Berstatus Waspada, PVMBG Sebut Aktivitas Gunung Semeru Masih Fluktuatif Kejari Banjarbaru Musnahkan Ratusan Gram Narkotika dan Barbuk Tindak Pidana Tetap Lainnya Ultah Ke-4, Kelompok Garis Keras Bartman Ultras 1988 Menolak Perbedaan Tipu Belasan Petugas Kebersihan, Oknum ASN di Banjarmasin Akhirnya Mengaku Eks Bos Berulah, Kepala Penjual Pentol Rantau Nyaris Terbelah

Lagi, Polda Kalsel Blender Ratusan Gram Sabu dan Ekstasi

and - Apahabar.com Jumat, 20 Maret 2020 - 11:36 WIB
and - Apahabar.com Jumat, 20 Maret 2020 - 11:36 WIB

Lagi, Polda Kalsel Blender Ratusan Gram Sabu dan Ekstasi

Sabu, ekstasi, hingga heroin, hasil pengungkapan sejumlah kasus di Banjarmasin itu dimusnahkan dengan cara diblender. Foto-apahabar.com/Eddy Andriyanto

apahabar.com, BANJARMASIN – Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Kalsel memusnahkan barang bukti (barbuk) berbagai jenis narkotika.

Sabu, ekstasi, hasil pengungkapan sejumlah kasus itu dimusnahkan dengan cara diblender.

“Untuk hari ini kita memusnahan barbuk hasil giat Subdit I Direktorat Reserse Narkoba Polda Kalsel dan titipan dari BNNK Banjarmasin serta BNNP Kalsel,” kata Wakil Direktur Narkoba AKBP Budi Hermawan didampingi Kasubdit I AKBP Matsari kepada wartawan di Lobi Tahti Polda Kalsel, Jumat (20/3).

Barang haram ini kebanyakan hasil penindakan di wilayah Banjarmasin. Narkotika yang dimusnahkan itu terdiri dari sabu dan ekstasi. Hasil pengungkapan 18 kasus. Dari 24 tersangka yang 1 di antaranya merupakan napi lembaga pemasyarakatan.

Saat pemusnahan barang bukti itu juga disaksikan oleh beberapa pihak terkait. Termasuk 24 tersangka yang terlibat dalam pengungkapan kasus narkotika pun turut hadir dan memusnahkan barang bukti tersebut.

“Pemusnahan barbuk ini juga dihadiri oleh para tersangka untuk mengetahui pemusnahan barbuk dan masing-masing barbuk disisihkan untuk dibawa ke persidangan,” papar Budi.

Sejumlah barbuk berupa 99 paket sabu dan 17 ekstasi dengan total berat 736,47 gram dimusnahkan dengan cara dimasukkan dalam mesin blender.

Sedangkan untuk para pelaku atau pemilik narkoba yang dimusnahkan ini dijerat dengan Pasal 112 ayat (2), pasal 114 ayat (2). Mereka terancam hukuman mati atau penjara 20 tahun.

Di tempat yang sama, dalam rangka menekan peredaran narkoba di Bumi Lambung Mangkurat, Kasubdit I AKBP Matsari menyebut pihaknya sudah melakukan tiga langkah pencegahan. Yakni berupa kampanye mendatangi sekolah-sekolah, hingga tempat hiburan malam. Polisi juga menggandeng stakholders lainnya dalam upaya sosialisasi.

“Kami juga razia untuk pencegahan sebagai bukti negara hadir. Lalu ada pula langkah penegakan hukum. Kami juga rekomendasi terhadap pengguna,” tandas Matsari.

Reporter: Eddy Andriyanto
Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Pilar Jembatan HKSN Banjarmasin Ambruk, Komisi III DPRD Segera Panggil PUPR dan Kontraktor
apahabar.com

Kalsel

Juli, Disdik Banjarmasin Mulai Revitalisasi Puluhan Sekolah
apahabar.com

Kalsel

Rapat Pleno Tertutup Penetapan Paslon, Sahbirin-Muhidin dan Denny-Difri Tidak Hadir
apahabar.com

Kalsel

Kemelut PSBB Banjarmasin, Petugas Absen di Pos Jaga
Cara Komisi II DPRD Tala Beri Support Tenaga Medis Tangani Covid-19

Kalsel

Cara Komisi II DPRD Tala Beri Support Tenaga Medis Tangani Covid-19
apahabar.com

Kalsel

Menyesal, Predator Anak Kandung di Kotabaru Khilaf karena Miras
apahabar.com

Kalsel

Habib Hussein: Jemaah Paham Radikal di Tanbu Hampir Seribu Orang
apahabar.com

Kalsel

BPBD: Sampai April Tabalong dan Balangan Rawan Banjir
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com