Gugatan 2BHD Diterima MK, SJA-Arul Pede Menangi Pilbup Kotabaru Alhamdulillah, 21 Warga Tanbu Sembuh dari Covid-19 Gunakan Pakaian Adat, Mitra Pariwisata Kapuas Galang Dana untuk Banjir Kalsel Terparah dalam Sejarah, Jokowi Blakblakan Biang Kerok Banjir Kalsel Wali Kota Beber Biang Kerok Banjir Banjarmasin, Bukan karena Hujan

Main-Main dengan Korek Model Senpi, Hukuman Seumur Hidup Menanti Warga HST

- Apahabar.com Selasa, 3 Maret 2020 - 18:10 WIB

Main-Main dengan Korek Model Senpi, Hukuman Seumur Hidup Menanti Warga HST

Pemantik berbentuk senpi berikut sarung dan 57 butir peluru beserta kotaknya yang berhasil diamankan Satreskrim Polres HST dari kediaman RH. Foto-apahabar.com/HN Lazuardi

apahabar.com, BARABAI – Berniat hanya menggertak warga dengan korek api gas berbentuk senpi revolver, RH, warga Hulu Sungai Tengah (HST) harus menanggung akibat.

Lelaki berusia 35 tahun itu kini berurusan dengan polisi. Bahkan karena aksi isengnya, RH bakalan mendapat hukuman penjara seumur hidup.

RH diamankan Satreskrim Polres HST usai mendapat laporan dari salah satu warga yang telah ditakut-takutinya. Dia ditangkap di kediamannya yang masih berada pada wilayah hukum (wilkum) Polres HST, Sabtu (29/2) sore lalu.

Kapolres AKBP Danang Widaryanto melalui Kasat Reskrim Polres HST, AKP Dany Sulistiono mengemukakan saat ditangkap, RH hanya pasrah.

“Setelah kami mendapat informasi hari itu, kami bergegas menuju kediaman RH. Kami berhasil meringkusnya tanpa perlawanan,” kata Dany didampingi Ps Paur Subag Humas polres HST, Aipda M Husaini ditemui apahabar.com di depan ruang kerjanya, Selasa (3/3) sore.

Usut punya usut, senpi yang digunakan RH rupanya hanya sebuah pemantik (korek api-red) berbentuk senjata jenis revolver. “Memang benar hanya pemantik. Namun pelurunya asli, peluru tajam,” kata Dany.

Dari hasil penangkapan, Satreskrim tidak hanya mendapati pemantik berbentuk senpi tadi, tapi juga 57 butir munisi kaliber 9 milimeter.

Dari pernyataan RH, kata Dany, dia melakukan hal itu untuk menakut-nakuti dua orang yang kerap membuatnya kesal. “Ketika bertemu dengan dua orang itu, RH menunjukkan korek berbentuk senpi dan menunjukkan peluru tajam asli itu,” jelas Dany.

Dia juga mengaku tindakannya itu untuk menjaga diri dari ancaman-ancaman yang mungkin datang.

Tak sampai di situ saja, Polisi melanjutkan pengembangan. Dari informasi dihimpun, Satreskim telah mengantongi satu nama pemberi amunisi itu

“Setelah mendapat informasi dari RH, dia mengaku mendapat peluru itu dari rekannya, MR (20),” kata Dany.

Anggota pun melakukan penyelidikan dan berhasil meringkus MR di kediamannya yang masih di wilkum Polres HST, Senin (2/3) malam.

“Dari MR ini kami menemukan 27 butir peluru yang sama, berdiameter 19,” kata Dany. MR pun tengah disidik oleh penyidik di Mako Polres HST untuk pendalaman.

“Untuk MR, kami masih terus mendalami dari mana asal usul peluru itu,” tegas Dany.

Keduanya saat ini telah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan di Makopolres HST untuk mempertanggung jawabkan tindakannya. Mereka terancam hukuman penjara seumur hidup. Itu sesuai dengan dengan Undang-Undang Darurat Nomor 12 Pasal 1 Ayat 1 tentang kepemilikan munisi atau peluru tajam tanpa dokumen.

“Atas ulah itu, minimal 20 tahun penjara menanti tersangka,” tutup Dany.

apahabar.com

27 butir peluru yang berhasil diamankan Satreskrim Polres HST dari MR. Foto-apahabar.com/HN Lazuardi

Baca Juga: Gelapkan Duit Arisan, Perempuan Muda di Amuntai Dipenjarakan

Baca Juga: Simpan Sabu, Pria dari Kelayan B Melenggang ke Penjara  

Reporter: HN Lazuardi
Editor: Syarif

Editor: Amrullah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Hukum

Jelang Sidang Putusan Peladang di PN Teweh, Perpedayak Kalsel Nyatakan Sikap
apahabar.com

Hukum

Kurir Sabu di Kapuas Kalteng Diringkus Polisi
Kurir Sabu

Hukum

Mencengangkan! Segini Upah Kurir Sabu 300 Kg Banjarmasin yang Dikibuli Bandar
apahabar.com

Hukum

Berkas Dugaan Korupsi Dana Hibah KNPI Tala Dilimpahkan ke JPU
apahabar.com

Hukum

Niat Kabur, Pencuri Mobil di Balikpapan Utara Diringkus di Banjarmasin 

Hukum

Pengasuh Ponpes Limpasu HST Bantah Cabuli Para Santriwati
apahabar.com

Hukum

Ingin Molek, Mahasiswi di Kotabaru Nipu Ratusan Juta
apahabar.com

Hukum

Embat Uang Warung, Polsek Kapuas Timur Tangkap Si Dul
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com