Tenang.. Kombes Subchan Jamin Stok Oksigen Kalsel Aman! Resmi, Jokowi Perpanjang PPKM Level IV hingga 2 Agustus Pakar ULM: Pelacakan Covid-19 di Banjarmasin Mendekati Nol! STOK Oksigen di RS Ulin Banjarmasin Tinggal Hitungan Jam, Cek Faktanya Kucurkan Miliaran Rupiah, PPKM Level IV Banjarmasin Tanpa Jam Malam

Minim Pendonor, PMI Kalsel Kehabisan Stok Darah

- Apahabar.com     Kamis, 19 Maret 2020 - 14:48 WITA

Minim Pendonor, PMI Kalsel Kehabisan Stok Darah

Kepala UDD PMI Kota Banjarmasin, dr. Aulia Ramadhan Supit saat menunjukkan lokasi penyimpanan kantong darah yang saat ini tidak tersisa sama sekali. Foto-Musnita Sari

apahabar.com, BANJARMASIN – Pasca penetapan status siaga wabah Corona oleh pemerintah daerah, sejumlah kegiatan yang melibatkan masyarakat mulai terhenti. Imbas dari pembatalan beberapa agenda tersebut, membuat unit transfusi darah Palang Merah Indonesia (PMI) Banjarmasin tak bisa melakukan kegiatan donor darah keliling.

“Jumlah pendonor berkurang hampir 80 persen. Sedangkan di rumah sakit orang perlu darah dan itu tidak bisa ditunda,” ucap Kepala UDD PMI Kota Banjarmasin, dr. Aulia Ramadhan Supit saat ditemui apahabar.com di ruang kerjanya, Kamis (19/3) siang.

Saat ini, pihaknya tengah kesulitan mencari para pendonor untuk memenuhi stok kantong darah di UDD PMI Banjarmasin. Dengan pembatasan kegiatan yang mengundang massa, mobil keliling donor darah PMI hanya dapat beroperasi di satu titik saja.

“90 persen kegiatan yang melibatkan pihak luar dibatalkan. Hanya satu mobil PMI yang beroperasi di depan Sabilal Muhtadin,” ungkapnya.

Penurunan pendonor terbilang signifikan. Apabila pada hari biasa diperoleh hingga 50 kantong darah per satu lokasi, dalam seminggu terakhir berkurang drastis.

“Biasanya setiap hari di tiga tempat. Di Sabilal biasanya dapat 50 kantong, kemarin tidak sampai 20 kantong,” sebut dia

UDD PMI Banjarmasin telah melakukan berbagai upaya untuk menutupi kekurangan stok darah, mulai dari sosialisasi ke berbagai instansi, sekolah dan perusahaan, bekerja sama dengan pemerintah, pejabat daerah hingga para alim ulama di Banjarmasin.

“Kami sudah bersurat resmi kepada walikota dan pejabat-pejabat. Kemudian di pengajian Guru Zuhdi juga diminta apabila ada jemaah yang mau mendonorkan darah mereka,” bebernya

Merebaknya penyebaran wabah virus corona memang membuat panik  sebagian masyarakat. Ditambah dengan imbauan pemerintah untuk melakukan Social Distancing (Pembatasan sosial), untuk mengurangi penyebaran penyakit menular ini.
“Padahal rumah sakit juga menunggu stok tambahan. Seharusnya 100 kantong, tapi hari ini kami mampunyai 40 saja,” imbuhnya

Menurut Aulia, tidak ada resiko penularan infeksi Covid-19 melalui transfusi atau donor darah. Pihaknya memastikan seluruh peralatan yang digunakan untuk proses donor darah selalu terjaga kebersihannya.

apahabar.com

Kepala UDD PMI Kota Banjarmasin, dr. Aulia Ramadhan Supit saat menunjukkan lokasi penyimpanan kantong darah yang saat ini tidak tersisa sama sekali. Foto-Musnita Sari

“Kami mohon pendonor yang biasanya rutin ke sini, datang saja. Setiap hari kami bersihkan dan disinfektan, jadi aman,” pesannya

Pantauan apahabar.com, kantor UDD PMI Banjarmasin terlihat lengang. Tidak ada antrean para pendonor, pun halnya dengan para petugas yang terlihat tidak memiliki kesibukan.

“Terus terang stok sampai saat ini kosong. Biasanya sebelum buka jam 9 sudah banyak yang mengantri, sekarang tidak,” katanya sembari menunjukkan lokasi penyimpanan kantong darah yang kosong.

 

Reporter: Musnita Sari
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Membumikan Al Quran di Meratus, Kasim Diserang Tenung Hingga Dapat Mendirikan Musala Kokoh
apahabar.com

Kalsel

Belajar Tatap Muka di Kalsel, Bang Dhin: Mayoritas Sekolah Belum Siap
95 Persen

Kalsel

H-1, Kalsel 95 Persen Siap Laksanakan Pilkada Serentak 2020
apahabar.com

Kalsel

Refleksi Hari Buruh Nasional di Kalsel; Kesejahteraan Buruh dalam Cengkraman Industri Kapitalisme
apahabar.com

Kalsel

MHM Serta Dinas Koperasi Banjarmasin Adakan Festival Pasar Rakyat
Ponpes Al-Falah

Kalsel

Penyebab Kebakaran di Ponpes Al-Falah Banjarbaru Terungkap!
apahabar.com

Kalsel

Covid-19 Meluas, Penjuru Bumi Bersujud Didisinfektan
apahabar.com

Kalsel

Tambah 33 Positif, Covid-19 Kalsel Capai 10.080 Kasus
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com