Ribuan Warga Terdampak Banjir Mengungsi di Masjid Al-Karomah Martapura Bantu Evakuasi Korban Banjir, Pemprov Kalteng Kirim Relawan ke Kalsel Legislator Kalsel: Banjir Dahsyat dan Longsor Akibat Alih Fungsi Hutan Meski Cedera, Messi Tetap Ingin Main di Final Piala Super Spanyol Bantu Korban Banjir Kalsel, Yayasan H Maming Kirim Bantuan

Kronologi Pengungkapan 2 Pasien Baru Positif Corona

- Apahabar.com Jumat, 6 Maret 2020 - 19:34 WIB

Kronologi Pengungkapan 2 Pasien Baru Positif Corona

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kalimantan Selatan tampaknya makin gencar menelusuri orang-orang yang terindikasi terinfeksi virus Corona. Terbukti pada sore ini ada tambahan 15 kasus Covid-19. Foto sebagai ilustrasi: Istimewa

apahabar.com, JAKARTA – Dua orang dinyatakan positif terinfeksi virus Corona. Jadi saat ini, jumlah pasien positif covid-19 di Indonesia menjadi 4 orang. Dua orang ini terkait dua pasien positif Corona sebelumnya.

Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus Corona, Achmad Yurianto menceritakan, penelusuran dua kasus baru tersebut. Menurut dia, saat dua pasien dinyatakan sebagai kasus 1 dan 2 Corona di Indonesia, pemerintah melakukan contact tracking. Pemerintah menelusuri siapa saja yang melakukan kontak dengan kedua pasien itu.

“Begitu menengarai ada sekelompok komunitas terpapar covid-19 diputuskan segera contact tracking melakukan penelusuran, mencari mengidentifikasi orang-orang yang kontak dekat dengan kasus 1 dan 2,” ujar Yurianto dalam konferensi pers di Istana, Jakarta, Jumat (6/3).

Awalnya, pemerintah menerima data 80 orang yang berada di tempat itu. 80 orang ini merupakan gabungan dari tamu, pegawai, termasuk orang-orang yang berada di sekitarnya yang memungkinkan terjadi kontrak, seperti tukang parkir.

“Dinas Kesehatan Jakarta karena kejadian di Jakarta dibantu Polri dan BIN mengidentifikasi 80 orang dan bisa dikecilkan karena ada orang-orang yang berada di ruangan itu karena tukang parkir dan juru masak enggak masuk, dikecilkan jadi 20,” tutur Yurianto.

Setelah itu, tim melakukan pendalaman. Dari 20 orang ini, bisa dikerucutkan lagi menjadi 7 orang. Tujuh orang tersebut kemudian dibawa ke RS Sulianti Saroso, diobservasi dan diiisolasi.

“Kita lakukan serangkaian pemeriksaan karena ketujuh orang ini memiliki gejala fisik yang mengarah ke influenza meski tidak ada yang berat, hanya ringan sedang pilek dan panas enggak tinggi. Kita lakukan pemeriksaan dan 7 orang ini tidak masuk pada hari yang bersamaan,” kata Yurianto.

Setelah diobservasi, dari tujuh orang ini, dua di antaranya dinyatakan positif corona. “Dari 7 orang ini kita dapatkan 2 orang confront positive, yang kita sebut sebagai kasus nomor 3 dan 4,” jelas Yurianto.

Telusuri Orang yang Kontak dengan Pasien 3 dan 4

Untuk itu, pemerintah akan menelusuri orang-orang yang kontak langsung dengan dua pasien yang baru saja dinyatakan positif corona.

“Pasti akan ada subklaster,” kata Yurianto. (dtk)

Baca Juga: Breaking News: Pasien Positif Corona di Indonesia Bertambah Jadi 4 Orang

Baca Juga: Umrah Ditutup, Ada Jemaah Kalsel yang Tertahan di Arab Saudi

Editor: Syarif

Editor: Amrullah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Kota Jayapura Diterjang Banjir dan Longsor Pasca-Hujan Deras
apahabar.com

Nasional

Mau Demo ke Jakarta, Ratusan Siswa SMK Diamankan Polisi
apahabar.com

Nasional

Mabes TNI Dalami Informasi Taruna Akmil Enzo Zenz Allie Terpapar HTI

Nasional

Cara Cek Pengumuman CPNS 2019 Hari Ini, Login sscn.bkn.go.id, Berikut Website & Panduan Lengkapnya
apahabar.com

Nasional

Bagaimana Haul Guru Sekumpul Jadi Wisata Rohani Terbesar se-Asean
apahabar.com

Nasional

Dua TNI Terluka di Tangan dan Paha karena Ledakan Granat Asap di Monas
apahabar.com

Nasional

Vanessa Angel Sakit, Kuasa Hukum Ajukan Penangguhan Penahanan
apahabar.com

Nasional

Pakar: 5 Kelompok Rentan Terpapar Covid-19
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com