Gugatan 2BHD Diterima MK, SJA-Arul Pede Menangi Pilbup Kotabaru Alhamdulillah, 21 Warga Tanbu Sembuh dari Covid-19 Gunakan Pakaian Adat, Mitra Pariwisata Kapuas Galang Dana untuk Banjir Kalsel Terparah dalam Sejarah, Jokowi Blakblakan Biang Kerok Banjir Kalsel Wali Kota Beber Biang Kerok Banjir Banjarmasin, Bukan karena Hujan

Marabahan Theatre, Reinkarnasi Bioskop Bakumpai Permai

- Apahabar.com Minggu, 22 Maret 2020 - 12:46 WIB

Marabahan Theatre, Reinkarnasi Bioskop Bakumpai Permai

Setelah berganti kepemilikan, Bioskop Bakumpai Permai Menjelma Menjadi Marabahan Theatre. Foto-Istimewa

apahabar.com, MARABAHAN – Di tengah popularitas perfilman nasional di era 1970, Bioskop Bakumpai Permai justru undur diri dan berubah menjadi Marabahan Theatre di tangan pemilik baru.

Sejatinya Bioskop Bakumpai Permai dikelola dengan cukup baik dan menghasilkan keuntungan memadai, kendati dibuat dari bangunan kayu sederhana.

Penonton dipastikan bubar kalau turun hujan, karena Bakumpai Permai hanya disekat dinding tanpa atap. Jenis bioskop seperti ini kemudian populer dengan sebutan misbar atau gerimis bubar.

Namun memang seperti itulah bentuk bioskop di era 1960 yang diikuti mendiang Kamaruzaman, ketika membangun bioskop pertama di Marabahan.

Kalau kemudian penonton banyak berdatangan, hal tersebut disebabkan promosi gencar yang dilakukan sehari sebelum penayangan.

“Biasanya film diambil dari Banjarmasin menggunakan kelotok. Kelotok itu juga merangkap sarana promosi keliling ke desa-desa lain,” cetus Sjahrijat, adik kandung Kamaruzaman.

“Itulah yang membuat penonton juga banyak datang dari luar Marabahan seperti Bakumpai, Cerbon, termasuk Keladan dan Sungai Salai di Tapin,” imbuhnya.

Dalam sekali operasi, film yang diputar bisa satu atau dua, tergantung durasi film. Kalau berdurasi dua jam, film yang diputar cuma satu.

Ternyata film-film dari India kurang diminati. Penonton lebih suka film laga, terutama yang dibintangi Rhoma Irama, Sophan Sophiaan atau A Rafiq.

“Untuk film-film yang digandrungi, bisa diputar dua kali seminggu. Kami juga sering membuka layar tancap di Kuripan dan Tabukan,” jelas Sjahrijat.

Setelah mencapai kejayaan selama kurang lebih tujuh tahun, Bakumpai Permai tak bisa menghindar dari putaran hidup.

“Sekitar 1978 atau 1979, mendiang menjual bioskop tersebut kepada H Tatang Yuliansyah dan berubah nama menjadi Marabahan Theatre,” lirih Sjahrijat.

“Rasanya usia Marabahan Theatre juga tak begitu lama. Lalu bangunan dan tanah dijual pemilik baru kepada Pemkab Batola, sebelum dijadikan Gedung DPRD,” tambahnya.

Sejatinya Kamaruzaman cukup berat melepas kepemilikan bioskop tersebut, “Bioskop dijual lantaran terdapat kebutuhan lain, tepatnya modal usaha. Mungkin itu pilihan terbaik, karena hidup tak selalu berada di atas,” tandas Sjahrijat.

Selepas berganti nama dan kepemilikan, Marabahan Theatre relatif masih ramai. Terlebih pemilik baru membenahi bangunan dengan pemasangan atap.

Bahkan Marabahan Theatre sempat menjadi saksi kejayaan film ‘Saur Sepuh’ yang tayang perdana di pertengahan 1987.

“Seingat saya Saur Sepuh sampai diputar beberapa kali, karena penonton selalu penuh dan di antaranya tak kebagian tiket,” kenang Bajau Malela, salah seorang saksi hidup Marabahan Theatre.

Bajau sendiri andil membesarkan Marabahan Theatre. Salah satunya berkeliling mengumumkan jadwal film dari atas kelotok, “Saya juga menyewakan kursi kepada penonton yang tak kebagian tempat duduk,” cetusnya.

Setelah menjadi Gedung DPRD sejak 1989 dan sekarang Mal Pelayanan Publik, Batola tidak lagi memiliki bioskop.

Pun hampir satu dekade berselang pasca penutupan Marabahan Theatre, bioskop-bioskop di Banjarmasin juga tak kuasa menahan gempuran televisi dan teknologi VCD maupun DVD.

Reporter: Bastian Alkaf

Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Berlaga di BFL, AFC Rovers 19 Gandeng Istana Motor Sebagai Sponsor Utama
apahabar.com

Kalsel

Update 4 Desember: Kalsel Tambah 70 Kasus Covid-19
apahabar.com

Kalsel

Kadin Kotabaru Berbagi Bapok, Seorang Nenek Lumpuh Kebagian Rezeki
apahabar.com

Kalsel

Aduh! Portal Jembatan Alalak II Ditabrak Lagi, Pelaku dalam Pengejaran

Kalsel

Warga Batola Diharap Bersabar, Data BST Kemensos Belum Lengkap
Polri

Kalsel

Sejumlah Kantor PPK di Tabalong Didatangi Tim Mabes Polri, Ada Apa?
apahabar.com

Kalsel

Peringati Hari Tani Nasional, Gema Petani dan SPI Kalsel Bagikan 1 Ton Semangka Gratis
apahabar.com

Kalsel

Dilantik Hari Ini, Ready Kambo Siap Emban Amanah
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com