Bisnis Terselubung, Polisi Kotabaru Tangkap 2 Pelaku TV Kabel Rekonstruksi Pembunuhan di Buncit Indah, Satu Pelaku Sakit Dikabarkan Tertangkap Pesta Sabu, SRN Anggota DPRD Tanah Laut Buka Suara MUSDA Kian Sengit, Rikval Fachruri Bidik Posisi Ketum HIPMI Kalsel Tersetrum, Petugas PLN di Kandangan Nyangkut di Tiang Listrik

ODP Covid-19 di Banjarbaru Meningkat, RSD Idaman Belum Siap

- Apahabar.com Sabtu, 28 Maret 2020 - 11:30 WIB

ODP Covid-19 di Banjarbaru Meningkat, RSD Idaman Belum Siap

RS Idalam Banjarbaru. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARBARU – Dalam kurun waktu singkat Orang Dalam Pantauan (ODP) virus Corona atau Covid-19 di Banjarbaru meningkat. Sayang RSD Idaman yang ditunjuk sebagai rumah sakit rujukan belum sepenuhnya siap menangani pasien Corona.

Berdasarkan data Diskominfo Banjarbaru melalui akun instagramnya @diskominfobjb, per Jumat (27/3), tercatat ada 142 ODP. Angka ini meningkat dari sebelumnya Kamis (26/3) sebanyak 120 ODP dan Rabu (25/3) sebanyak 113 ODP.

Meski begitu, jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan pasien positif Covid-19 masih nihil.

apahabar.com

Ketua Gugus Tugas Kota Banjarbaru, Said Abdullah saat ditemui awak media di ruangannya, Jumat (27/3) siang. Foto-Nurul Mufidah

Dengan meningkatnya ODP semua orang yang baru datang dari daerah yang sudah terpapar positif Covid 19 dan sudah menunjukkan gejala. Maka Banjarbaru sendiri harus siap jika nanti ada warganya yang berstatus ODP naik status menjadi PDP.

Diwartakan sebelumnya, Rumah Sakit Daerah (RSD) Idaman Banjarbaru ditunjuk Pemerintah Provinsi sebagai RS rujukan cadangan atau RS alternatif apabila wabah Covid-19 semakin meningkat.

Lalu, apakah RSD Idaman Banjarbaru telah siap menjadi RS alternatif Covid-19?

Ketua Gugus Tugas Kota Banjarbaru, Said Abdullah mengatakan bahwa saat ini RSD Idaman Banjarbaru masih belum siap sebagai RS Rujukan cadangan.

“Kalau sekarang RSD Idaman Banjarbaru ditunjuk sebagai RS Rujukan pasien covid-19, masih belum siap sebagai RS rujukan,” katanya, Jumat (27/3) siang.

Mengapa demikian? “Karena peralatan ruang isolasi juga masih belum siap. Kalau semua sudah siap, tentunya RSD Idaman Banjarbaru akan siap sebagai RS Rujukan Cadangan,” tegasnya.

Selain itu, Karena covid-19 perlu penanganan secara khusus maka Gugus Tugas dengan Pihak RS juga memikirkan keamanan tim medis.

Dengan belum siapnya ruang isolasi dan keterbatasan alat maka tentu akan menyulitkan dan tidak aman baik untuk tim medis maupun pasien lainnya.

Seiring perkembangan OPD di Banjarbaru terus meningkat, kapankah RSD Idaman akan siap? “Secepatnya kita akan berusaha dengan maksimal. Bila semua sudah siap, RSD Idaman Banjarbaru akan siap sebagai RS Rujukan,” pungkasnya.

Reporter: Nurul Mufidah
Editor: Syarif

CATATAN REDAKSI: Jika Anda merasakan gejala batuk-batuk, demam, dan lainnya serta ingin mengetahui informasi yang benar soal virus corona Covid-19, silakan hubungi Hotline Dinas Kesehatan Kalsel 082157718672 atau ke nomor 082157718673.

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Tambahan 55.321 Sampul Pemilu Diterima KPU Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Minibus Guru Danau Mengalami Kecelakaan di Kandangan
apahabar.com

Kalsel

Kabupaten Banjar Kantongi 3 Penghargaan Nasional Selama Guru Khalil Menjabat
apahabar.com

Kalsel

Dalam Dua Hari, Polres Tapin Tangkap Tiga Pengedar Narkotika
apahabar.com

Kalsel

Tolak Omnibus Law, Ketua DPRD Kalsel Digelari Juara Stand Up Komedi
apahabar.com

Kalsel

Pagi-Pagi, Korporasi Raksasa Penambang Pulau Laut Sumbang Ratusan Rapid Test
apahabar.com

Kalsel

Ditanya Biaya Pembebasan Lahan Jembatan Alalak, Kepala PUPR: Lupa
apahabar.com

Kalsel

Kalimantan Selatan Hujan Lokal Siang Ini
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com