Istri Babak Belur, Suami Mabuk Dikerangkeng di Kotabaru Pulang ke Banjarmasin, Jemaah Ijtima Ulama Dunia Diobservasi Update Corona di Kalsel 31 Maret: Jumlah Pasien Positif Bertambah Tiga Wafat Usai dari Bandung, Warga Landasan Ulin Kuatir Covid-19 Bertambah Dua, WNA di Palangka Raya Positif Corona




Home Kalsel

Kamis, 26 Maret 2020 - 11:53 WIB

Pasar Banjarmasin Di-lockdown Gegara Covid-19, Cek Faktanya

Aam - Apahabar.com

Aktivitas jual-beli masih terlihat di Pasar Lama Banjarmasin. Foto dijepret Rabu 25 Maret 2020. Foto-apahabar.com/Ahya Firmansyah

Aktivitas jual-beli masih terlihat di Pasar Lama Banjarmasin. Foto dijepret Rabu 25 Maret 2020. Foto-apahabar.com/Ahya Firmansyah

apahabar.com, BANJARMASIN – Di media sosial ramai beredar kabar bahwa sejumlah pasar di Banjarmasin ditutup. Lantas benarkah penutupan pasar seiring darurat Covid-19 itu?

Dihubungi apahabar.com, Kamis (25/3), Dinas Perindustrian dan Perdagangan Banjarmasin coba meluruskan hal ini.

“Tidak ada arah penutupan sampai ke sana,” ujar Kepala Bidang Pasar Disperindag Banjarmasin, Ichrom M Tezar.

Tak ada imbauan atau surat edaran penutupan pasar dikeluarkan Pemkot Banjarmasin sebagai jurus menangkal Covid-19.

“Justru sampai saat ini kami terus menekankan pola hidup sehat [di pasar],” sambungnya.

Sejak pekan lalu Banjarmasin ditetapkan tanggap darurat Covid-19. Satu pasien dipastikan positiv virus menulai asal Wuhan itu.

Warga pasar diminta Disperindag menggencarkan budaya PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat). Cuci tangan sebelum dan sesudah melakukan transaksi serta membiasakan jaga jarak.

“Cuci tangan dengan hand sanitizer ataupun sabun di bawah air mengalir setiap sebelum atau sesudah bertransaksi,” imbaunya.

Disperindag menaungi 29 pasar dalam naungan Pemkot Banjarmasin. Sementara untuk selembaran Pasar Kalindo yang tutup, kata dia, bisa saja benar.

Namun itu bukan wewenang pihaknya. Mengingat pasar itu berstatus swasta. Bukan dikelola pemerintah.

“Sehingga kalau pun hal tersebut keputusannya, itu terserah mereka,” jelasnya.

Ia menerangkan imbauan penutupan pasar saat ini hanya ditujukan pada pasar hiburan. Sesuai instruksi Kapolri.

“Maksudnya pasar di sini yang biasanya beroperasi malam hari, kemudian menghimpun massa dengan berbagai wahana hiburannya, nah, yang ini tidak boleh beroperasi,” ungkapnya.

Ia juga berpesan agar para pedagang jangan panik namun tetap waspada.

Baca juga :  Silo Grup Menang, Walhi Kecewa Pulau Laut Terancam Tambang

“Selain itu, juga lakukan distancing social atau jaga jarak seiring kondisi seperti ini,” ujarnya mengakhiri.

Beda Respons Pedagang 

Sejumlah spanduk terpampang di Pasar Kalindo Raya yang akan menghentikan kegiatan jual-beli per hari ini, Kamis (26/3).

Sementara itu sejumlah pasar tradisional di Kota Banjarmasin masih terlihat buka sekalipun pemerintah sudah mengeluarkan imbauan.

Imbauan dimaksud yakni edaran guna menghindari kerumunan demi memutus mata rantai Corona (Covid-19).

Namun dari pantauan apahabar.com, Rabu (25/3), pasar-pasar yang memilih buka di antaranya Pasar Lama di Jalan Perintis Kemerdekan.

Pasar tergolong unik berada di pinggir Sungai Martapura itu masih terlihat ramai akan aktivitas jual-beli.

