Fakta Terbaru Rombongan Moge di Jembatan Sungai Alalak, Ternyata Diduga Dikawal Polisi Dear Presiden Jokowi, Jembatan Alalak Kalsel Harus Dibuka Hindari Macet Sudah Dilimpahkan, Nih Jerat Hukuman Sejoli Pembuang Bayi di Stagen Kotabaru BREAKING! KPK Periksa 11 Nama, Salah Satunya Bupati HSU Abdul Wahid OTT Amuntai, dan Nasib Proyek DIR Banjang Kini

Pemkab HST Sosialisasikan Pencegahan Covid 19

- Apahabar.com     Rabu, 18 Maret 2020 - 20:04 WITA

Pemkab HST Sosialisasikan Pencegahan Covid 19

Dinkes HST mempragakan cuci tangan untuk mencegah Covid 19 di halaman Kantor Bupati HST, Senin (16/3). Foto-Istimewa

apahabar.com, BARABAI – Pemkab HST bekerjasama dengan Dinas Kesehatan setempat telah menyosialisasikan pencegahan Novel Corona Virus (2019-nCoV) atau Covid 19.

Sosialisasi pencegahan pendemis itu disertai dengan demo cuci tangan pakai sabun usai Apel Gabungan ASN di Halaman Kantor Bupati HST, Senin (16/3).

Kepala Dinas Kesehatan HST, Kusudiarto, didampingi Kabid P2P, Salahuddin, menjelaskan coronavirus (CoV) adalah keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit, mulai dari gejala ringan sampai berat.

Setidaknya, kata Kusudiarto, ada dua jenis CoV diketahui yang menyebabkan penyakit dan dapat menimbulkan gejala berat seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS-CoV) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS-CoV).

“Novel coronavirus adalah virus jenis baru yang belum pernah diidentifikasi sebelumnya pada manusia. Virus corona adalah zoonosis atau ditularkan antara hewan dan manusia,” jelasnya.

Ditambahkannya, tanda-tanda dan gejala klinis yang dilaporkan sebagian besar adalah demam dengan beberapa kasus mengalami kesulitan bernapas.

Rekomendasi standar untuk mencegah penyebaran infeksi itu, kata Kusudiarto dengan mencuci tangan secara teratur, menerapkan etika batuk dan bersin, memasak daging dan telur sampai matang.

“Hindari kontak dekat dengan siapa pun yang menunjukkan gejala penyakit pernapasan seperti batuk dan bersin,” tegas Kusudiarto.

Wakil Bupati HST, Berry Nahdian Forqan, menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih karena tetap bersemangat untuk bisa hadir dalam apel gabungan.

“Ini menunjukkan bagian dari pengabdian kita kepada masyarakat Kabupaten HST,” ujarnya.

Terkait virus corona pemkab segera melakukan pencegahan dan penanganan agar virus ini tidak menyebar, yang sakit agar bisa ditangani dengan baik dan cepat, sehingga kita bisa segera melewati musibah ini

Berry menginstruksikan beberapa langkah yang perlu dilakukan dengan meningkatkan koordinasi dalam mendeteksi sedini mungkin penyebaran penyakit yakni, dengan memperketat pengawasan ditingkat puskesmas serta meningkatkan upaya promosi kesehatan terkait virus corona baik menyangkut penyebab, cara penularan dan tindakan pencegahan yang perlu dilakukan oleh masyarakat.

Dia juga menginstruksikan untuk meningkatkan dan mengintensifkan gerakan masyarakat (GERMAS) melalui pola perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Terutama kebiasaan cuci tangan dan pemenuhan gizi seimbang.

“Kepada masyarakat khususnya bagi yang baru datang dari negara terjangkit untuk segera mengunjungi fasilitas kesehatan terdekat, apabila mengalami gejala demam dan infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) atau gangguan pernapasan lainnya, serta memberikan informasi yang benar terkait penyebab virus corona dan menghindari penyampaiaan informasi hoax yang dapat meresahkan masyarakat,” imbau Berry.

Ditegaskan Berry, saat ini sudah ada arahan beberapa pertemuan-pertemuan besar yang menghadirkan banyak orang dari berbagai daerah mesti ditunda, menghindari pergi ke tempat-tempat wisata, budayakan mencuci tangan, menjaga kebersihan lingkungan dan sebagainya.

Reporter: HN Lazuardi
Editor: Puja Mandela

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Wabup Berry Serahkan BLT ke Warga Hantakan
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Refocusing Anggaran, DAK Fisik di HST Terpaksa Dihentikan
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Menuju KLA, Pemkab Gelar Rakor Gugus Tugas

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Pemulihan Pascabanjir, UNISM Terjunkan 328 Mahasiswa Bantu HST
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Tanggap Darurat Covid-19, Bupati HST: Sekolah Diliburkan Bukan Berarti Liburan
Jaga Keberlangsungan Populasi, Pemkab HST Restocking Benih Ikan

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Jaga Keberlangsungan Populasi, Pemkab HST Restocking Benih Ikan
Vaksinasi Covid-19

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Vaksinasi Covid-19 Sasar Ibu Hamil di HST, Cek Syaratnya!
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Panen Ikan di Mahang Baru HST, Bupati Minta Warga Tingkatkan Kemandirian Pangan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com