Tak Seberuntung THM, Pembukaan Siring Pierre Tendean Ditunda Lagi Benarkah Depresi? Ibu Terduga Pembunuh Anak Kandung di Batu Benawa HST di Mata Warga Suami Ibu Terduga Pembunuh 2 Anak di Benawa HST Dikenal Penanambaan KPK OTT Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna Dampak Libur Panjang, Banjarbaru Kembali Zona Merah!

Keliling Daerah, Paman Birin Kejutkan Bupati Tapin

- Apahabar.com Selasa, 31 Maret 2020 - 14:16 WIB

Keliling Daerah, Paman Birin Kejutkan Bupati Tapin

Gubernur Sahbirin Noor mengunjungi kepala daerah se-Kalimantan Selatan di tengah wabah Covid-19. Dini hari tadi giliran Kabupaten Tapin yang disambangi sang gubernur. Foto-Istimewa

apahabar.com, RANTAU – Gubernur Sahbirin Noor mengunjungi kepala daerah se-Kalimantan Selatan di tengah wabah Virus Corona penyebab Covid-19.

Langkah itu diambil gubernur yang akrab disapa Paman Birin itu guna merapatkan barisan. Termasuk melakukan evaluasi terkait penanganan virus menular itu. Dini hari tadi giliran Kabupaten Tapin yang disambangi sang gubernur.

“Tadi malam tidak kita duga ada kunjungan Bapak gubernur. Kemudian atas hasil kunjungan beliau itu tidak lain dalam rangka evaluasi pengarahan dan petunjuk yang diberikan kepada semua bupati dan wali kota se-Kalimantan Selatan termasuk Kabupaten Tapin. Ini berkaitan dengan Covid-19,” ujar Arifin usai persiapan rencana penyemprotan serentak, Selasa (31/3), di Lapangan Dwi Dharma Rantau diwawancarai apahabar.com.

“Pada intinya intansi, forum koordinasi kepala daerah (forkopimda) bisa merapatkan diri, bisa bekerja sama melakukan tindakan yang nyata dan penanggulangan,” sambungnya.

Maksud Arifin penanggulangan itu adalah respons atas penyebaran Virus Covid-19. Saat ini Tapin masih dalam tahap pencegahan.

Diharapkannya virus itu tak sampai masuk ke Bumi Ruhui Rahayu dan menjangkiti warganya.

Malam tadi, tebersit harapan dari benak bupati kepada warganya agar menaati segala aturan pencegahan penularan Covid-19.

Tak pandang bulu, seluruh warga dimintanya untuk menghindari tindakan yang sifatnya merugikan diri sendiri dan orang sekitar.

“Saran dari Pak Gubernur juga di mana pun. Mau naik ke rumah misalnya harus cuci tangan dahulu,” Arifin menyampaikan.

“Pada intinya beliau memberi arahan itu jangan sampai Tapin, kota kecil tapi lebih besar masalahnya dari kota besar,” cerita Arifin saat berdialog dengan Paman Birin di rumah dinasnya, sekitar pukul 02.30 itu.

Kondisi Tapin terkait Covid-19, kata Arifin, 302 orang sedang dipantau. Semuanya datang dari luar daerah. Ada juga yang baru kembali dari pertemuan Ijtima Jemaah Tabligh yang dibatalkan di Gowa, Sulawesi Selatan.

“Kemudian masyarakat kita ada yang ziarah, dan karyawan yang mondar-mandir pulang ke Jawa, itu yang kita pantau,” terang Arifin.

Dari data terbaru Dinas Kesehatan Tapin, ODP bertambah jadi 41 orang. Sementara 326 masuk dalam observasi Covid-19.

Istilah ODO atau orang dalam observasi tahapan di mana sebelum berstatus ODP. Apabila didapati keluhan sakit maka statusnya akan ODP.

“Ada yang melaporkan diri secara sadar dan ada pula yang harus disusur yang tadi kada (tidak) sadar,” jelasnya.

Dari keterangan Alfian, anggota puskesmas di Tapin sampai saat ini mendata warga yang datang dari luar daerah.

“Intinya, dari manapun sumbernya kawan-kawan di puskesmas itu, pokoknya didatanginya apakah orang itu sadar lapor atau kada lapor,” jelasnya

Reporter: Muhammad Fauzi Fadillah
Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Perdana, Pelukis Banua Hadirkan Pameran Tunggal “Suluk: Journey to Indepth Memory”
Perayaan-Cap-Go-Meh-di-Suci-Nurani-Banjarmasinwa

Kalsel

Catatan Sejarah (2); Erat Kaitan dengan Sultan Banjar, Strategi Tionghoa Menetap di Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

FKMKB Siap Gelar Dialog Publik Bersama Bapaslon Bupati Banjar
apahabar.com

Kalsel

Waspada Karhutla, Intip Peringatan Dini BMKG Hari Ini
apahabar.com

Kalsel

Langgar Protokol Kesehatan, Ratusan Orang di Banjarbaru Disanksi!
apahabar.com

Kalsel

Punya Empat Pengajian, Warga Purwosari Baru Minta Perbaikan Jalan
apahabar.com

Kalsel

Pernah Buat Paman Birin Berteriak, Pecatur Muda Asal HST Ini Kembali Tampil Maksimal
apahabar.com

Kalsel

Dipindahkan, Belasan Napi di Banjarmasin Jalani Rapid Test
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com