Risiko Terburuk Wabah Covid-19, Kabupaten Banjar Siap Lockdown Disuruh di Rumah, Remaja di Banjarmasin Timur Malah Pesta Miras Tembus Seribu ODP, Kalsel Siapkan Karantina Khusus Dinyatakan Sehat, Balita PDP Covid-19 di Banjarmasin Dipulangkan Klaster Bogor, Pasien ke-6 Positif Covid-19 di Kalteng




Home Nasional

Jumat, 27 Maret 2020 - 12:32 WIB

Pandemi Virus Covid-19, Telkomsel Ajak #Dirumahaja

rifad - Apahabar.com

Sebagai leading telco digital company, Telkomsel juga proaktif untuk ikut serta dalam upaya penanganan COVID-19. Yaitu dengan mengambil peran sebagai connectivity enabler dengan mengoptimalkan aset untuk menjaga agar semua elemen masyarakat dapat tetap terhubung dan menjaga produktivitasnya di segala sektor kehidupan. Capture Video Conference Telkomsel dan Awak Media. Foto-apahabar.com/Musnita Sari

Sebagai leading telco digital company, Telkomsel juga proaktif untuk ikut serta dalam upaya penanganan COVID-19. Yaitu dengan mengambil peran sebagai connectivity enabler dengan mengoptimalkan aset untuk menjaga agar semua elemen masyarakat dapat tetap terhubung dan menjaga produktivitasnya di segala sektor kehidupan. Capture Video Conference Telkomsel dan Awak Media. Foto-apahabar.com/Musnita Sari

apahabar.com, BANJARMASIN – Telkomsel mendukung penuh kebijakan social distancing atau bekerja maupun belajar dari rumah. Imbauan itu seiring pandemi Corona (Covid-19).

Mendukung itu Telkomsel gencar berkampanye dengan hastag #dirumahaja tersebut. Khususnya di area Papua, Maluku, Sulawesi, dan Kalimantan atau Pamasuka.

Selain berkampanye, langkah proaktif Telkomsel lainnya yakni mengambil peran sebagai connectivity enabler dengan mengoptimalkan aset untuk menjaga agar semua elemen masyarakat dapat tetap terhubung dan menjaga produktivitasnya di segala sektor kehidupan.

“Namun Telkomsel tidak berjalan sendiri, kami juga memaknai semangat gotong royong yang didorong pemerintah dengan bergandengan tangan dan mempererat kolaborasi bersama para pemangku kepentingan agar kita semua dapat terus bergerak maju di masa yang penuh tantangan ini,” beber Vice President Network Operation and Quality Management Telkomsel Area Pamasuka melalui video conference bersama apahabar.com, Jumat (27/3) siang.

Untuk membantu siswa bisa #TerusBelajar dengan efektif dari rumah, Telkomsel menyediakan dua pilihan paket data yang bisa dimanfaatkan untuk bebas akses ke berbagai aplikasi pembelajaran daring (e-learning).Yakni “Bebas Akses Ruangguru 30GB” dan “Bebas Akses Ilmupedia 30GB”.

Kedua pilihan paket ini berlaku untuk pemakaian selama 30 hari dengan kuota 30GB, masing-masing untuk akses aplikasi Ruangguru dan aplikasi-aplikasi yang tergabung dalam paket Ilmupedia, yakni Quipper, Zenius, Cakap, Bahaso, dan Sekolahmu. Dalam waktu dekat ini Telkomsel juga berkolaborasi dengan sekitar 130 Perguruan Tinggi di Indonesia yang memiliki akses situs e-learning.

Baca juga :  Warganya Positif Corona, Banjarmasin Naik Status

“Bisa saja kita perpanjang sesuai kebutuhan masyarakat. Belajar dari rumah merupakan komitmen Telkomsel dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Akan kita pantau dan monitor terus,” tutur Furqan.

