor

Editor: rifad - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Indonesia Pengirim Jemaah Umrah Terbanyak Kedua di Dunia
apahabar.com

Nasional

Pemerintah Segera Lakukan Tes Cepat dan Siapkan Jutaan Obat
apahabar.com

Nasional

Kasasi Dikabulkan MA, Walhi Minta PT MCM Angkat Kaki dari Meratus
apahabar.com

Nasional

Edo TS Meninggal, Baim Wong Sempat Tak Percaya
apahabar.com

Nasional

Ribuan Anak Singkawang Sudah Miliki KIA, Intip Fungsinya
apahabar.com

Nasional

Top, Dokter di Makassar Gelar Cukur dengan Protap Covid-19
apahabar.com

Nasional

Daripada Rektor Asing, Pengamat: Berdayakan Putra Bangsa Saja
apahabar.com

Nasional

Hukum Mati LGBT di Brunei, Inggris Minta Warganya Tak Diganggu
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com