“Belum ada imbauan untuk tutup. Kami sempat dengar kabar katanya pasar bakal ditutup sementara waktu, tapi sampai ini belum ada pemberitahuan tersebut ke kami,” kata Masudi salah seorang pedagang sembako di pasar tersebut dijumpai kemarin siang.

Senada dengan Masudi, Imah penjual ikan di sana juga tenang-tenang saja berjualan di tengah status tanggap darurat Covid-19.

“Tidak ada disuruh tutup, makanya masih jualan. Tadinya sempat ragu kalau saja tidak dibolehkan jualan, tapi tidak ada kabar positif kami tidak dibolehkan jualan, belum ada imbauan apa-apa,” terangnya.

Imah bilang para pedagang sudah mengantisipasi penularan Covid-19 dengan penyemprotan disinfektan ke seluruh bagian pasar. Menariknya, itu dilakukan secara swadaya.

“Tadi malam sudah disemprotkan disinfektan di sini. Sudah dua kali dilakukan secara swadaya kami semua di sini,” kata Imah.

Lain Pasar Lama, lain pula Pasar Kalindo Raya. Di pasar kawasan Jalan Belitung ini kegiatan jual-beli justru dihentikan terhitung besok Kamis (26/3).

Baca juga :  Minibus Wisatawan Kalsel Tabrak Truk di Tol Jombang

Langkah itu diambil setelah pengelola pasar mau mengikuti imbauan pemerintah untuk tidak berkerubung demi memutus mata rantai Covid-19.

“Sudah ada imbauan dari Polsek Banjarmasin Barat, katanya jaga kebersihan dan jaga jarak antarpedagang dan pembeli,” kata pedagang di sana.

Selain itu pedagang juga sudah diberitahu lewat imbauan tertulis di sebuah karton bertuliskan, “Besok Hari Kemis [Kamis] 26 Maret 2020 Pasar Kalindo tutup sementara dengan waktu yang tidak ditentukan” demikian tertanda pengelola pasar.

Namun agaknya lain di mulut lain di hati. Sejumlah pedagang lain menganggap penutupan hanya sampai tiga hari untuk memberi ruang penyemprotan disinfektan.

“Kami ngikut apa kata pemerintah, mau gimana lagi. Pasrah saja sudah. Kalau bisa tutup cuma dua hari untuk menyemprot disinfektan,” ujar salah seorang pedagang sembako di Pasar Kalindo.

Tak hanya dua pasar tersebut. Aktivitas berkerumun manusia juga terlihat di Pasar Lima, Jalan Niaga. Pasar ini masih ramai aktivitas bongkar muat dagangan.

Pasar Lima sendiri tergabung beberapa pasar, seperti Pasar Baru, Pasar Cempaka, Pasar Harum Manis, Pasar Ujung Murung dan Pasar Sudimampir Baru.

“Belum ada pemberitahuan seperti itu (tutup). Paling jadi kendala saat ini stok barang belum ada yang bisa masuk sampai tiga empat hari ke depan, dan sekarang pembeli lagi sepi,” ungkap pedagang di Pasar Baru.

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Fariz Fadhillah

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Tumbuhkan Minat Baca, Pendongeng Nasional Hadir di Kalsel Expo
apahabar.com

Kalsel

KUA Kertak Hanyar Telisik Unsur Pidana Pelaku Nikah Beda Agama di Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Darmawan Jaya Hadiri Forum Diskusi Kupas Tuntas Permenkes 3/2020
apahabar.com

Kalsel

Mangayu, Tradisi Warga di Tanbu yang Masih Bertahan
apahabar.com

Kalsel

Nenek Latat Lenyap di Hutan, Pencarian Terkendala Hujan Deras
apahabar.com

Kalsel

Ribuan Jemaah Padati Haul Haji Maming bin Rahing Ke-3
apahabar.com

Kalsel

Bawaslu Banjarmasin Bersiap Hadapi Pilkada
apahabar.com

Kalsel

Waria Kena Razia Mengaku Retak Tulang dan Minta Kompensasi Berobat, Kasatpol PP: Tidak Ada Itu