Dengan semangat yang sama, untuk melayani kebutuhan karyawan profesional agar bisa #TerusProduktif bekerja secara agile dari rumah, Telkomsel menyediakan solusi komunikasi terintegrasi berbasis cloud bernama CloudX yang memberikan bebas biaya berlangganan CloudX Meeting selama satu bulan serta bebas kuota data untuk mengakses layanan CloudX Meeting sebesar 60GB khusus untuk host meeting dan 30GB untuk peserta meeting.

Sementara langkah proaktif lainnya, jaringan untuk mengantisipasi lonjakan trafik layanan seiring tingginya potensi penggunaan layanan data oleh masyarakat sudah disiagakan.

“Telkomsel Pamasuka mencatat terjadi lonjakan trafik komunikasi peak payload layanan berbasis data dan digital hingga 10,7% Pamasuka dibandingkan periode sebelum diberlakukannya imbauan tersebut. Sedangkan, untuk layanan voice dan SMS cenderung stabil dibandingkan periode yang sama,” ungkapnya.

Di area Pamasuka, pengamanan jaringan terutama difokuskan di 645 Residensial dan juga titik posko penanggulangan COVID-19, seperti di 143 Rumah Sakit dan kantor pemerintahan. Selain itu, juga dilakukan penambahan 5700 BTS baru dan upgrade broadband capacity.

Baca juga :  Situs Down, Begini Tanggapan KPU

Telkomsel area Pamasuka juga mencatat kenaikan trafik komunikasi layanan berbasis data dan digital yang dikontribusi oleh tumbuhnya payload layanan sistem belajar berbasis daring (e-learning). Diantaranya seperti Ruang Guru, Quipper, Zenius Education dan lainnya yang mencapai 161.7 %, Games 22,9% dan Instant Messanging sebesar 5.4 %. Sedangkan trafik payload lainnya yang meningkat antara lain pemanfaatan layanan File Sharing (4,88%) dan layanan Lifestyle seperti layanan Mangatoon dan HaloDoc (0.5%)

Sedangkan, untuk wilayah operasional, Telkomsel Area Pamasuka mengontribusi kenaikan peak payload secara keseluruhan terbesar yaitu Regional Sulawesi (13,1%), Regional Papua Maluku (10,3%) dan Regional Kalimantan (7,8%).

“Telkomsel akan terus melakukan pemantauan pergerakan trafik layanan telekomunikasi,” lanjut dia.

Saat ini upaya penanganan pengamanan trafik jaringan yang telah dilakukan Telkomsel mencakup kesiapan kapasitas tambahan guna mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi, terutama trafik layanan berbasis data dan digital. Dengan memaksimalkan fungsi seluruh spektrum besar yang dimiliki Telkomsel, yakni frekuensi 900, 1800, 2100, dan 2300 Mhz.

“Kesiapan jaringan berbasis broadband ini juga dilakukan untuk memastikan kenyamanan pelanggan menikmati ragam layanan digital lifestyle Telkomsel seperti aplikasi video on demand MAXStream, streaming lagu LangitMusik serta layanan Dunia Games,” sebut dia.

Reporter: Musnita Sari
Editor: Fariz Fadhillah

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Polisi Tetapkan Dua Tersangka Kasus Atap Sekolah Ambruk
apahabar.com

Nasional

Polisi Tetapkan Satu Tersangka Insiden Siswa Hanyut di Sleman
apahabar.com

Nasional

Sekretaris Umum FPI Penuhi Panggilan Polisi Sebagai Saksi Kasus Ninoy
apahabar.com

Nasional

Apa Rahasia Singkawang Jadi Kota Paling Toleran di Indonesia?
apahabar.com

Nasional

Di Rakernas PDIP, Jokowi Bicara Transformasi Ekonomi
apahabar.com

Nasional

Kemendagri Ungkap Penjualan Online Blangko e-KTP
apahabar.com

Nasional

Buku “Satu Malam di Baitullah Bersama Jokowi” Diluncurkan
apahabar.com

Nasional

JMSI Dapat Oleh-Oleh Bakul Purun dari Wali Kota Banjarmasin