BANJIR KALSEL: 2 Ribu Jiwa Mengungsi, Pasukan Khusus TNI Mendarat di Banjarbaru Jokowi Telepon Gubernur Soal Banjir Kalsel, Gak Kebalik Pak? Breaking News: Respons Jokowi Atas Banjir di Kalsel, Segera Kirim Perahu Karet Tak Ucapkan Dukacita, Habib Banua Tantang Presiden ke Kalsel Warga Banjiri IG Presiden Jokowi: Kalsel Juga Berduka Pakkk!!!

PDAM Bandarmasih Salurkan Cairan Disinfektan

- Apahabar.com Jumat, 27 Maret 2020 - 19:22 WIB

PDAM Bandarmasih Salurkan Cairan Disinfektan

Petugas Satpolair Polresta Banjarmasin saat menyemprotkan cairan disinfektan di feri penyeberangan. Foto-Riyad Dafhi R

apahabar.com, BANJARMASIN – Covid-19 semakin menghantui masyarakat. Untuk memutus mata rantai semakin berkembangnya virus Corona, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Bandarmasih menyiapkan sedikitnya 30 meter kubik cairan disinfektan.

Cairan itu diadakan tiap hari dan dimulai disalurkan Senin (30/3).

Namun pengambilan cairan bukan di PDAM Bandarmasin, tapi di Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin, Jalan Tirta Dharma. Penyaluran cairan ini hasil kerjasama antara PDAM dan Dinkes setempat.

“Penyaluran cairan disinfektan ini sebagai upaya PDAM memotong mata rantai virus Corona. Kouta cairan 30 meter kubik itu disalurkan setiap hari,” ujar Humas PDAM Bandarmasih M Nur Wakhid.

Wakhid menerangkan proses pengambilan dan permintaan cairan disinfetan di Kantor Dinkes Kota Banjarmasin terbagi menjadi dua cara.

Pertama dengan menggunakan jerigen. Namun PDAM sendiri menyarankan Rukun Tertangga (RT) yang menjadi koordinator warganya untuk mengambil cairan disinfektan itu. Upaya ini tidak lain menghindari pengguna cairan secara pribadi.

Metode kedua, Satuan Gabungan Khusus (Satgasus) penanganan virus Corona Banjarmasin membawa mobil tangki badan pemadam kebakaran (BPK). Tangki itu akan diisi cairan disinfektan.

“Kita hanya menyediakan cairan disinfektan sebanyak 30 meter kubik setiap harinya dan pengambilnya di Kantor Dinkes Banjarmasin,” tekannya.

Ia kembali mengatakan penyaluran cairan disinfektan ini sangat terbatas. Demikian mengingat tugas utama PDAM membuat air bersih dan menyalurkannya kepada pelanggan harus tetap dijalankan.

“Jika semua obat dibuat untuk cairan disinfektan maka akan berdampak pada penurunan kualitas air bersih. Yang ini kita tidak mau dan tetap menyalurkan kouta,” ucapnya.

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Syarif

Editor: Amrullah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Kalsel

Jembatan Putus Diterjang Banjir, Bupati Kotabaru dan Kapolsek Sungai Durian Cek ke Lokasi
apahabar.com

Kalsel

Tragedi Sungai Andai: Luka Sayatan di Lengan Ibu Picu Pembunuhan Ayah Tiri
HST

Kalsel

Daki Gunung Seberangi Sungai, 36 Jam Petugas Kawal Distribusi Logistik ke HST
apahabar.com

Kalsel

Gawatnya Pencemaran Udara Akibat Karhutla di Banjarbaru
apahabar.com

Kalsel

Disandingkan Satu Baliho dengan Haris-Ilham, Tim BirinMu: Itu Tanpa Izin dari Kami!
apahabar.com

Kalsel

Resmi, Banjarmasin Terapkan Denda Wajib Masker!
apahabar.com

Kalsel

Perkuat Ketahanan Pangan, Kapolres HSU Lepas 8000 Ekor Bibit Ikan
apahabar.com

Kalsel

Satu Keluarga Positif Covid-19 di Banjarmasin Ungkap Derita Saat Karantina
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com